Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bebas Berbicara dengan Aplikasi Clubhouse Android

Pada bulan Mei 2021 lalu, Clubhouse yang tadinya hanya di iOS telah meluncurkan versi Androidnya. Sebelumnya, untuk bergabung dengan aplikasi sosial media baru ini, pengguna harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Sistem tersebut telah hilangkan dari aplikasi Clubhouse android. 


Pengumuman ini disampaikan tanggal 22 Juli 2021 lalu melalui akun twitter official Clubhouse bersamaan dengan peluncuran logo barunya.

Apa itu Clubhouse?

Clubhouse merupakan sebuah aplikasi media sosial yang didirikan oleh Paul Davidson dan Rohan Seth. Dalam aplikasi ini, setiap pengguna dapat mendengarkan diskusi dan ikut bicara di dalamnya. Pengguna juga dapat membuka room sendiri dengan topik yang diinginkan.

Bahkan melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa bernyanyi bersama. Sebagai sosial media yang baru seumur jagung, aplikasi Clubhouse android ini cukup meraup banyak peminat. Jumlah room yang muncul setiap harinya pun semakin bertambah dari sekitar 50-an hingga kini menjadi ratusan ribu room.

Melalui aplikasi clubhouse android ini, pengguna seperti sedang mendengarkan podcast maupun streaming radio. Bedanya pengguna dapat memberi pendapat secara langsung. Seperti sedang berdiskusi melalui telepon, namun dengan audiens yang lebih beragam dari seluruh dunia.

Cara Menggunakan Aplikasi Clubhouse

Setelah aplikasi Clubhouse android di install melalui Play Store, pengguna baru akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika sudah registrasi, barulah aplikasinya dapat dijalankan. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi Clubhouse yang telah diinstal, lalu Klik ‘Welcome In!’.
  • Tuliskan nomor telepon yang digunakan, kemudian klik ‘Next’.
  • Nantinya pengguna akan mendapatkan kode OTP melalui SMS di nomor yang didaftarkan.
  • Setelah mengisi kode OTP, Isi nama pengguna, lalu tuliskan username dan upload foto profile.
Begitu selesai registrasi, pengguna dapat langsung mengikuti obrolan hanya dengan meng-klik salah satu obrolan yang tampil di beranda. Atau pengguna juga dapat membuka obrolan sendiri dengan klik ‘+ Start a Room’. Nantinya akan ada tiga pilihan audiens yang akan mendengarkan topik perbincangan, antara lain Open, Social dan Closed.

Dengan memilih open, topik yang sedang diperbincangkan pengguna dalam ruangan atau room akan dapat diikuti oleh siapapun. Apabila memilih ‘social’, hanya teman-teman dan orang yang difollow sajalah yang dapat mengikuti diskusi. Sementara untuk pilihan closed, pengguna harus memilih dahulu siapa saja yang ingin diajak untuk berdiskusi. Baru setelah itu diskusi di Clubhouse dapat dijalankan.

Fitur-fitur Clubhouse Lainnya

Seperti sosial media pada umumnya, aplikasi Clubhouse android memiliki berbagai fitur yang tentunya menarik dan dapat bersaing dengan yang lain. Apalagi saat ini Twitter, Facebook dan Instagram juga sudah mulai mengejar dengan beberapa fitur yang agak mirip. Tentunya, Clubhouse ini tidak mau kalah dan sampai saat ini masih terus berkembang. Berikut beberapa fiturnya:

1. Backchannel

Selain dapat menyediakan ruangan diskusi, aplikasi Clubhouse android juga menyediakan fitur Backchannel yang baru-baru ini ditambahkan. Fungsi Backchannel ini mirip sepertI Private Message pada Facebook maupun Direct Message pada Instagram. 

Pengguna dapat mengirim pesan pribadi pada pengguna lain melalui fitur ini. Bagi pengguna yang belum di follow oleh penerima pesan, Backchannel akan menyimpannya pada pilihan Request.

2. Upcoming for You

Melalui fitur ini, pengguna dapat mencari dan mendapatkan saran ruang event obrolan yang akan dibuka di waktu mendatang. Caranya tinggal klik logo bergambar kalender yang terdapat di bagian atas interface aplikasi. Pengguna dapat klik gambar lonceng untuk mendapat notifikasi. Jadi, pengguna tidak ketinggalan saat diskusi dimulai.

Pengguna juga dapat membuat event untuk ruang obrolan sendiri. Tinggal memilih logo ‘+’ di sudut kanan atas aplikasi setelah klik logo kalender. Isi nama event, lalu tanggal dan waktu, dan deskripsi topik yang akan dibicarakan. Pengguna juga dapat menambahkan pengguna lain untuk dijadikan Co-host maupun bintang tamu.

3. Activity

Hanya dengan klik logo lonceng di bagian atas interface, pengguna sudah bisa melihat berbagai notifikasi yang didapat. Misalnya saja notifikasi tentang informasi perkembangan atau update terbaru dari Clubhouse maupun berbagai notifikasi dari event atau acara yang diikuti. Pengguna tinggal memilih salah satu notifikasi agar bisa langsung menuju acara diskusi yang ingin diikuti.

4. Invites

Melalui fitur ini, pengguna dapat mengundang orang lain untuk menggunakan aplikasi Clubhouse. Caranya dengan klik logo surat di bagian atas. Kemudian, akan muncul nama yang sudah tersimpan di phone list pengguna.

Tinggal klik tulisan ‘invite’, lalu pilih aplikasi apa yang digunakan untuk mengajak. Di bawah nama-nama tersebut juga tertera berapa jumlah teman dari nama tersebut yang sudah menggunakan Clubhouse. Apabila berhasil mengundang teman, pihak Clubhouse akan memberikan kredit atau hadiah.


Melalui aplikasi Clubhouse android ini, komunikasi di antara pengguna internet dapat terasa lebih nyata. Tidak perlu takut akan terdapat kesalahan konteks maupun nada bicara, karena semua disampaikan melalui suara. 

Tentang kualitas suaranya juga tidak perlu diragukan karena sangat jernih, bahkan terasa seperti berbicara tatap muka langsung. Kabarnya, aplikasi ini masih akan dikembangkan dan ditambahkan lagi dengan berbagai fitur.