Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontrol Asupan Kalori dengan Aplikasi Diet Kalori

Pada awalnya diet berasal dari Bahasa Romawi yang berarti "gaya hidup". Masyarakat saat ini menganggap diet memiliki arti jauh dari diet itu sendiri. Padahal diet bukan semata mata untuk menurunkan berat badan saja melainkan juga bisa  untuk menjaga  kesehatan tubuh pasien. 

Oleh karena itu, diet dapat diartikan untuk mengatur pola makan agar menghasilkan berat badan ideal. Aplikasi diet kalori bisa membantu untuk mengetahui asupan kalori yang dibutuhkan tubuh.


Terdapat berbagai macam jenis yang bisa dilakukan, salah satunya dengan diet  rendah  kalori. Dengan perkembangan  teknologi yang semakin maju, tentu bisa menggunakan aplikasi seperti ini untuk mengetahui besar asupan yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa aplikasi untuk melakukan diet kalori yang dapat diunduh melalui PlayStore  ataupun Appstore.

1. FatSecret

Fatsecret bisa menjadi salah satu aplikasi pilihan untuk menemani program diet. Dalam aplikasi Fatsecret terdapat berbagai macam fitur seperti menemukan info kalori dan gizi pada makanan favorit. Ketika tidak ada dalam daftar, maka bisa input secara manual.

Disisi lain ada fitur menghitung asupan kalori dari makanan yang kita masukan. Ada juga pelacak berat badan serta catatan sebagai mencatat program kemajuan diet kita. Paling menarik dari fitur ini yaitu dapat disambungkan dengan teman yang bisa saling bertukar informasi dan memberi informasi soal diet.

2. Lose It

Termasuk aplikasi diet kalori dengan fitur yang mudah dipahami. Lose It adalah aplikasi yang memudahkan pengguna tentang jumlah kalori yang dikonsumsi sehari hari. Terdapat fitur statistik mengenai progres diet juga dari hari ke hari yang mudah dibaca. Aplikasi ini juga menyimpan banyak database makanan sekaligus jumlah kalori yang cukup akurat.

Untuk hasil maksimal pengguna aplikasi juga harus rajin untuk review memasukkan data yang makanan yang diterima. Jika database makanan tidak ada, maka pengguna dapat menginput secara manual.

3. MyFitnessPal 

Aplikasi diet kalori selanjutnya ada MyFitnessPal yang memiliki kurang lebih 6 juta data makanan sehat di dalamnya. Bukan hanya sekedar database makanan saja, melainkan juga terdapat informasi tentang nutrisi. Hal ini bisa memenuhi kebutuhan  asupan kalori yang dibutuhkan setiap harinya.

Dalam fitur MyFitnessPal juga terdapat banyak latihan untuk membakar kalori seperti kardio. Sama halnya dengan FatSecret aplikasi ini juga dapat menyambungkan ke teman yang lain untuk saling memotivasi. Jadi, lebih semangat untuk melakukan program diet.

4. HealthifyMe

Aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan bagi setiap orang yang ingin menjalankan program yang gaya hidup sehat ataupun program diet. Dengan bantuan dari aplikasi ini, pengguna dapat membuat rencana kebugaran yang bisa diterapkan. Aplikasi ini juga memiliki panduan diet bersama instruktur agar lebih aman dan sehat.

Terdapat pula fitur penghitung kalori yang cukup akurat dan perencanaan kebugaran seperti yoga ataupun kardio. Aplikasi didalamnya terdapat tiga paket rencana diet yang berbayar seperti HealthifyMe Balance, HealthifyMeTransform,dan HealthifyMe Penting.

5. Calorie Counter

Rekomendasi terakhir yaitu ada aplikasi yang dapat menangkal kalori berlebih. Sejak 2008 puluhan juta orang mengunduh Calorie Counter untuk menemani program diet. Selain itu, dapat memberikan informasi nutrisi yang kita masukan ke aplikasi dan juga dapat menghitung asupan nutrisi. 

Pengguna dapat membuat target untuk membuat berat badan yang ideal. Aplikasi ini juga dapat melihat progres diet selama 3 hari sekali.


Itulah 5 aplikasi diet kalori yang masuk daftar rekomendasi. Hal ini karena bisa membantu untuk menemani diet seseorang dan dapat membantu menghitung kalori yang dikonsumsi setiap harinya selama program diet berlangsung. Jadi, tentu akan lebih semangat untuk melakukan program dietnya.