Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Melihat PCD Velg Mobil Dan Mengukurnya Dengan Tepat

Sebagaimana fungsinya velg  memiliki beragam ukuran, agar dapat disesuaikan dengann kebutuhan modifikasi kendaraan atau jenis mobilnya. Sebab untuk menempel dan memasang velg dengan sesempurna mungkin diperlukan cara melihat pcd velg mobil dan mengukurnya dengan tepat, tanpa perlu menambahkan spacer-adaptor.


Mengenal PCD Untuk Velg Kendaraan

Sebelum mengetahu cara melihat pcd velg mobil, yang perlu dipahamkan adalah memahami dan mngenal pitch-circle-diameter atau PCD. Secara sederhana PCD, merupakan panjang  diameter antar lubang baut velg yang berseberangan. Selain pcd, ada juga istilah lain untuk menyebutnya, seperti;  Bolt-Circle-Diametre (BCD), bold-pattren atau stud-pattern.

Ukuran diameter ini dapat dijadikan indikasi jumlah baut di setiap velg-nya. Meskipun PCD hanya berupa diameter garis imajiner, yang tidak bisa dilihat langsung, tetapi dengan cara menarik garis lurus, dimulai dari baut, melewati titik tengah menuju ke arah luar ban mobil-nya. 

Jadi, sangat penting bagi para penghobi modifikasi maupun pemilik mobil untuk mengenal  dan memahami pcd velg kendaraannya.

Selain itu akan ada banyak manfaat yang akan dirasakan pengguna dengan mengenal pcd velg kendaraan secara tepat. Sehingga memudahkan pengguna untuk menggantkan velg kendaraannya secara mandiri. dengan ukuran velg yang tepat, akan memberikan kenyamanan dan keamanan pengendara serta penumpang kendaraannya.


Melihat Ukuran PCD Velg

Umumnya velg kendaraan memiliki kode tertentu, yang mengidentifikasI banyaknya baut kendaraanya. Cara melihat pcd velg mobil dengan tepat, cukup dengan memperhatikan angka  yang muncul diawal tanda kali. Sepeti; 5 X 100 berarti ada 5 baut, 4 x 114,3 berarti ada 4 baut dan lain sebagainya. Nah, beragam ukuran pcd yang umum digunakan kendaraan di Indonesia sebagai berikut:

  • PCD 4X100, banyak dimanfaatkan mobil Jepang dan Korea Selatan dengan segmen Citycar, LCGC, Hatchback dan lain sebagainya,
  • PCD 4X114,3 yang cukup banyak digunakan ;Toyota-Avanza, Daihatsu-Xenia, Mitsubishi-Xpander, Nissan Grand-Livina dan masih banyak lagi lainnya.
  • PCD 5X114,3 banyak dilakukan untuk kendaraan berjenis MPV maupun SUV.
  • PCD 6X139,7 umumnya dipakai beberapa SUV Ladder-Frame, seperti; Ford-Ranger, Mitsubishi -Pajero Sport, Toyota-Fortuner dan lain sebagainya.
  • PCD 5X120 ini sering semua jenis mobil BMW, MINI, serta beberapa jenis merek Range-Rover dan Volkswagen


Tips menghitung PCD

Cara melihat pcd velg mobil lainya juga bisa dilakukan dengan menghitung atau mengukur pcd-nya sendiri. Cukup dengan hanya menyiapkan penggaris atau alat ukur meteran. Dimulai dengan menghitung jumalh baut yang terdapat pada velg tersebut.

Apabila junlah bautnya genap, seperti; 4 atau 6 ataupun 8. Langkah selanjutnya adalah menghitung langsung dengan lubang yang saling berseberangan. Namun apabila jumlah velg-nya ganjil, dapat dihitung dengan ukuran jarak antara salah satu baut .


Menentukan Velg Yang Tepat

Harga pasaran untuk velg cutom memang cukup mahal, tentunya hal ini cukup memberatkan bagi para penyuka modifikasi mobil. Sehingga mulai bermunculan berbagai velg replika-nya, yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Meskipun demikian, kualitas beberapa velg non-original  juga tidak kalah dengan yang custom.

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, untuk menentukan velg kendaraan dengan tepat dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan, berkaitan dengan velg-nya. Perlu diperhatikan kulaitas bahan penyusunnya, sebab velg replica ini cukup rawan dan mudah pecah, ketika menghantam lubang dengan kecepatan tinggi.


Nah demikianlah cara melihat pcd velg mobil dan mengukurnya dengan tepat, sehingga tidak asal-asalan ketika memilih velg untuk mobilnya. Bukan karena harga yang murah saja, melainkan kekuatan material Semoga menginspirasi dan bermanfaat.