Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Memperbaiki Charger HP Mobil 

Bagi orang yang suka bepergian jauh menggunakan mobil, pasti sering menggunakan charger pada mobil untuk pengisian daya HP. Namun tidak jarang, malah charger mobil tidak berfungsi normal. 

Berikut bisa disimak penyebab mengapa charger dalam mobil tidak berfungsi juga cara memperbaiki charger HP mobil :

1. Port Mobil Terhubung dengan Sistem Radio atau Lagu

Perlu dipahami bersama bahwa USB pada umumnya memiliki dua jenis port kabel. Adapun perbedaannya adalah berbeda secara fungsi. Pertama berfungsi untuk mentransmisikan data. Sedangkan yang kedua untuk mentransmisikan daya alias pengisian daya.

Sehingga sangat bisa terjadi saat port dalam mobil yang ditumpangi berjenis port untuk data. Misalnya untuk menyambungkan kabel dengan lagu yang ada di HP saja. Namun, tidak bisa digunakan untuk mengisi baterai HP.

Ada beberapa mobil juga yang chargernya bukan untuk pengisian daya. Namun malah terhubung dengan sistem pemutaran musik atau radio. Jadi, sudah pasti akan terjadi kegagalan saat pengisian daya. Hal semacam ini solusinya bukan diperbaiki. Sebab memang bukan kerusakan, akan tetapi perbedaan kegunaan.


2. Ketidaksesuaian Bentuk Port Kabel USB 

Sebelum mempelajari cara memperbaiki charger, pengguna harus paham juga alasan atau penyebab charger HP pada mobil tidak berfungsi. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah jika ternyata jenis port tidak sesuai. Walaupun jika dilihat sekilas bentuk USB terlihat sama namun siapa sangka jika ternyata berbeda.

Jadi, saat pengguna tidak bisa mengisi daya ponsel pada charger yang ada di mobil. Jangan terburu-buru mengklaim terjadi kerusakan komponennya. Bisa jadi bagian port-nya tidak sesuai.


3. Tegangan Daya yang Tidak Stabil

Daya yang ada pada charger mobil memiliki tegangan yang tidak stabil. Sebab daya ini berasal dari mesin yang berputar. Sehingga adakalanya tegangan naik ataupun turun. Hal ini sebenarnya berdampak buruk pada baterai HP yang sedang ditancapkan pada charger.

Selain itu beberapa HP memiliki daya pengisian yang mencapai 1,5 A. Sedangkan pada charger mobil tidak sampai pada kekuatan tersebut. Jika hal ini yang terjadi, mengakibatkan tidak terisinya daya pada HP. Bahkan yang ada daya di HP semakin berkurang. 

Jadi, pengguna juga harus memahami jika ada ketidaksesuaian antara daya Ampere pada charger HP di mobil dengan yang dibutuhkan oleh HP. Dan jika hal ini tetap dipaksa terhubung bisa jadi merusak komponen dalam baterai HP.


4.  Charger yang Memang Tidak Mengalirkan Listrik

Untuk memastikan kerusakan ini, pengguna bisa mencoba menekan bagian charger atau lighter pada mobil. Kemudian bisa mengambil tisu untuk diletakkan di ujungnya. 

Apabila tidak panas berarti terjadi kerusakan pada bagian ini. Selain itu juga coba dihubungkan dengan USB apabila alat tidak nyala hal ini memang tanda terjadi kerusakan.


5. Cara Memperbaiki Charger HP Mobil Manual dengan Lighter Baru

Setelah mengetahui penyebabnya, baik terkait dengan perbedaan port USB atau memang terjadi kerusakan komponen. Maka saatnya mengetahui bagaimana cara memperbaiki charger hp mobil. 

Pertama lepas bagian dasbor mobil di bagian yang terhubung dengan charger tadi atau bagian lighter. Cara membukanya dengan menariknya perlahan dan tentunya hati-hati. 

Setelah dashboard tersebut terbuka. Lanjut dengan pisahkan kabel yang harus dilepas dan buka lighter dari tempat asalnya. Jika sudah bisa dengan mengganti lighter yang baru. Pastikan pasang dengan yang sesuai baik kabel maupun ukuran lighter.


Demikian itu beberapa cara memperbaiki charger hp mobil. Dan penyebab kerusakannya atau ketidaknormalan fungsi charger. Setelah mengenali hal tersebut, pengguna bisa mempersiapkan hal apa saja yang harus dilakukan untuk dilakukan sebagai solusi  permasalah tersebut.