Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Praktis! 5 Rekomendasi Aplikasi Remote Tv Tabung Tanpa Infrared

Masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan tv analog berbentuk tabung. Sebelumnya, jika remote tv tabung rusak atau hilang, maka pilihannya adalah antara memencet tombol pada televisi atau membeli remote yang baru di toko elektronik. 

Keduanya adalah hal yang cukup merepotkan. Jangan khawatir, cukup mengunduh aplikasi remote tv tabung tanpa infrared melalui ponsel android, maka bisa mengganti channel tv yang diinginkan. Aplikasi ini dapat digunakan sebagaimana remote tv pada umumnya.

Pertama-tama, cari tahu dulu tentang support infrared yang ada di ponsel pintar. Caranya yaitu dengan terlebih dahulu menginstall aplikasi IR Test dari Playstore. Pemeriksaan langsung dijalankan begitu aplikasi dibuka. 

Jika ponsel android tidak tersupport, maka akan tertulis tampilan pesan You Don’t Have And IR Blaster. Apabila demikian, maka diperlukan pendukung infrared eksternal android yang dapat dibeli di toko elektronik. Di bawah ada beberapa aplikasi untuk remote tv tanpa menggunakan infrared.

1. Smart IR Remote

Aplikasi keluaran Color Tiger ini memang berbayar dan di bandroll seharga Rp 91.000,-. Tentu dengan harga tersebut ada kualitas yang menjamin kepuasan penggunanya. Selain berguna sebagai remote tv, aplikasi ini dapat difungsikan sebagai remote control berbagai alat elektronik yang lain seperti DVD Player serta AC.

Sayang sekali, aplikasi ini belum kompatibel untuk semua ponsel pintar yang terdukung IR Blaster. Beberapa merk ponsel yang belum terdukung antara lain Huawei, Vizio atau Sony Phones. Selain itu, untuk merk LG hanya bisa berfungsi pada model LG G3 dan G4, tidak termasuk LG G3 A atau LG G3 S.


2. AnyMote Universal Remote + WiFi Smart Home Control

Dirilis oleh perusahaan yang sama dengan Smart IR Remote, fungsi dua aplikasi ini tidak jauh berbeda. Tidak perlu merogoh kocek berapapun demi menikmati aplikasi ini, karena dapat digunakan secara gratis. Kekurangan aplikasi ini pun hampir sama persis dengan yang dimiliki Smart IR Remote. Hanya saja, AnyMote Universal Remote akan menampilkan iklan setiap membuka menu apapun di dalamnya.


3. Universal Remote Control – Lean Remote

Ini merupakan salah satu aplikasi remote tv tabung tanpa infrared dengan rating tertinggi di Playstore. Dalam keterangannya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan berbagai alat elektronik dari bermacam brand dan model ponsel android yang ter-support IR Blaster. Aplikasi ini tidak berbayar alias gratis, jadi akan muncul iklan setiap kali aplikasi ini dijalankan.


4. Easy Universal Remote TV

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Old Fashion Apps ini merupakan pioneer aplikasi remote tv di Playstore. Hal yang membuat aplikasi ini berbeda adalah tampilannya yang sederhana, sehingga dapat digunakan dengan gampang. 

Easy Universal Remote TV sayangnya belum dapat menunjang semua merk tv di pasaran maupun dengan semua perangkat berbasis IR Blaster. Perlu bersabar terlebih dahulu, karena aplikasi masih dalam masa pengembangan.


5. Mi Remote Controller – for TV, STB, AC and more

Sesuai dengan namanya, aplikasi keluaran Xiaomi Inc. ini dapat berfungsi untuk mengontrol berbagai alat elektronik. Tampilannya yang cerah dan penggunaan yang mudah akan memberikan pengalaman menonton tv dengan level berbeda. 

Hanya saja, sebaiknya periksa dulu kecocokan ponsel pintar sebelum menggunakan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan sebagian kecil merk android belum terdukung aplikasi ini.


Demikianlah 5 rekomendasi Aplikasi remote tv tabung tanpa infrared terbaik. Dengan lima aplikasi ini, tentu menonton tv jadi lebih mudah dan santai. Saat remote tv rusak atau hilang pun, tidak harus membeli remote tv yang baru lagi.