Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Carry yang Paling Mudah

Mobil Carry cukup familiar di tahun 80an, namun hingga kini keberadaan mobil Carry masih ada dan diminati masyarakat untuk menunjang berbagai kebutuhan. Ada kalanya kendala terjadi seperti rusaknya pompa bensin. Beruntungnya, disini akan dirangkum cara memperbaiki pompa bensin mobil Carry yang patut dicoba.

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya mengetahui fungsi dari pompa bensin. Pompa bensin, sejatinya berfungsi sebagai media menarik bahan bakar dari tangki ke karburator.  Rusaknya pompa ini tentu berdampak buruk seperti mobil mati serta tidak bisa distarter. Berikut beberapa langkah tepat untuk memperbaiki pompa bensin pada jenis mobil Carry, antara lain:

1. Lepas Kabel Pada Pompa Bensin Mobil

Hal pertama yakni melepas kabel pada pompa yang terdiri dari dua biji. Untuk kabel plus (+) ikut pada coil, kemudian yang minus (-) ikut body. Lalu lepas pompa bensin tersebut dari letak pangkon. Jangan lupa untuk melepas selang bensinnya juga. Selang yang satu terdapat pada filter rotax, sedangkan yang satu lagi dari rotax ke karbirator.


2. Buka Satu Baut Menggunakan Obeng

Jika langkah pertama telah selesai, letakkan rotak di tempat datar. Buka satu baut menggunakan obeng plus. Tarik kabel kemudian dorong kabel untuk membuka tutupnya. Jika diamati, bagian atas dari pompa bensin ini serupa dengan switch otomatis pada pompa air. Tidak heran memang, namanya juga pompa bensin jadi fungsi dan cara kerjanya tidak jauh dari pompa air atau sanyo.


3. Amati Bunyi Cetik-Cetik dari Pompa Bensin

Pada dasarnya jika pompa bensin mobil berjalan normal, secara otomatis pompa akan menimbulkan suara cetik-cetik. Meskipun sedikit berisik, namun sejatinya bunyi ini menandakan bahwa pompa berjalan lancar. Bunyi tersebut, berasal dari komponen switch otomatis yang bergerak naik turun. Kebanyakan kerusakan terjadi pada bagian ini.


4. Ganti Platina Rotax Pompa Elektrik

Setelah mengetahui kerusakan komponen pompa, langkah berikutnya yakni mencari komponen yang rusak tersebut. Spare part ini dapat dibeli atau ditemui dengan mudah di toko onderdil terdekat. Bicara soal harga pengguna tidak perlu khawatir, karena harga untuk komponen ini cukup terjangkau.

Biasanya petugas toko akan menawarkan dua jenis, yakni versi orisinil atau spare part imitasi alias KW. Tentu sudah dapat ditebak jika yang berbau orisinil akan lebih mahal, bergaransi dan lebih awet. Berbalik ke versi kw, dibandrol dengan harga murah namun kualitas tentu berbeda.

Jika dilihat dari segi harga, untuk yang asli atau orisinil dibandrol sekitar Rp360.000,00 sedangkan untuk yang imitasi atau kw dihargai sekitar Rp60.000,00 saja. Terpaut jauh, bukan? Jadi beli dan sesuaikan dengan kantong  masing-masing pengendara.


5. Pasang Platina Rotax Pompa Bensin

Pada cara memperbaiki pompa bensin mobil Carry selanjutnya yakni dengan memasang platina rotax yang telah dibeli tadi. Memasang switch platina ini sebenarnya cukup mudah. Caranya yakni dengan membuka kedua baut dengan solder. Pasang onderdil dan kembalikan komponen pompa bensin ke tempat semula. Dengan begitu masalah akan segera terselesaikan.


Berbagai kendala bisa terselesaikan dengan melihat permasalahan atau kerusakan yang terjadi. Dalam hal ini cara memperbaiki pompa bensin mobil Carry bisa menjadi jalan pintas. 

Setelah menyimak rangkuman di atas, diharapkan dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi yang mendapati kendala serupa. Mobil Carry kental dengan identitas mobil lama, namun keberadaan mobil ini masih tetap eksis di kalangan masyarakat Indonesia.