Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Membuka Kunci Stang Motor yang Terkunci Permanen

Saat ini banyak inovasi pada kendaraan bermotor. Salah satu inovasinya adalah sistem kunci stang pada kunci kontak. Kunci stang sendiri digunakan sebagai pengaman agar terhindar dari pencurian. Namun ada kalanya kunci stang yang digunakan itu terkunci. 

Tapi tak perlu khawatir, karena ada cara membuka kunci stang motor yang terkunci pada semua merk yang sebaiknya diketahui oleh pengendara agar tidak panik.

Sebagaimana yang diketahui bahwa kunci stang ini letaknya berada satu tempat dengan kunci kontak. Namun sebelum itu, setiap sepeda motor memiliki kunci kontak yang berbeda-beda. Salah satunya ada yang menggunakan sistem magnet sebagai kunci kontaknya. Tapi kemungkinan stang terkunci bisa terjadi, berikut penyebab dan cara mengatasi hal ini, yaitu:


Penyebab Kunci Stang Terkunci

Banyak sebab mengapa kunci stang bisa terkunci secara permanen. Kunci stang pada dasarnya dibuat untuk menghindari terjadinya tindak pencurian atau kriminal yang bisa membuat rugi pemiliknya. Oleh sebab itu kunci stang sangat berperan dalam menghambat tindak kejahatan pencurian.

Namun kadang kala kunci stang yang digunakan itu bisa terkunci secara permanen. Sehingga pengguna tidak bisa membukanya. Ada beberapa sebab yang bisa diketahui kenapa stang motor bisa terkunci secara permanen, antara lain:

1. Adanya Kotoran yang Menempel pada Kunci Kontak

Hal ini bisa menjadi salah satu sebab kenapa kunci stang bisa terkunci permanen. Kotoran yang menempel pada kunci akan membuat kunci itu menjadi kesulitan untuk dibuka. Kotoran ini biasanya disebabkan oleh debu atau endapan air yang menempelnya. 

Kunci kontak yang kotor pasti akan berpengaruh pada kunci stangnya. Apabila ini terjadi maka kunci stangnya secara otomatis pasti akan mengalami kendala juga.

2. Kerusakan pada Magnet di Kunci Kontak

Permasalahan ini sering terjadi di beberapa kendaraan bermotor. Magnet yang rusak kerap kali membuat pengguna pusing. Kunci kontak sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada sepeda motor. Selain itu pada kunci kontak juga terdapat kunci stang yang berfungsi sebagai pengaman dari motor.

Pada kunci stang sendiri apabila kunci tersebut terkunci maka salah satu sebabnya karena magnet yang berada disana mengalami kerusakan. Hal ini terjadi akibat lamanya pemakaian dari motor  dan kurangnya perawatan maupun kehati-hatian saat menggunakannya.


Cara Membuka Kunci Stang yang Terkunci Permanen 

Apabila pengguna mengalami permasalahan diatas jangan risau, karena ada cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Cara ini bisa digunakan di semua jenis sepeda motor yang mengalami permasalah serupa. Berikut ini penjelasan lengkap dari cara membuka kunci stang motor yang terkunci yang perlu diketahui, yaitu:

1. Memotong Ujung Kunci 

Cara ini tergolong mudah dan sederhana untuk digunakan. Disini pengguna hanya diminta untuk memangkas kunci tersebut. Untuk cara memangkasnya sendiri pengguna bisa menggunakan kikir. Setelah itu gosokan kikir tersebut pada kunci kurang lebih 0,1 mm. Kemudian beri lem besi pada kunci tersebut. Hal ini akan membuat magnet pada Security Key Shutter tidak mudah terlepas.
2. Mengganti Magnet Kunci Stang

Apabila magnet pada kunci stang mengalami kerusakan, maka pengguna bisa ganti magnet tersebut. Magnet yang rusak akan membuat kunci kontak mengalami penurunan fungsi, sehingga bisa menyebabkan kunci stang terkunci. Pengguna bisa ganti keseluruhan dari magnet tersebut dengan cara membongkarnya. 


Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara membuka kunci stang motor yang terkunci secara permanen. Berkembangnya teknologi sekarang ini membawa kemajuan bagi produk-produk otomotif. 

Hal ini terlihat dari banyaknya fitur keamanan yang canggih di setiap sepeda motor. Sebagai konsumen hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri, karena adanya inovasi tersebut bisa mencegah resiko pencurian.