Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Ngecas Aki Motor 12 Volt, Jangan Sampai Salah!

Setiap kendaraan memiliki komponen aki sebagai bahan untuk menjalankan kendaraan. Aki terdiri dari aki basah dan aki kering yang perlu untuk dilakukan pengecasan agar dapat berjalan dengan optimal. Adakah yang tau berapa lama ngecas aki motor 12 volt yang tepat untuk dilakukan? Yuk simak, ulasan cara ngecas aki motor 12 volt yang tepat berikut ini:

1. Sumber Listrik Stabil

Salah satu cara yang perlu diketahui yaitu berasal dari sumber listriknya. Apabila ingin melakukan pengecasan aki pastikan sumber listrik stabil sehingga aki penuh. Sumber listrik yang putus-putus hanya akan membuat aki tidak terisi dan perlu untuk dilakukan pengecasan berulang. 


2. Daya Listrik Sesuai

Salah satu kesalahan yang sering terjadi pada seseorang saat melakukan pengisian aki motor yaitu ketidak sesuaian daya volt yang digunakan. Janganlah melakukan pengisian aki dengan daya yang terlalu besar. Karena hal tersebut hanya akan membuat aki cepat rusak.

Sebagian orang memang ingin akinya cepat terisi penuh dengan memberikan daya yang lebih besar. Sebenarnya untuk pengisian aki motor dengan daya 4,5 ampere cukup isi dengan daya 2 ampere. Untuk mengisi daya aki 12 volt maka lakukanlah dengan menggunakan daya yang tidak lebih dari 12 volt.


3. Kabel Sambungan Tepat

Beberapa orang awam yang ingin melakukan pengecasan aki motor terkadang mengalami kesalahan peletakan sambungan kabel terminalnya. Setelah beberapa waktu baru menyadari jika aki motor tidak terisi karena kesalahan sambungan. 

Setiap aki motor biasanya memiliki keterangan positif dan negatif pada bagian tubuhnya. Selain membuat aki motor tidak terisi, kesalahan peletakan sambungan kabel akan juga membuat dampak lain berupa konsleting listrik. oleh karena itu, selalu teliti sambungan kabel sebelum melakukan pengisian daya.


4. Cabut Ketika Selesai

Sesaat setelah mengisi daya aki motor secara penuh, janganlah lupa untuk mencabut sambungan kabel listriknya. Tidak mencabut sambungan bukan akan menambah daya aki motor malah akan membuat aki semakin rusak jika berkelanjutan dilakukan. Pastikan aki telah terisi penuh seperti terisi 12,5 volt. 

Tanda untuk melakukan pengecekan aki motor apakah penuh atau tidak dapat dilakukan dengan melihat lampu indikator yang ada pada bagian tubuh aki motor. Jika tidak terdapat lampu indikator maka dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan bagian samping aki apakah hangat atau belum.


5. Waktu Yang Sesuai

Pengecasan aki membutuhkan waktu yang sesuai agar terisi dengan penuh. Salah satu cara untuk melakukan pengecasan aki yaitu memilih lokasi yang sesuai seperti jauh dari jangkauan anak-anak. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak tidak dapat bermain dengan aki tersebut dan mengakibatkan suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu carilah tempat yang kering atau tidak terkena cipratan air.

Kemudian berapa lama ngecas aki motor 12 volt yang perlu dilakukan? Pengecasan aki motor dapat dilakukan dalam tenggang waktu tertentu. Seperti untuk aki dengan daya 4,5 ampere yang dicas dengan daya 2 ampere membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam agar penuh. Untuk aki motor dengan daya 12 volt yang dicas dengan daya 2 volt, maka membutuhkan waktu sekitar 18 jam.

Mengingat pentingnya waktu pengisian terhadap kualitas aki, pemilik motor bisa memasang alarm pada ponsel. Dengan begitu, ketika aki penuh, pengisian daya bisa langsung dihentikan. Hal ini juga dilakukan sebagai langkah pencegahan jika pemilik motor lupa kapan mengecas aki.


Nah, telah diketahui beberapa cara berapa lama ngecas aki motor 12 volt yang tepat untuk dilakukan. Lakukanlah pengecasan sesuai dengan prosedur yang dianjurkan agar aki tidak cepat melemah dan rusak. Jika telah rusak seperti itu, perlu penanganan lain yang lebih agar aki kembali normal.