Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Darurat Ketika Kunci Motor Hilang Tanpa Perlu Panik

Keasyikan jalan-jalan seringkali membuat seseorang lupa atau kurang waspada, hingga kehilangan kunci kontak motor-nya. Tentunya akan membuat pemilik motor tersebut panik dan bingung. Apalagi jika kehilangan kunci tersebut terjadi di malam hari, tentunya akan semakin menyusahkan. Untuk itu diperlukan solusi atau cara darurat ketika kunci motor hilang.

Situasi kehilangan kunci kontak motor saat bepergian atau di luar rumah, tentunya cukup merepotkan. Apalagi jika motor tersebut dalam keadaan stang terkunci dan terjadi di malam hari. Inilah beberapa cara darurat ketika kunci motor hilang yang dapat dilakukan pemiliknya, tanpa perlu panik:

1.Menghindari Panik

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik kendaraan, ketika kunci kontaknya hilang adalah jangan cepak panik. Tetap berusaha tenang dan coba mengingat apa saja yang telah dilakukan sebelumnya. Sebab sikap panik, dapat memicu pertengkaran yang akan semakin memperkeruh suasannya.


2. Hubungi Pihak Keamanan

Di berbagai area umum, tentunya terdapat tempat parker yang dikelola dengan baik. Sehingga ketika terjadi tindak kejahatan, seperti pencuirian motor, dapat tertanggulangi dengan cepat dan lebih maksimal. Nah, cara darurat ketika kunci motor hilang yang pertama adalah menghubungi pihak keamanan setempat, sebab:

  • Jika kunci tertinggal di kontak motor, biasanya petugas keamanan akan menyimpannya hingga pemiliki motor datang mengambilnya
  • Menitipkan kendaraan sementara, untuk mengambil kunci cadangannya
  • Untuk menghindari kecurigaan pihak keamanan, ketika akan mencoba menyalakan kendaraan tersebut tanpa kunci.


3. Memiliki Kunci Cadangan

Sudah seharusnya pemilik kendaraan bermotor memiliki dan menyimpan kunci cadangan motor-nya. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi atau cara darurat ketika kunci motor hilang.  Meskipun motor yang dibeli bekas, akan lebih baik untuk meminta kunci cadangannya atau membuat duplikatnya. Sehingga ketika kehilangan kunci kontak motor miliknya, masih dapat menggunakan duplikatnya.

Dapat juga membeli atau membuat kunci duplikat untuk antisipasinya. Simpan kunci kontak cadangan tersebut di tempat yang dipersiapkan sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika memiliki kunci duplikatnya lebih dari 1 dan menyimpannya dalam dompet.


4. Memanfaatkan Jasa Ahli Kunci

Tidak ada salahnya juga memanfaatkan jasa dari ahli kunci panggilan. Umumnya tingkat keberhasilan  menggunakan jasa ahli kunci ini cukup tinggi. Pemilik kendaraan hanya tinggal menyiapkan biaya jasa dan pembuatan duplikatnya.

Namun jika kunci kotak motor sudah mnggunakan teknologi immobilizer, ada baiknya memanfaatkan bengkel resminya. Meskipun cukup banyak ahli kunci yang mengklaim dirinya mampu mengatasinya, sebab diperlukan reset pada memory di dalam Engine-Control-Unit (ECU).


5. Menggunakan Bengkel Panggilan

Tidak ada salahnya pemilik menggunakan jasa bengkel panggilan, agar dapat menyalakan kendaraan motornya. Apalagi cukup banyak bengkel yang menawarkan jasanya melalui panggilan, hingga memudahkan pemilikinya, sebab peralatan yang dimiliki bengkel cukup lengkap untuk mengatasi persoalan kehilangan kunci kontak motornya.


6. Membongkar Sendiri Rumah Kuncinya

Ketika kesulitan memanggil jasa ahli kunci maupun bengkel panggilan, tentunya hal tersebut dibutuhkan solusi atau langkah-langkah tertentu. Membongkar sendiri rumah kuncinya memang cukup merepotkan, tapi ketika sudah tidak ada cara lain langkah inilah yang dapat dilakukan. Memang lebih ideal cara tersebut dikerjakan di tempat aman.


Nah, demikianlah solusi atau cara darurat ketika kunci motor hilang tanpa perlu panik. Sehingga tidak menambah persoalan baru yang akan semakin merepotkan. Untuk itu dibutuhkan komunikasi dengan pihak terkait, agar tidak terjadi salah paham.  Selanjutnya segera  lakukan langkah-langkah yang tepat dan cepat. Semoga menginspirasi dan bermanfaat