Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Android

Aplikasi sosial media seperti TikTok, memiliki fitur edit video yang mampu memudahkan pengguna dalam proses pengeditan. Namun, fitur edit video yang disediakan sangat terbatas. Untuk mendapatkan hasil yang keren, dibutuhkan aplikasi penunjang yang mampu membantu proses pengeditan. Berikut 6 rekomendasi aplikasi edit video di Android gratis, diantaranya:

1. InShot

InShot merupakan salah satu rekomendasi aplikasi edit video di Android terbaik yang banyak digunakan dalam Play Store. Tampilan interface yang diberikan juga memudahkan pengguna dalam proses pengeditannya. Aplikasi ini memiliki fitur penggabungan video, efek warna yang beragam, menambahkan tulisan maupun sticker pada video, mengatur kecepatan durasi video, dan menambahkan musik.


2. VivaVideo

VivaVideo memberikan efek transisi yang akan menghasilkan video lebih berkualitas. Aplikasi ini mampu merekam suara langsung atau menambahkan suara dalam video, sehingga dapat menyampaikan pesan suara melalui video. VivaVideo juga memiliki fitur kolase untuk menyusun gambar atau video dan fitur Slideshow yang dapat membuat video Slideshow dari galeri.


Namun, saat ingin menyimpan video yang sudah diedit, VivaVideo akan menampilkan watermark yang mungkin akan mengganggu tampilan video. Tentunya, hal ini bisa diatasi dengan berlangganan atau bisa dilakukan secara gratis dengan menonton iklan dari aplikasi VivaVideo. Setelah menonton iklan tersebut, watermark akan otomatis bisa dihilangkan dari video.


3. PowerDirector

Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai tampilan semi profesional. Fitur yang diberikan dalam aplikasi ini memiliki keunggulan dalam melakukan edit video hingga kualitas 4K. PowerDirector juga mendukung hampir semua format dalam penyimpanan, sehingga format seperti foto, video, dan audio dapat disatukan menjadi sebuah video sesuai keinginan.


4.VideoShow

VideoShow memiliki fitur zoom in dan zoom out guna memberikan fokus pada objek yang penting dalam video. Dilengkapi fitur tampilan rasio aspek layar 1:1 untuk postingan Instagram, 16:9 untuk video layar lebar.

Selain itu, VideoShow mampu mengkompres hasil video untuk mengurangi resolusi ukuran video. Hal ini membuat pengguna tidak menguras memori internal yang ada pada ponsel pengguna dalam menyimpan video yang dibuatnya.


5. VN

Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa menyisipkan dan mengatur subtitle di dalam video. Menambahkan judul dalam video dengan font dan warna sesuai keinginan. VN juga menyediakan Template video, di mana template tersebut bisa digunakan oleh pengguna lain. Caranya dengan memasukkan video yang dimiliki, maka otomatis VN akan mengaturnya.


6. Kinemaster

Kinemaster memberikan kemudahan bagi pengguna baru dalam proses edit video, karena aplikasi ini dilengkapi Project Assistant. Fitur ini membantu pengguna dalam memberikan pilihan proses editing. Contohnya, pemilihan memasukkan video, mengatur teks, mengatur efek dan transisi. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini bebas watermark, sehingga tidak perlu membayar lebih untuk menghapus watermark.

Fitur menarik lainnya adalah Kinemaster memiliki fitur Chroma Key. Di mana saat melakukan pengambilan gambar, objek akan menggunakan latar belakang hijau dan proses editing nya bisa diganti dengan background digital lainnya. Kekurangan dari Kinemaster adalah hasil export video hanya memiliki pilihan resolusi HD (1280 x 720) saja.


Saat ini, mengedit video menjadi salah satu kebutuhan dalam menggunakan media sosial. Berbagai macam rekomendasi aplikasi edit video di Android, mungkin banyak memiliki kesamaan dalam fitur maupun fungsinya. Beberapa fitur ada yang gratis dan juga berbayar. Pilihlah aplikasi yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan agar video menjadi lebih menarik.