Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mixing? Inilah 5 Aplikasi Edit Suara PC yang Cocok untuk Pemula

Membuat cover lagu maupun lagu original di PC sendiri adalah hal yang lumrah dilakukan para musisi saat ini. Software DAW atau Digital Audio Workstation yang digunakan untuk membuat musik pun banyak ragamnya. Bagi pemula yang baru belajar, pastinya lebih memilih aplikasi yang lebih simple dan mudah dipahami. Berikut, ada lima aplikasi edit suara pc terbaik yang cocok untuk pemula:

1. Audacity

Aplikasi edit suara PC ini memiliki tampilan yang tidak terlalu rumit. Dengan multi track sound editornya, pengguna dapat dengan mudah mencocokkan tempo antara track satu dan lainnya. Dalam software ini, sudah tersedia berbagai efek untuk mengedit suara.

Misalnya saja untuk menjernihkan suara agar noise lebih tipis, maupun berbagai efek menarik yang dapat membuat hasil cover lebih bagus. Pengguna baru tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi ini. Hal ini karena, bisa didownload secara gratis tanpa biaya sepeserpun.


2. Wavepad

Wavepad merupakan aplikasi edit suara PC yang dapat didukung dengan VST. Jadi, sangat mungkin untuk mengedit suara menjadi lebih beragam. Misalnya dengan memasang Melodyne VST yang dapat memperbaiki suara yang fals agar tidak perlu lagi merekam ulang suara.

Pada awal kemunculannya, Wavepad merupakan software berbayar yang memberikan masa trial selama 30 hari. Hanya saja, pada versi terbarunya, lisensi software keluaran NCH Swift Sound ini gratis. Selain itu, bagi yang lebih nyaman mengedit suara dengan ponsel pintar, Wavepad versi android juga tersedia pada Play Store.


3. Mp3 Cutter

Aplikasi ini dapat diakses secara online melalui website mp3cut.net dari browser. Penggunanya tidak perlu mendownload dan memasang aplikasi apapun di PC, karena Mp3 Cutter hanya tersedia secara online. Sesuai namanya, aplikasi edit suara PC ini dapat memotong audio atau suara.

Tersedia berbagai fitur lainnya pula seperti mengubah Volume, kecepatan dan pitch dari suara. Selain untuk mengedit suara, website ini juga dapat untuk mengedit video, PDF dan juga sebagai file converter. Jadi, tidak perlu membuka banyak aplikasi, cukup melalui Mp3 Cutter saja banyak hal yang dapat dilakukan.


4. Qtractor

Bagi pengguna Linux yang ingin membuat lagu tapi tidak memiliki alat musik, Qtractor ini jawabannya. Aplikasi edit suara PC ini menyediakan instrumen MIDI yang dapat diedit agar bisa menjadi sebuah lagu. 

Pengguna juga dapat merekam instrumen dan langsung mengeditnya pada Piano Roll. Qtractor merupakan software yang tidak berbayar alias gratis. Jadi, cocok bagi para musisi baru yang masih mencoba-coba DAW yang lebih kompleks.


5. FL Studio Mobile

Namanya memang ‘Mobile’, tetapi selain di smartphone juga bisa digunakan di PC. Software keluaran Image Line ini merupakan versi ringkas dari FL Studio yang sudah lebih dulu keluar. Meskipun ringkas, aplikasi edit suara PC ini banyak digunakan oleh musisi profesional, karena lengkapnya fitur yang bisa digunakan.

Aplikasi ini memang berbayar, yaitu sekitar Rp 200.000,- jika dibeli di Microsoft Store. Ada trik agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah sampai Rp 39.000,-. Cukup dengan menginstal emulator di PC dan mendownloadnya melalui Play Store.


Tidak ada orang yang langsung bisa mengedit suara dengan bagus. Asalkan tekun berlatih dengan Aplikasi edit suara PC di atas, pasti telinga dapat menjadi lebih peka dan terbiasa. Jadi, hasil audio dari cover lagu yang diedit pun dapat terdengar lebih profesional. Pastinya, menjadi penyanyi atau musisi profesional bukanlah mimpi belaka.