Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kerusakan dan Cara Memperbaiki ECU Mobil Avanza

Pernah merasakan mobil Avanza susah distarter? Atau terasa berat saat dikendarai? Kerusakan ECU bisa jadi penyebabnya. Para pecinta mobil Avanza pasti kesal ketika mobilnya mengalami kerusakan bukan? Artikel kali ini akan membahas cara memperbaiki ECU mobil avanza dan penyebab kerusakannya.

Avanza adalah mobil yang spesial. Mobil ini adalah mobil terlaris Toyota di Indonesia setelah Kijang. Mobil ini spesial karena didesain menyesuaikan kantong masyarakat Indonesia. Maka dari itu adanya kerusakan terutama ECU pasti akan membuat hati sedih. Berikut adalah beberapa informasi tentang permasalahan ECU mobil Avanza:


Pengenalan ECU

ECU atau Electronic Control Unit adalah sistem elektronik mobil yang mengatur satu atau lebih sistem dan subsistem elektronik. Sistem ini juga sering disebut sebagai ECM atau Electronic Control Module. ECU terdiri dari software dan hardware yang tentu saja tidak hanya sebatas kelistrikan saja.

ECU memliki jenis yang bermacam-macam. Ada DCU atau Door Control Unit yang berfungsi untuk mengontrol pintu. Kemudian ada ECU atau Engine Control Unit yang berfungsi sebagai pengontrol mesin. Kemudian HMI, PSCU, PCM, TCM, SCU dan lain sebagainya.


Penyebab Masalah Pada ECU

Selama menggunakan kendaraan, terkadang tidak disadari ada yang salah terhadap salah satu bagian yang ada pada mobil. Salah satunya masalah yang terjadi pada ECU. Sebenarnya ada banyak penyebab permasalahan yang timbul pada ECU. Tapi akan dibahas beberapa masalah yang sering muncul pada ECU berikut ini:

1. Jarak Penggunaan

Semakin jauh jarak pemakaian mobil maka semakin pendek usia dari ECU. Hal ini tidak hanya berlaku pada ECU saja, tetapi juga pada komponen lainnya. Apalagi jika mobil Avanza jarang diservis atau digunakan secara buruk, tentu saja kemampuan komponen akan lebih cepat berkurang.

Untuk meminimalisir kerusakan pada ECU dan komponen lain, ada baiknya untuk mengistirahatkan mobil ketika mesin sudah panas. Jika aktifitas mengharuskan menggunakan mobil untuk jarak yang jauh dan sering, maka ada baiknya untuk sering mengecek mobil di tempat servis.

2. Usia Mobil

Permasalahan karena usia mobil sudah menjadi hal yang klise. Tidak hanya pada ECU, tetapi juga pada komponen lainnya. Bisa dibilang ini adalah permasalahan alamiah atau seharusnya dan pasti terjadi. Umumnya kerusakan akan terasa ketika mobil sudah melebihi usia 10 tahun.

Untuk meminimalisir permasalahan ini tentunya harus dimulai ketika mobil Avanza pertama kali dibeli. Usia mobil akan lebih panjang jika digunakan dan dirawat secara baik. Contohnya adalah dengan sering mengontrol ke service center, memberi oli dan bensin yang berkualitas, dan sebagainya.

3. Penanganan Mesin

Salah satu penanganan pada mesin bisa menjadi permasalahan juga terhadap ECU mobil. Niat hati ingin menjaga kondisi mobil, karena penanganan yang kurang professional bisa saja justru menghasilkan sebaliknya. Kasihan mobil Avanza jika harus mengalami hal yang demikian.

Untuk itu ada baiknya sering melakukan kontrol mobil di tempat service resmi. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir kerusakan. Mahal sedikit lebih baik dari pada harus mengganti mobil. Selain itu jika ada kesalahan juga, akan ada pertanggungjawaban yang jelas dari pihak service center.


Cara Mengatasi Masalah ECU

Jika ada masalah pasti ada solusinya. Solusi ini tentunya dapat dilakukan ketika ECU telah mengalami kerusakan. Berikut adalah cara memperbaiki ECU mobil Avanza yang dapat dilakukan oleh pemiliknya ketika mempunyai permasalahan dengan ECU pada mobilnya, antara lain:

  • Identifikasi kerusakan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kerusakan memang pada ECU.
  • Periksa riwayat perbaikan untuk memudahkan pelacakan kerusakan.
  • Periksalah komponen ECU, apakah ada yang rusak seperti gosong atau lain sebagainya.
  • Solder ulang jika ada komponen yang lepas.
  • Amati jalur PCB, apakah ada yang terputus atau tidak.
  • Cek kondisi komponen satu per satu. Hal Ini memerlukan keahlian khusus.
  • Ganti komponen yang tidak layak pakai. Tentunya dengan komponen yang setara.


Demikian informasi tentang penyebab dan cara memperbaiki ECU mobil avanza. Semoga informasi ini dapat membantu para pecinta mobil Avanza dalam mengatasi masalahnya. Jika ada kerusakan yang dirasa cukup berat, ada baiknya membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk diatasi oleh orang yang profesional.