Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Aki Mobil Soak yang Perlu Diperhatikan

Salah satu indikator utama aki soak yakni mobil sulit distarter. Selain itu, juga tidak maksimalnya fasilitas dalam mobil seperti lampu, AC dan lain sebagainya. Pada tulisan ini akan memberikan tips cara memperbaiki aki mobil soak yang mudah dilakukan. Sebenarnya, apa, sih faktor penyebab aki mobil rusak atau soak?

Ada beberapa penyebabnya, pertama kemungkinan mobil tersebut tidak pernah atau jarang dipakai. Selain itu, banyaknya lampu atau peralatan mobil yang membutuhkan aki sehingga energi aki akan banyak dikeluarkan. Sering memakai mobil juga menjadi penyebab rusaknya aki. Berikut adalah ulasan memperbaiki aki soak yang perlu dicoba oleh pengguna mobil:

1. Menyiapkan Semua Perkakas

Langkah awal yang harus dilakukan untuk memperbaiki aki rusak yakni menyiapkan perkakas yang akan digunakan. Beberapa alat tersebut antara lain, sarung tangan, kanebo, tang, suntikan untuk menyuntikkan aki, obeng. Pastikan alat tersebut sudah tersedia di dekat mobil agar nantinya tidak susah mencari perkakas saat dibutuhkan. 


2. Melepaskan Aki dari Mobil

Step ini harus dilakukan secara pelan-pelan. Pertama, cari kebel berwana hitam yang menandakan terminal negative. Ambil kunci yang cocok untuk mecopot kabel aki itu. Harus dilakukan dengan pelan-pelan agar tidak terjadi konslet atau percikan api yang dapat menjadi faktor kebakaran. Setelah itu, jauhkan kabel berwarna hitam itu dari kepala aki negative.

Setelah selesai melepaskan kabel negatif selanjutnya melepas terminal positif. Stepnya sama seperti melepaskan terminal negatif. Bedanya kabel aki positif warnanya merah. Putar penutup aki menggunakan perkakas yang cocok, biasanya kunci pas nomor 10 tetapi tetap menyesuaikan. Setelah itu, angkat wadah aki dari mobil.


3. Membersihkan Body Aki

Cara memperbaiki aki mobil soak yang ketiga yakni membersihkan wadah aki. Saat membersihkan sebaiknya memakai lap yang lembut seperti kanebo. Jika perlu basahi kanebo dengan air. Dengan membersihkan body aki, wadah akan menjadi lebih bersih sehingga tangan tidak kotor. Selain itu saat mengganti aki akan lebih enak dan nyaman dilihat.


4. Membuka Penutup Aki

Setelah dilap dan bersih, copot bagian penutup aki. Gunakan obeng yang cocok untuk membuka, biasanya menggunakan obeng negatif. Setiap membuka penutup aki sebaiknya pelan-pelan agar penutup tidak lecet apalagi mengalami kerusakan. Setelah terbuka semua, tuang aki yang sudah soak ke dalam suatu wadah dan jangan sesekali membuang ke sembarang tempat.


5. Membilas dengan Air Mendidih

Step ini masih jarang dilakukan oleh pemilik mobil saat memperbaiki aki. Padahal cara ini sangat efektif dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. Tuangkan air mendidih pada wadah aki, guncang-guncangkan agar kotoran dan kerak ikut larut. Setelah itu buang airnya. Lakukan minimal lima kali agar mendapatkan hasil terbaik.


6. Isi Air Aki ke Wadah

Setelah tutup aki terbuka, tuangkan air aki ke dalam wadah. Gunakan suntik agar air aki tidak tumpah. Gunakan kaos tangan untuk melindungi kulit dari air aki. Saat menuangkan, jangan sampai penuh agar ada ruang untuk udara. Setelah itu, tutup dan masukkan kembali aki ke mobil dengan pelan-pelan.


Itulah enam cara memperbaiki aki mobil soak yang perlu diperhatikan oleh pengguna mobil. Lakukan step demi step di atas dengan hati-hati untuk meminimalisir kerusakan. Jika dirasa sulit memperbaiki sendiri aki yang rusak, sebaiknya dibawa ke bengkel agar tidak terjadi kesalahan yang serius. Semoga artkel ini bisa bermanfaat untuk pengguna mobil.