Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Pemotong Mp3 dengan Fitur Terlengkap

Aplikasi untuk pemotong mp3 agaknya sangat dibutuhkan terutama bagi para pecinta musik yang sedang bereksperimen terhadap sebuah lagu. Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis aplikasi untuk memotong mp3, namun tak sedikit pula dari aplikasi tersebut yang fiturnya tidak lengkap. Berikut ini merupakan 5 aplikasi pemotong mp3 dengan fitur terlengkap, yaitu:

1. MP3 Cutter

MP3 Cutter merupakan aplikasi pemotong mp3 pertama yang direkomendasikan. Bisa diakses melalui smartphone, Mp3 Cutter mampu memotong sekaligus melakukan penggabungan audio dengan cepat. Bukan hanya itu, MP3 Cutter juga mampu untuk melakukan pemotongan terhadap berbagai file video.


Meski memiliki fitur yang lengkap, MP3 Cutter masih tak lepas dari beberapa kekurangan yang diantaranya ukuran aplikasinya yang lumayan besar. Selain itu, aplikasi ini juga tidak kompatibel di semua smartphone atau hanya smartphone tertentu saja yang bisa mengakses aplikasi ini.


2. Music Editor

Music Editor juga mampu melakukan pemotongan MP3 secara instan. Tak kalah bagus dengan aplikasi lain, Music Editor juga mendukung berbagai format audio seperti MP3, AAC, WAV, M4A encoder dan format lainnya. Selain memotong audio, Music Editor juga dibekali fitur unik lainnya seperti mampu melakukan konversi terhadap file audio ke format audio lain.

Sebelum mengetahui hasil pemotongan mp3, aplikasi ini juga menyediakan fitur preview demi meyakinkan penggunanya sebelum menyimpan hasil editing. Ditambah lagi, Music Editor memiliki versi premium yang dapat membebaskan pengguna dari iklan yang muncul sewaktu menggunakan aplikasi ini.


3. Timbre: Cut, Join, Convert

Tak berbeda jauh dengan Music editor yang dapat melakukan pemotongan untuk audio dan video, aplikasi Timbre: Cut, Join, Convert juga memiliki sebuah fitur tambahan yang dapat melakukan pemisahan audio dari sebuah video.

Cukup disayangkan, sebab aplikasi yang ditujukan untuk perangkat Smartphone ini memiliki ukuran aplikasi yang cukup besar. Sehingga bisa dikategorikan sebagai aplikasi berat yang tentunya akan memakan banyak ruang penyimpanan smartphone nantinya.


4. Free MP3 Cutter and Editor

Beralih ke aplikasi Pc, kali ini yang menjadi rekomendasi yaitu Free MP3 Cutter and Editor. Tak seperti beberapa aplikasi yang dibahas sebelumnya, Free MP3 Cutter and Editor memiliki fitur yang lebih spesifik. Aplikasi pemotong mp3 ini memungkinkan penggunanya untuk melihat grafik gelombang suara dari audio yang diedit.

Bukan hanya itu, Free MP3 Cutter and Editor juga dapat memodifikasi volume suara dengan memilih sebuah prosentase yang tersedia. Dengan menggunakan aplikasi Free MP3 Cutter and Editor, pengguna juga dapat menciptakan semacam efek fade in atau juga fade out. Serta memungkinkan untuk mengkonversikan audio antara mono ataupun stereo.


5. MP3 Cutter Joiner Free

Aplikasi MP3 Cutter Joiner Free juga memungkinkan untuk melakukan pemotongan mp3. Dengan menggunakan MP3 Cutter Joiner Free, berbagai track audio-pun dapat digabungkan ke dalam sebuah CD musik. Dengan aplikasi ini pula, pengguna dapat melakukan penggabungan terhadap tumpukan materi audio book yang berbeda-beda menjadi satu audio book saja.

MP3 Cutter Joiner Free bisa digunakan secara leluasa, mengingat ukurannya yang tak terlalu besar. Sehingga, aplikasi ini bisa saja digunakan untuk membuat latar belakang suara presentasi hingga film di perangkat dengan spesifikasi rendah sekalipun.


Itulah deretan aplikasi pemotong mp3 dengan berbagai fitur lengkapnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pecinta musik yang ingin memodifikasi lagu dari penyanyi ternama ataupun karyanya sendiri.