Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Belajar Mengaji untuk Pemula, Wajib Coba!

Jika ingin belajar mengaji yang tidak terikat waktu. Aplikasi belajar mengaji ini wajib dicoba. Karena cocok sekali untuk pemula yang baru belajar mengaji. Jadi bisa belajar via smartphone bahkan ketika di perjalanan. Berikut rekomendasi aplikasi mengaji untuk pemula, yaitu:

1. Mengaji Al Quran Indonesia

Di design dengan tampilan menarik, membuat aplikasi ini cocok untuk pemula. Walaupun dirilis empat tahun yang lalu, tidak membuat pengguna ketinggalan zaman pada saat memakainya. Ketika mengaji bacaan kurang fasih, bisa sambil mendengarkan melalui audio yang bisa diputar.


Ada juga pengenalan huruf hijaiyah, iqro dan tajwid. Selain membaca, terdapat pula fitur untuk menghafal surat-surat pendek via audio dengan format MP3. Anak-anak pun bisa menggunakan aplikasi ini. Karena tampilannya yang user friendly membuat anak-anak lebih semangat mengaji sebagai aktivitas tambahan belajar di masa lockdown ini.


2. Belajar Membaca Al Quran

Aplikasi ini memandu belajar Al Quran sambil mendengarkan audio, yang tiap ucapannya disertai ilmu tajwid. Selain untuk orang dewasa aplikasi belajar mengaji bisa digunakan oleh anak-anak. Di samping memiliki tampilan interface yang colourful. Teknologi yang dikembangkan oleh Indocipta studio ini memiliki banyak fitur menarik.

Mulai dari belajar huruf hijaiyah, makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf dari tenggorokan), shifatul huruf (sifat-sifat huruf), tanda harakat (panjang dan pendek bacaan), menyambung huruf hijaiyah dan hukum ilmu tajwid. Pada aplikasi ini terdapat fitur evaluasi bacaan, untuk melihat progress selama belajar. Jadi bisa dipakai untuk mengajar ngaji anak-anak di rumah.


3. Iqro Digital Lengkap

Jika ingin belajar Iqra namun tak memiliki buku fisiknya? Jangan khawatir aplikasi ini merupakan Iqro Digital Lengkap dari jilid 1 sampai 6, sehingga tidak ada perbedaan antara buku fisik Iqro maupun Iqro digital. Karena memang dirancang sama seperti buku aslinya.

Aplikasi milik Edufans Studio ini memiliki tampilan sederhana sehingga anak-anak pun dapat menggunakannya. Dengan adanya Iqro Digital ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar anak-anak dan orang dewasa terhadap Al Quran. Karena sudah di download sebanyak lebih dari tujuh ribu pengguna di Play Store. Jadi wajib di pasang di smartphone.


4. Belajar Tajwid Lengkap dan Audio

Sama seperti namanya, aplikasi Belajar Tajwid Lengkap dan Audio ini memaparkan mengenai metode ilmu Qiraah. Tajwid yang berarti ilmu untuk mengeluarkan atau membunyikan huruf dari tempatnya dengan memberikan karakteristik masing-masing huruf.

Dengan mempelajari tajwid diharapkan bisa paham bagaimana cara melafalkan huruf-huruf dalam Al Quran maupun hadist dengan baik dan benar. Bagi yang ingin belajar ngaji sambil belajar tajwid, aplikasi ini cocok sekali bagi pemula.

Aplikasi Belajar Tajwid Lengkap dan Audio ini juga menyuguhkan beragam materi ilmu tajwid secara menyeluruh, dilengkapi dengan berbagai contoh yang ada di dalam Al Quran serta cara melafalkannya. Langsung saja download aplikasinya.


5. Al Quran Juz Amma Lengkap

Jangan malu jika belum bisa membaca Al Quran. Aplikasi Al Quran Juz Amma Lengkap akan membantunya. Aplikasi terbaik ini menyediakan bacaan Juz Amma lengkap beserta arti dan juga cara membacanya. Untuk yang masih pemula teknologi ini cocok menjadi teman dalam belajar Al Quran. Mulailah belajar sekarang, sebelum bertambah usia.


Demikian beberapa rekomendasi aplikasi belajar mengaji untuk pemula ini. Karena mengaji dianjurkan sejatinya bagi umat muslim, jadi diharapkan dengan adanya aplikasi ini mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam belajar.