Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beginilah Cara Merubah Speaker Aktif ke Aki Mobil

Setiap kendaraan roda empat biasanya dilengkapi output audio yang bisa digunakan untuk memutar radio atau mendengarkan musik. Namun banyak yang merasa belum puas dan memilih mencari cara merubah speaker aktif ke aki mobil guna memperoleh suara yang lebih bagus dan menggelegar.

Perjalanan akan menjadi nyaman jika diiringi lagu-lagu kesukaan. Oleh karena itu diperlukan speaker aktif yang bagus sebagai penunjang. Simaklah langkah-langkah berikut dengan saksama agar tidak terjadi kesalahan dan bisa menghasilkan audio sesuai keinginan, yaitu:

1. Siapkanlah Semua Peralatan

Sebelum masuk ke langkah-langkah pemasangan, pengguna harus mengetahui apa saja alat yang diperlukan untuk berperang. Pertama, sudah pasti menyiapkan power amplifier. Selanjutnya siapkan juga obeng kembang, tang potong, alat pengupas kabel, subwoofer, kunci berbentuk bintang, selotip berwarna hitam, pembuka listrik, dan kunci Sock T.


2. Pastikan Jarak Kabel Subwoofer Amplifier Pendek

Langkah selanjutnya yaitu memastikan bahwa jarak antara kabel subwoofer itu pendek. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemasangan. Karena amplifier bisa mengambil daya dari aki dalam jumlah cukup besar, maka pasang saja pada bagian chasis mobil. Pastikan juga ini dilakukan dengan benar dan tepat.

Apabila sudah memastikan kalau jarak kabel subwoofer tidak terlalu jauh, tahap berikutnya adalah menghubungkan semua kabel remote yang ada pada head unit. Selain itu, hubungkan pula kabel plus dengan aki di kendaraan roda empat. Sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun harus secara hati-hati agar mendapatkan audio sesuai yang diharapkan.


3. Sambungkan Head Unit Dengan Power Amplifier

Pada cara merubah speaker aktif ke aki mobil yang ketiga yaitu menyambungkan head unit dengan power amplifier. Langkah ini dikerjakan melalui output audio. Sampai tahap ini, semua harus dilakukan sesuai panduan pemasangan yang sudah dijelaskan. Jika dipastikan sudah benar tersambung, maka selanjutnya dapat menghubungkannya ke speaker dan subwoofer.

Lakukan dengan hati-hati dan pastikan pula kabel terpasang secara benar. Apabila sudah selesai, berikutnya pengguna bisa mengatur power pada speaker mobil agar mendapatkan suara bagus dan sesuai keinginan. Setting front speaker menggunakan High Pass Filter (HPF). Lalu tinggal hubungkan pada speaker mid range yang terletak di pintu samping.

Selain itu juga dapat melakukan pengaturan rear speaker memakai Low Pass Filter (LPF) untuk memperoleh audio terbaik. Jika sudah selesai, hubungkanlah output-nya dengan speaker out woofer yang memiliki ukuran sebesar 12 inchi.


4. Buat Head Unit dengan Power Amplifier Selaras

Langkah keempat dari proses ini yaitu menyelaraskan head unit dengan power amplifier. Hal ini bisa dilakukan dengan memakai sebuah remote. Selain mendapatkan suara yang bagus, penyelarasan memang dibutuhkan agar seluruh perangkat audio yang baru dipasang itu dapat dipergunakan secara lancar. 

Pada proses penyelarasan ini dapat diketahui bahwa saat head unit tidak menyala, maka power amplifier juga mengalami hal yang sama. Setelah itu, pengguna harus memastikan bahwa kabel remote power amplifier terhubung dengan sempurna pada power control. Apabila semua sudah fix, dapat disimpulkan kalau sistem kerja telah selaras.


5. Pasang Sekering dari Aki Mobil

Tahap terakhir dari proses ini yaitu memasang sekering dengan memberinya jarak sekitar 30 sentimeter dari aki mobil. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak mendapatkan gangguan yang disebabkan oleh panas mesin. Ketika telah terpasang secara rapi, amankan dengan mengikatnya menggunakan kunci sock T yang disiapkan tadi.


Itulah 5 cara merubah speaker aktif ke aki mobil yang bisa ditiru. Lakukan semua tahapan yang dijelaskan secara hati-hati agar tidak mengakibatkan kerusakan. Jika cara ini berhasil, maka pengguna bisa menikmati musik dengan nyaman melalui kabin kendaraan roda empatnya.