Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Menghitung Kontraksi untuk Ibu Hamil

Para bunda yang tengah menunggu kelahiran pastinya selalu memastikan agar kesehatan selalu terjaga. Termasuk memperhatikan setiap tanda-tanda kelahiran yang muncul. Namun, semuanya bisa dipermudah dengan adanya aplikasi menghitung kontraksi. Aplikasi tersebut akan membantu semua ibu hamil agar kondisinya lebih terpantau.


Lalu apa saja aplikasi yang bisa membantu ibu hamil dalam menghitung kontraksi serta menemani masa kehamilannya? Berikut telah disajikan beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk digunakan,, antara lain:


1. Baby Arrives

Rekomendasi aplikasi menghitung kontraksi pertama adalah Baby Arrives. Aplikasi ini memiliki tampilan layar yang sederhana sehingga bisa digunakan oleh semua ibu hamil. Informasi yang disajikan pun juga sangat bermanfaat. Aplikasi ini memiliki ikon bentuk hati yang besar. Ikon tersebut menandakan waktu dan intensitas kontraksi.

Variasi warna digunakan oleh aplikasi ini agar ibu hamil bisa memahami informasi dengan mudah dan tentunya tidak bosan saat membaca. Sebab itu, sifat dari aplikasi ini yang basic dan informasi menjadikannya sebagai salah satu aplikasi favorit para ibu hamil.


2. Contraction Timer & Counter 9

Selanjutnya adalah aplikasi Contraction Timer & Counter 9 yang menjadi salah satu rekomendasi aplikasi penghitung kontraksi ibu hamil. Tidak hanya sebagai penghitung kontraksi, tetapi ibu hamil juga bisa menggali berbagai informasi seperti waktu kelahiran. Mekanisme kerja aplikasi ini yaitu dengan melakukan penginputan data kontraksi oleh ibu hamil.

Setelah itu data tersebut akan diolah lebih lanjut sehingga didapatkan perkiraan waktu kelahiran. Aplikasi ini juga memiliki fitur notifikasi yang akan memberikan informasi seperti kapan seharusnya ibu hamil dibawa ke rumah sakit. Sehingga, keluarga bisa lebih cepat tanggap dan segera mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk kelahiran.


3. My Contractions Tracker

Aplikasi ini juga menjadi salah satu yang sangat direkomendasikan karena My Contractions Tracker bisa melakukan perhitungan jumlah serta intensitas kontraksi yang terjadi. Selain itu, aplikasi juga akan merekam pergerakan dan aktivitas si janin pada Rahim ibu hamil.

Fitur aplikasi ini akan merekam semua data yang telah dimasukkan termasuk pergerakan dalam Rahim. Pencetakan data pun bisa dilakukan untuk memantau kembali kondisi janin dalam rahim. Pergerakan yang tidak wajar juga terdeteksi, sehingga bisa ditangani lebih cepat. Kemudian hubungi dokter kandungan agar diperiksa lebih lanjut.


4. Full Term Contraction Timer

Aplikasi Full Term Contraction Timer memiliki keunggulan tersendiri. Namun khusus untuk pengguna Iphone dan Apple Watch saja. Aplikasi tersebut telah compatible untuk kedua perangkat sehingga informasi bisa didapatkan setiap saat. Aplikasi ini juga akan menyajikan hasil terkait jumlah serta intensitas kontraksi.

Jangan khawatir terkait data yang dihasilkan karena sudah pasti lebih valid. Kondisi kesehatan pun ikut bisa dipantau lewat aplikasi ini dengan cara memasukkan berat badan dan keadaan fisik selama kehamilan berlangsung. Tidak hanya kesehatan ibu hamil, tetapi bayi juga ikut terpantau. Agar lebih akurat, sebaiknya juga tetap dicek ke dokter kandungan.


5. Pregnancy Tracker

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Pregnancy Tracker juga memberikan informasi kontraksi kehamilan. Selain itu, informasi seperti edukasi selama kehamilan dan menjelang kelahiran juga disajikan dengan lengkap dan tentunya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti Melalui aplikasi ini para ibu hamil akan lebih memahami detail kehamilannya.


Itulah 5 rekomendasi aplikasi menghitung kontraksi yang sangat direkomendasikan. Semoga aplikasi tersebut bisa membantu proses kehamilan ibu hamil. Semua aplikasi diatas bisa diunduh oleh pengguna android maupun IOS dan dijalankan dengan mudah.