Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Pasang GPS Motor

Salah satu cara mudah menghindari resiko motor hilang akibat dicuri adalah dengan menginstall GPS. Dengan mengaktifkan GPS pada motor yang dimiliki, maka pengguna akan dapat mengetahui lokasi real time dari motor itu. 

GPS ini biasanya terhubung dengan ponsel yang memungkinkan pengguna mengetahui lokasi motor ketika terjadi kasus pencurian. Oleh karena itu, penting untuk menginstall GPS pada motor untuk alasan keamanan. Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan ketika hendak pasang GPS motor.

1. Pastikan Kartu SIM dan GPS Tersambung

Tips utama yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa GPS telah terpasang pada kartu SIM kendaraan pengguna. Hal ini penting, karena tanpa itu, GPS takkan mempunyai sinyal yang cukup untuk melacak lokasi motor. Pastikan bahwa kartu SIM telah terpasang pada GPS. Kartu SIM yang digunakan sebenarnya bebas, namun disarankan memakai kartu SIM Telkomsel.

Selain itu, kartu SIM GSM juga dapat digunakan. Kartu SIM GSM ini memiliki sinyal yang kuat jika dibandingkan dengan kartu SIM lainnya. Setelah itu, GPS bisa langsung dipasang ke motor. Kondisi GPS harus dalam keadaan tidak aktif ketika proses pemasangan ini berlangsung. 

Kemudian coba aktifkan GPS guna memastikan tidak ada gangguan pada perangkat yang dipasang. Pastikan pula stiker hologram GPS selalu menghadap ke arah matahari sehingga sinyalnya kuat.


2. Pastikan Kartu SIM Terdaftar

Pengguna harus memastikan bahwa kartu SIM memang telah terdaftar pada paket internet. Hal tersebut bertujuan agar dapat mengaktifkan GPS yang telah terpasang secara langsung pada ponsel yang dimiliki, sehingga dapat melacak lokasi dari kendaraan secara real time.


3. Pastikan GPS Dipasang Dengan Benar

Tips ampuh pasang GPS motor berikutnya yakni memastikan GPS itu telah terakit dengan benar. Ketika membeli GPS, pengguna akan diberikan sebuah buku panduan pemasangan. Biasanya cara perakitan ini memang sedikit rumit dan membutuhkan beberapa bahan, seperti gunting, tang, obeng, tespen, dan isolasi.

Pertama, ambil kabel plus dan minus pada perangkat GPS. Kabel plus GPS akan disambing pada kabel plus aki, dan kabel minus GPS akan disambung pada kabel minus aki. Pemasangan ini bisa dilakukan di rumah masing-masing, namun pastikan pemasangan ini telah berlangsung dengan benar dan setiap kabel telah tersambung dengan baik.


4. Pastikan Lokasi GPS Telah Strategis

Tips berikutnya dalam pasang GPS motor yakni memastikan GPS diletakkan pada lokasi yang tepat. Biasanya GPS ini diletakkan di bagian dashboard motor, karena disanalah sinyal GPS dapat memancar paling kuat. 

Selain itu, GPS yang diletakkan disana pula biasanya sulit ditemukan oleh pencuri. Kalau bisa, sembunyikan keberadaan GPS ini dengan stiker atau benda lainnya sehingga tidak terlihat oleh pencuri.

Selain itu, pastikan pula untuk meletakkan GPS pada posisi miring menghadap ke bawah. Hal ini bertujuan untuk membuat perangkat GPS mengeluarkan sinyal yang kuat, sehingga keberadaannya dapat dilacak dengan lebih cepat. Disarankan untuk menggunakan GPS dengan lem perekat yang kuat, biasanya berwarna sedikit gelap. Dengan demikian, GPS mampu tersamarkan lokasinya.


5. Pastikan Antena GPS Dipasang Dengan Tepat

Tips ampuh pasang GPS motor terakhir adalah pastikan antena GPS diletakkan di tempat yang benar supaya dapat mengeluarkan sinyal yang kuat. Antena GPS ini biasanya dipasang di jok motor, tidak jauh dari bagian aki. Oleh karena itu, pastikan bagian jok ini minim dari unsur logam, karena bisa membuat GPS susah mencari sinyal.


Dengan demikian, beberapa poin diatas adalah tips ketika hendak pasang GPS motor. Memasangnya sendiri sebenarnya tidaklah sulit, asal memperhatikan beberapa tips yang telah disebutkan diatas. Motor pun bisa bebas dari resiko hilang saat terjadi pencurian. Selamat mencoba.