Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Tergores Dalam Paling Ampuh

Mobil merupakan salah satu aset paling penting yang sudah umum dimiliki oleh banyak orang. Jika mobil rusak bahkan sampai tergores dalam tentu menjadi mimpi buruk bagi pemilik mobil tersebut, terlebih lagi jika mobil itu adalah mobil baru. Perhatikan 6 cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam untuk mengatasi mobil yang tergores, antara lain:

1. Gunakan Kompon

Pada cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam yang pertama adalah menggunakan compound cat atau biasa disebut juga kompon cat. Kompon biasanya digunakan untuk melapisi lapisan cat kasar sesudah pengecatan badan mobil agar tampak lebih halus dan mulus. Kompon biasa dipasarkan dengan harga kisaran kurang lebih sepuluh ribu rupiah.

Penggunaan kompon bisa mengikis cat dan mengatasi cat mobil yang tergores. Cara penggunaan kompon cukup mudah, cuci area badan mobil yang tergores terlebih dahulu, kemudian dibasuh dengan kain kering dan mulai gosokkan kompon, gosokkan pelan-pelan sampai goresan semakin memudar.


2. Oleskan Obat Nyamuk Cair

Cara selanjutnya terbilang cukup unik yaitu oleskan obat nyamuk. Umumnya obat nyamuk berfungsi sebagai pengusir nyamuk tapi ternyata memiliki fungsi lain yaitu untuk mengatasi kerusakan mobil karena goresan. Hal ini karena obat nyamuk memiliki kandungan filler, kandungan filler ini memiliki fungsi menambal.

Pengaplikasiannya dilakukan dengan siapkan lap kering, lalu teteskan obat nyamuk cair ke kain kering, oles kain tersebut ke bagian goresan. Setelah dioleskan, ditunggu selama 20 detik, lalu segera bilas dengan air. Terus diulang sampai goresan semakin membaik.


3. Beri Olesan Minyak Pada Rem

Minyak rem merupakan komponen yang dibutuhkan untuk rem mobil. Minyak rem berfungsi untuk mengendalikan kecepatan mobil saat mobil bergerak. Selain berguna sebagai komponen rem mobil, minyak rem juga memiliki fungsi lain yaitu untuk perbaikan pada goresan mobil.

Saat menggunakan minyak rem harus berhati-hati dikarenakan pengolesan minyak rem ini harus pada bagian yang tergores saja. Jika teroles badan mobil yang mulus bisa terjadi kerusakan lain. Caranya oleskan minyak rem dulu, selanjutnya siram air dan basuh dengan lap kering. Lakukan kegiatan ini sampai goresan membaik.


4. Gunakan Amplas

Amplas berfungsi untuk memperhalus permukaan benda kasar. Jika ada goresan pada mobil juga bisa diatasi dengan amplas. Saat mengamplas harus berhati-hati untuk menghindari teramplasnya bagian yang mulus. 

Caranya ialah amplas bagian yang tergores secara perlahan-lahan sampai bagian mobil yang tergores sama rata. Tapi jangan sampai teramplas sampai bagian yang lebih dalam, cukup permukaannya.


5. Lakukan Cat Ulang Pada Badan Mobil

Jika sudah melakukan 4 cara di atas tetapi goresan pada mobil masih terlihat jelas, maka bisa diatasi dengan cat ulang badan mobil. Cara ini bisa dilakukan jika sudah mengamplas bagian mobil yang tergores. 

Jika sudah di amplas, bisa cat ulang badan mobil dengan mencampurkan cat dan thinner. Kemudian cat ulang hingga keadaan mobil jadi lebih baik. Untuk hasil maksimal, bisa cat ulang di bengkel mobil, agar kualitasnya terjamin.


6. Perbaiki di Bengkel

Cara yang paling aman dan terjamin adalah dengan service mobil di bengkel. Jika memiliki budget yang lebih dan ingin mengembalikan mobil yang sudah tergores menjadi mobil yang mulus seperti baru lagi bisa memperbaiki mobil di bengkel. Akan lebih baik lagi jika mobil masih memiliki asuransi sehingga bisa mendapatkan keringanan untuk perbaikan mobil di bengkel.


Itulah 6 cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam yang paling ampuh. Kecelakaan atau ketidaksengajaan tentu saja bisa menyebabkan goresan pada mobil. Goresan pada mobil tentu tidak enak dilihat dan tidak bisa dibiarkan. Untuk itu gunakan 6 cara diatas untuk mengatasi cat mobil yang sudah tergores.