Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik

Pada era milenial sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan. Namun seringkali pengguna mengeluh jika handphone dipakai lambat. Sehingga membuat aktivitas terganggu. Ini disebabkan oleh kapasitas RAM tidak memadai. Tapi jangan khawatir untuk yang RAM smartphone nya kecil. Berikut 7 aplikasi penambah RAM Android terbaik, yaitu:

1. RAM Booster (Fastest)

Aplikasi ini sangat cocok untuk yang menggunakan smartphone dengan RAM kecil (2GB), namun ingin menggunakan permainan game yang termasuk kategori aplikasi yang berat. Aplikasi tambahan ini dapat membantu meningkatkan kinerja smartphone dengan mudah.


Menariknya lagi, aplikasi ini dapat dipakai tanpa harus melakukan root. Prosesnya pun tidak rumit. Dengan adanya aplikasi ini membuat kinerja smartphone bekerja dengan baik dan lancar. Walaupun menggunakan aplikasi game yang berat.


2. RAM Manager Pro (Root)

Selanjutnya aplikasi penambah RAM yang terbaik untuk tipe Android, yang dapat digunakan yaitu RAM Manager Pro. Aplikasi ini berfungsi untuk meng-upgrade memori smartphone secara virtual. RAM Manager Pro juga dapat meningkatkan kecepatan sehingga tidak lambat ketika beraktivitas secara multitasking.

Selain itu terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui kapasitas memori pada smartphone. Di Play Store, RAM Manager Pro dapat di-download secara free namun jangan lupa di root terlebih dahulu. RAM Manager Pro merupakan aplikasi support RAM yang paling banyak di download oleh hampir satu juta pengguna.


3. Greenify

Aplikasi Greenify merupakan aplikasi pertama dan terbaik, yang dapat membantu kinerja RAM di smartphone dengan tanpa root. Namun dapat juga dipakai sebagai menambah RAM android root. Jadi bisa digunakan dua versi mau root atau tanpa root.

Aplikasi ini banyak direkomendasikan oleh pengguna di Play Store. Disebutkan juga bahwa ini memiliki kecepatan yang bagus serta berfungsi sebagai penguat RAM android, sehingga kecepatannya seperti Hp baru yang buka dari kardusnya.


4. Smart Booster Pro

Di antara aplikasi yang dapat menambah RAM menjadi up to date dan yang paling mudah digunakan adalah aplikasi Smart Booster Pro. Aplikasi ini membantu meningkatkan RAM smartphone yang kecil, dengan cara membersihkan cache dan SD card dengan cepat.

Selain itu juga meningkatkan kinerja perangkat dengan cara menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan lagi. Aplikasi Smart Booster Pro juga menawarkan boost RAM dengan mudah untuk meningkatkan kapasitas RAM.


5. Roehsoft RAM Expander

Aplikasi Roehsoft RAM Expander dapat digunakan sebagai alternatif lain untuk menambah RAM smartphone. Terutama untuk kapasitas RAM. Aplikasi ini sangat membantu smartphone yang tidak mampu menampung banyak aplikasi. Roehsoft RAM Expander ini dapat meng-create file swap untuk Video Maker sampai dengan kapasitas 4 GB.

Tentunya hal ini akan membuat RAM menjadi kosong walaupun terdapat banyak aplikasi. Tetapi aplikasi ini berbayar, dengan biaya sebesar lima puluh ribu rupiah per download. Walaupun berbayar, RAM Expander ini telah di-download oleh ribuan pengguna di Play Store.


6. RAM Booster Extreme

Aplikasi yang mampu mengoptimalkan kecepatan adalah RAM Booster Extreme. Tak hanya menambah kecepatan namun juga dapat mengontrol RAM di smartphone. Di aplikasi ini untuk level boost dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari normal, kuat hingga ekstrem. Selain itu aplikasi ini aman tidak akan membuat kinerja smartphone terganggu.


7. Super Booster – RAM Optimize

Pada aplikasi yang terakhir yaitu Super Booster. Aplikasi yang mempunyai nama lain RAM Optimize ini, bekerja dengan cara membunuh task untuk membebaskan RAM yang sedang run di background. Dengan cara tersebut aplikasi ini, dapat meningkatkan kapasitas RAM.

Lalu sekaligus mampu melakukan tugas lain. Mulai dari quick uninstaller, memberikan informasi mengenai perangkat dan memori/CPU, dan menutup aplikasi yang sedang run di background. Selain itu juga menghemat pemakaian baterai dengan cara menonaktifkan aplikasi yang tidak penting.


Itulah uraian singkat dari 7 aplikasi penambah RAM Android terbaik. Berdasarkan semua yang sudah diulas di atas tentunya disesuaikan dengan smartphone yang dimiliki. Jadi, pilih salah satu yang benar-benar sesuai dengan keadaan ponsel.