Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Rute Sepeda Paling Menarik

Di masa pandemi Covid-19 olahraga bersepeda sangat digandrungi, terbukti tingkat penjualan sepeda menjadi meningkat. Berbagai alasan orang memilih olahraga sepeda berbeda-beda ada yang sekedar hanya ingin menghilangkan penat, ingin mencari teman baru. Selain itu ada aplikasi rute sepeda yang memanfaatkannya untuk berolahraga.


Untuk yang mempunyai hobi bersepeda wajib mendownload aplikasi rute di smartphone, dengan aplikasi tersebut berguna untuk mengukur jarak tempuh dan jumlah kalori yang terbakar. Berikut aplikasi cek rute sepeda yang wajib dimiliki, antara lain:

1. Strava

Strava memiliki rating tertinggi di Google Play Store artinya banyak diminati. Hal ini karena aplikasinya tidak hanya berfungsi untuk bersepeda tetapi para viewer sepakat bisa digunakan untuk yang memiliki hobi berenang dan lari. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur antara lain menghitung jarak tempuh saat bersepeda, penghitung kalori yang terbakar saat berlari dan penghitung tinggi.

Aplikasi Strava mampu menyimpan data perjalanan, durasi dan kecepatan. Bahkan ketika bosan dengan rute perjalanan, Strava mampu menunjukkan rute alternatif yang dapat ditempuh. Aplikasi ini tersedia untuk versi IOS maupun Android. Satu hal yang menarik dari aplikasi ini, memiliki fitur sosial media seperti Facebook untuk bisa saling follow.


2. Cyclemeter

Cyclemeter menyediakan fitur seperti memanfaatkan GPS, fiturnya sangat lengkap tersedia peta, grafik, interval, zona dan memberikan statistik secara live. Hal yang membuat aplikasi ini menjadi keren adalah seperti komputer sepeda, nantinya aplikasi menyusun sendiri data preferensi rute, monitor statistik.

Selain itu di aplikasi rute sepeda ini, Cyclemeter menyediakan fitur untuk mendengarkan komentar-komentar teman di sosial media melalui remote earphone. Namun kelemahan dari Cyclemeter adalah hanya tersedia di IOS padahal aplikasi ini gratis.


3. MapMyRide

Aplikasi ini tidak bisa diremehkan karena sudah Rilis sejak 9 September 2019 dan di Google Play Store sudah mencapai unduhan 5 juta, bahkan untuk mengakses fitur premium nya harus terlebih dahulu membayarnya. Aplikasi ini mampu menyimpan data histori perjalanan.

Lalu dapat menunjukkan rute baru tiap harinya dan hasil perjalanan bersepeda bisa dishare ke Facebook dan Twitter. Selain itu aplikasi ini bisa terkoneksi dengan apps seperti Garmin dan Fitbit. Untuk pengguna iOS dan Android tidak perlu khawatir karena aplikasi ini bisa didownload untuk keduanya.


4. Relive

Keunggulan Relive dibandingkan aplikasi rute sepeda lainnya adalah di Relive bisa membuat video 3D. Pada video tersebut akan terlihat peta, durasi bersepeda, jarak tempuh, selain itu juga bisa menambahkan foto ke dalam video 3D.

Namun, dibalik kelebihan yang dimiliki relive ada kelemahannya yaitu Relief sering dikomplain oleh penggunannya karena dianggap sering memberikan peta yang kurang akurat. Sehingga Relive baru mencapai 1 juta unduhan padahal sudah Rilis sejak tiga tahun lalu.


5. Google Maps

Google Maps masih menjadi aplikasi GPS terbaik dan terlengkap di Indonesia walaupun belum selengkap Amerika Serikat. Tidak hanya memiliki fitur untuk jalur sepeda tetapi juga memiliki fitur untuk jalur motor, mobil dan pejalan kaki. Cara pemakaian aplikasi ini mudah. Untuk yang bersepeda ke tempat wisata, ataupun lainnya, Google Maps adalah aplikasi ideal.


Itulah beberapa Aplikasi Rute Sepeda dengan fitur-fitur yang sangat canggih untuk memudahkan dalam bersepeda. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut pengendara sepeda diharapkan dapat mengembangkan jalur sepeda terbaru tanpa resiko tersesat. Adanya aplikasi untuk rute sepeda tersebut dianggap memberikan kepraktisan untuk mencari jalur sepeda yang aman.