Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Charger Aki Mobil Dengan Mudah

Sebagai sumber kelistrikan, accu bisa kapan saja kehabisan daya dan perlu untuk melakukan cas. Sebenarnya banyak toko yang menyediakan guna memudahkan. Namun bagi yang ingin hemat juga gemar berkesperimen, cobalah cara membuat charger aki mobil sendiri. Lebih jelasnya, bacalah penjelasan di bawah ini dan lakukan setiap tahapannya secara hati-hati.


Alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Charger Aki

Untuk membuat sebuah barang tentu diperlukan alat berikut bahan-bahannya, tidak terkecuali charger aki mobil. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah di toko atau bengkel yang khusus menjual perlengkapan tersebut. Lalu, apa saja yang dibutuhkan? Berikut ini akan disebutkan:

1. Trafo

Peralatan pertama yang harus dipunya jika ingin membuat charger aki mobil yaitu sebuah trafo. Sebenarnya untuk apa? Alat ini dimanfaatkan untuk menurunkan arus listrik PLN, yang asalnya dari 220 volt diubah sesuai tegangan yang dibutuhkan. Sebenarnya tidak boleh sembarangan. Gunakan saja yang memiliki kapasitas maksimal 24 sampai 25 V untuk meminimalisir lilitan kabel.

2. Dioda

Alat kedua yang perlu disediakan adalah dioda. Yang paling tepat, gunakanlah dua kali lebih besar dari kapasitas trafo. Sebab jika menggunakan yang sama, dapat menimbulkan bahaya. Misal, 20 Ampere untuk trafo 20 A juga. Hal inilah yang harus dihindari oleh pengguna. Selain itu dapat menjaga charger agar lebih tahan lama.

3. Ampere Meter

Selain kedua alat tersebut, siapkan juga ampere meter. Mengapa harus menggunakan peralatan itu? Karena pengguna dapat memantau besarnya arus listrik yang masuk ketika melakukan charging. Pada bagian ini dilengkapi pula oleh lampu LED. Sebagai indikator proses pengisian daya dan menunjukkan apakah perangkaian sudah benar.


Cara Membuat Charger Aki

Setelah menyiapkan semua alat yang telah disebutkan di atas, sekarang adalah saatnya pengguna untuk melakukan perakitan. Sebaiknya simak penjelasannya baik-baik agar terhindar dari kesalahan. Cara membuat charger aki mobil ini tergolong mudah, hanya saja harus dilakukan secara hati-hati dan saksama.

1. Merakit Gulungan Primer

Pengguna harus tahu bahwa ada dua model yang biasa dirangkai. Pada kesempatan pertama ini, perlu melakukan perakitan gulungan primer dari charger. Terdapat dua kabel PLN yang harus dirakit. Terlebih dahulu, sambungkan secara langsung ke trafo 240 volt. Jika sudah tersambung dengan benar lanjutkan ke yang satunya.

Kabel kedua ini harus dihubungkan ke sekering. Ingat, lakukan secara hati-hati. Bagian ini terdapat pada output sekering menuju trafo yang terdapat tulisan berangka 6. Pastikan semuanya itu dirakit secara benar agar menghasilkan charger aki sesuai keinginan.

2. Tambahkanlah Ampere Meter

Perakitan yang dilakukan tadi sebenarnya sudah menghasilkan charger yang dapat digunakan untuk mengisi aki mobil. Namun jika tidak bisa dipakai, pengguna perlu menambahkan indikator berupa ampere meter. Proses pemasangannya adalah sebagai berikut:

  • Kabel bertanda plus (+) yang ada di dioda harus dihubungkan ke lambang (+) juga pada ampere meter
  • Selanjutnya adalah menyambungkan konektor ampere yang negatif menuju aki untuk melakukan pengecasan

3. Merakit Charger Untuk Dua Buah Aki

Model kedua ini berbeda dari sebelumnya, yakni cara perakitan charger yang bisa dipakai untuk mengisi dua aki sekaligus. Dan tentunya tanpa memakai switch. Langkahnya yaitu dengan memindahkan kabelnya. Selain itu trafo yang digunakan minimal 5 A untuk dioda berkapasitas 35 ampere.


Demikian penjelasan mengenai cara membuat charger aki mobil sendiri dengan mudah di rumah. Apabila ingin menekan biaya, sebaiknya merakit secara mandiri daripada membeli di toko dengan harga cukup mahal. Selamat mencoba!