Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memakai Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula

Buat orang yang baru memulai belajar mengendarai kendaraan roda empat, perlu sekali untuk membaca cara memakai mobil matic. Sebab cara ini lebih mudah daripada menggunakan yang manual. Pengguna tidak harus mampu mengatur kopling atau memindahkan gigi. Semuanya sudah dilakukan secara otomatis.

Para pengendara mobil matic tidak perlu keahlian khusus seperti halnya dalam manual. Cukup dengan menekan stop atau go, lalu mengubah gigi untuk melakukannya. Meski begitu, penting juga mengetahui aturan tertentu agar tidak ada hal-hal yang menimbulkan kecelakaan. Di bawah ini akan diberikan langkah-langkah yang harus diikuti saat menjalankan mobil matic, antara lain:

1. Buat Tuas pada Posisi P Atau Parkir

Bagi yang ingin bisa mengendarai mobil matic sendiri, harus memastikan bahwa tuas berada di posisi yang tepat. Sebelum dinyalakan, letakkan di bagian P atau bisa juga di N. Jangan sampai menempatkan pada R (reserve) karena kendaraan malah berjalan mundur. Setelah itu, putar kunci dan tuas dipastikan sudah benar.


2. Tunggu Indikator Bagian Muka Aktif

Setelah memasukkan kunci ke lubang dan memutarnya, pengguna dianjurkan untuk tidak langsung menghidupkan mesin. Tunggulah sampai indikator pada bagian muka sudah aktif atau menyala, yang mana ditandai dengan timbulnya suara. Nantikan juga jarum jam berputar. Jika sudah begitu, dapat menjalankannya.


3. Injaklah Pedal Rem Saat Menstater

Perlu diketahui, pada beberapa merk mobil ada yang mesinnya tidak dapat hidup jika pengguna tidak menyertainya dengan menginjak rem. Oleh karena itu, saat menstarter barengi juga dengan menekan pedal. Namun terdapat kendaraan tertentu yang tidak memerlukan hal tersebut. Jadi harus mengetahui jenis yang akan dikendarai.


4. Menekan Rem Saat Memindahkan Tuas

Cara memakai mobil matic berikutnya yaitu menekan pedal ketika memindahkan tuas dari P atau N menjadi R, bisa juga ke D. Lalu, injaklah rem pada persneling. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya risiko kerusakan yang akan timbul di mesin. Jadi, pengguna harus memahami betul tahapan ini.


5. Paham Fungsi Tuas Transmisi dengan Baik

Penting sekali bagi yang belajar mengendarai mobil jenis matic untuk memahami bagian-bagian pada persneling. Dalam pengatur transmisi ini terdapat beberapa kode yang dituliskan dalam bentuk huruf besar. Seperti yang sudah disinggung di atas, ada P, D, R, N, dan M. Agar dapat berkendara secara aman dan terhindar dari kesalahan memindahkan gigi, maka ketahuilah fungsi tuas transmisi itu.


6. Menggunakan Mode Berkendara

Pada bagian ini juga pengendara harus mengetahui jenis mobil yang digunakan. Karena ada beberapa yang menerapkan riding mode (berkendara). Apabila ingin lebih santai, bisa menggantinya ke ekonomis. Untuk meningkatkan performa mesin dapat mencoba mode sport dengan kecepatan lebih tinggi.


7. Gunakanlah Transmisi Manual

Meski dinamakan mobil matic, juga tersedia mode manual. Bukan dengan cara mengubah gigi dan menginjak kopling. Tetapi si pengendara hanya ditugaskan untuk memindahkan posisi pengatur transmisi menjadi manual. Hal itu ditandai menggunakan huruf M besar.

Untuk memindahkan gigi, cukup menggeser tuas ke kode plus (+) jika ingin menambah gigi. Kalau pengguna akan menguranginya, tinggal geser saja menuju minus (-). Agar bisa menggunakan mode manual ini, pengendara harus menginjak pedal remnya. 


Itulah cara memakai mobil matic yang harus diketahui sebelum mulai mengendarainya. Pastikan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan agar dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Jangan sampai ada kesalahan seperti keliru menginjak antara rem atau gas. Selain itu, tetaplah hati-hati ketika berkendara di jalan raya.