Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Adzan Terbaik Ini Bikin Sholat Selalu Tepat Waktu

Bila berada jauh dari masjid maupun saat di dalam ruang kantor yang kedap suara, terkadang suara adzan akan sulit terdengar. Akibatnya para muslim akan sulit untuk sholat tepat waktu. Memasang alarm biasa bawaan dari ponsel pun terkadang belum tentu tepat dengan waktu sholat yang seharusnya. Jadi, dibutuhkan alarm khusus untuk adzan. Simak ulasan tujuh aplikasi adzan terbaik di bawah ini:

1. Muslim Pro: Athan, Quran, Prayer Times Qibla Islam

Aplikasi ini membutuhkan izin lokasi secara online. Memiliki keakuratan yang cukup tepat sesuai dengan lokasi pengguna berada. Pengguna juga bisa memilih sendiri suara muadzin yang disukai sebagai alarm waktu sholat. Dengan jumlah review lebih dari 1.500.000 orang dan rating yang cukup tinggi, tentu tidak salah jika Muslim Pro disebut aplikasi yang dapat mengumandangkan adzan terbaik.

2. Al Quran Indonesia

Sesuai namanya, sebetulnya ini merupakan aplikasi untuk membaca Al Quran. Jangan salah, karena Al Quran Indonesia sudah dilengkapi dengan alarm adzan. Ada pula widget waktu sholat yang bisa ditampilkan di homescreen, sehingga pengguna dapat bersiap lebih dulu sebelum alarm berbunyi. 


Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dengan menonton iklan. Tenang saja, karena iklan tidak akan tampil saat bacaan Al Quran berlangsung.

3. Muslim Prayer Times, Azan, Quran & Qibla By Muslim

Selain sebagai pengingat jam sholat yang cukup akurat, aplikasi ini pun dapat memberitahu lokasi masjid terdekat. Sebagai aplikasi adzan terbaik, waktu adzan dapat diatur sendiri oleh pengguna apabila terdapat kesalahan. 

Jadi, kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Untuk meningkatkan keimanan, ada pula news-feed yang menyediakan berita terbaru dan pengetahuan seputar islam. Sudah tentu ini cukup menarik.

4. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Pilihan suara alarm waktu sholat pada aplikasi ini tidak sekedar berupa suara adzan saja. Pengguna dapat meng-adjust sendiri suara apa yang ingin digunakan. 

Ada pula fitur countdown atau penghitung mundur waktu sholat agar pengguna tahu berapa lama lagi sampai waktu sholat selanjutnya. Tentu saja fitur ini sangat membantu terutama bagi yang tidak sempat sholat tepat waktu karena terjebak macet atau semacamnya.

5. Umma-Quran Majeed, Prayer times & Qibla Finder

Aplikasi adzan terbaik selanjutnya yaitu Umma. Tidak hanya digunakan sebagai alarm notifikasi, Umma juga dapat difungsikan sebagai sosial media untuk umat muslim di seluruh dunia. Sesama pengguna dapat berinteraksi satu sama lain melalui konten-konten seperti Podcast dan Live Streaming. Dijamin tidak hanya iman, kenalan sesama muslim di seluruh dunia pun bisa bertambah.

6. Muslim Go-Adzan, Waktu Sholat, Quran, Kiblat

Bukan hanya saat online, Muslim Go juga dapat digunakan ketika sedang offline. Sudah jelas, Muslim Go lebih hemat kuota dibanding aplikasi adzan terbaik lainnya. Saat mobile data nyala, aplikasi ini menyediakan berbagai video pengetahuan tentang islam, bahkan yang sedang trend saat ini. Selain itu, Muslim Go juga sering memberikan hadiah bagi para penggunanya.

7. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

Meskipun berukuran lebih kecil dibanding rekomendasi sebelumnya, aplikasi ini tidak kalah menarik. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui jadwal sholat bahkan sampai 3 hari ke depan. Pastinya ini cukup membantu saat mengatur jadwal sehari-hari yang padat agar dapat sholat tepat waktu. 

Selain jadwal adzan, aplikasi ini pun menyediakan jadwal imsak untuk muslim yang sedang menjalankan puasa Ramadhan maupun sunnah.


Itulah beberapa ulasan mengenai aplikasi adzan terbaik di atas. Tentunya sudah terpikir aplikasi mana yang cocok untuk digunakan. Dengan ini tidak khawatir lagi terlambat atau terlewat waktu sholat. 
Dengan berbagai fitur lain yang tersedia, pengetahuan tentang muslim dan keimanan juga lebih meningkat tentunya. Jadi, tidak perlu pikir panjang untuk segera download dan install aplikasinya.