Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok yang Ampuh

Salah satu risiko memiliki kendaraan yakni terkena benturan, yang bisa disebabkan beberapa faktor. Benturan tersebut tentunya akan meninggalkan jejak penyok pada kendaraan. Salah satunya sering terjadi pada bagian body mobil. Jika pengendara mengalami hal ini jangan khawatir, ada cara memperbaiki body mobil penyok yang mudah untuk dilakukan.

Mobil penyok bisa disebabkan beberapa hal, adanya benturan benda, kecelakaan hingga ketidak hati-hatian dalam memarkir. Inilah beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok, sebagai berikut:

1. Gunakan Hair Dryer dengan Cairan CO2

Cara pertama, bisa menggunakan pengering rambut yang didukung dengan cairan CO2. Jika di rumah memiliki hair dryer, maka manfaatkanlah alat tersebut untuk memperbaiki bagian penyok pada mobil. Adapun langkah-langkahnya  yakni sebagai berikut:

  • Jangan lupa siapkan hair dryer dan  CO2
  • Menyalakan hair dryer yang akan digunakan
  • Arahkan ke bagian mobil penyok dalam waktu sekitar 3 hingga 5 menit
  • Lakukan langkah ketiga sampai bagian penyok pada mobil benar-benar panas
  • Kemudian, ambilah cairan CO2 untuk disemprotkan pada area yang sudah dipanaskan
  • Tekan-tekan bagian yang penyok hingga bodi mobil kembali rata seperti semula.

Cara ini bisa diterapkan pada bodi mobil yang memiliki penyok kecil. Lain halnya dengan mobil berpenyok besar tentunya kurang tepat menggunakan cara yang satu ini. Tetap berhati-hati ketika melakukannya, sehingga tetap aman dan selamat.     


2. Menyiram Air Panas pada Bagian Penyok

Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan air panas. Pada dasarnya benda logam akan mudah dibentuk jika sudah dipanaskan. Untuk memperbaiki mobil penyok juga bisa dengan bantuan air panas. Selain pengering rambut, suhu panas juga bisa didapatkan dari air panas. Cara memperbaiki body mobil penyok bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, siapakan air panasnya
  • Gunakanan wadah berupa teko, lalu siramkan air panas pada area mobil yang penyok
  • Tekanlah dengan menggunakan kain hingga permukaan penyok kembali ke dalam bentuk semula
  • Lakukan perlahan untuk menghindari perubahan bentuk pada bodi mobil
  • Hasil maksimal bisa didapatkan dengan melakukannya secara berulang.

Untuk penerapan cara di atas tentunya harus dilakukan secara hati-hati. Tetap utamakan keselamatan dan pastikan lakukan dengan teliti. Jika memang pertama kali mencoba, ada baiknya untuk meminta bantuan yang berpengalaman.


3. Gunakan Es Batu

Metode lainnya yaitu dengan memanfaatkan es batu dengan cara ditempel. Selain metode memanaskan, memperbaiki penyok juga bisa dengan dengan es batu. Untuk melakukannya dibutuhkan beberapa alat pendukung, seperti pengering rambut dan kompresor angin. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
  • Tempelkan es batu pada bagian bodi mobil yang penyok selama 2 hingga 3 menit
  • Lakukan langkah kedua sampai butiran salju muncul di area mobil yang terkena penyok
  • Letakkan kembali es batu di wadah
  • Kemudian, arahkan hair dryer pada area yang penyok hingga permukaan kembali ke bentuk semula
  • Hasil yang maksimal bisa didapatkan dengan langkah berulang-ulang.


4. Menggunakan Cairan Pops A Dent

Alternatif lainya bisa dengan menggunakan cairan Pops A Dent. Cara memperbaiki body mobil penyok yang bisa dilakukan dengan mudah. Jika penggunaan air panas takut terkena karat dan memudarkan cat mobil, maka bisa menggunakan Pops A Dent.

Produk ini merupakan jenis lem yang khas, berfungsi meratakan kembali area kendaraan yang penyok. Penggunaannya sangat aman untuk kendaraan, tidak akan merusak warna cat serta lebih hemat. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menempelkan lem seukuran area yang penyok. Maksimal, lem tersebut menempel selama 8 menit, tidak boleh lebih. 


5. Pergi ke Bengkel

Jika memang tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara di atas, maka alternatif terakhir bisa membawa mobil ke bengkel. Pilihlah bengkel yang memberikan layanan berkualitas dan kredibilitas yang tinggi. Selain itu, pertimbangkan harga yang ditawarkan. Jangan sampai biaya besar tidak sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.


Itulah beberapa cara memperbaiki body mobil penyok yang bisa diterapkan secara mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menjadi solusi dalam mengatasi area mobil yang penyok. Lakukan setiap langkahnya dengan penuh hati-hati.