Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Flasher Sein Motor LED yang Bagus Digunakan

Bagi sebagian orang, memodifikasi sepeda motor merupakan sebuah hobi yang sering dilakukan. Banyak yang bisa dimodifikasi dari motor, misalnya mengganti lampu sein, knalpot, atau body motor lainnya. Pada artikel berikut akan mengulas jenis flasher sein motor LED yang dapat digunakan untuk memodifikasi lampu sein. Tidak lupa alasan kenapa harus menggunakan lampu LED?

Kelebihan dari lampu LED dari pada bohlam yakni lebih tahan lama atau awet, sinarnya terang, cepat merespond dll. Lampu jenis ini sangat cocok untuk memodifikasi lampu sein agar lebih keren. Lampu sein harus menggunakan flasher agar lebih jelas saat mengisyaratkan akan belok kanan atau kiri. Berikut jenis flasher lampu sein:


1. Lampu Flasher CR7

Jenis flasher ini sangat banyak digunakan untuk memodifikasi lampu sein. Sebenarnya flasher ini tidak hanya bisa dipasang di lampu LED, tetapi juga di lampu sein jenis bohlam. Dengan menggunakan flasher CR7, lampu sein akan semakin jelas kedipannya sehingga akan membantu orang yag melihat saat akan belok ke kanan maupun kiri.

Pengguna sepeda motor juga bisa mengatur kedipan flasher ini berapa kali setiap menit. Flasher ini bisa menanggung lampu hingga 21 watt. Dimana bisa membeli flasher CR7 ini? Jangan khawatir, saat ini banyak toko yang menjualnya. Selain itu, lampu ini juga sudah tersedia di toko online seperti Shopee, Tokopedia, dll.


2. Flasher LED Standar

Berbeda dengan flasher CR7, flasher ini hanya bisa untuk tipe lampu LED saja. Jenis flasher sein motor LED ini lebih modern karena sudah tidak memakai kumparan maupun saklar untuk mematikan atau menghidupkan, tetapi sudah ada rangkaiannya sendiri dalam PCB. Praktis sekali bukan? Ingin membelinya?

Flasher ini sudah ada di toko-toko yang menjual alat-alat modifikasi motor. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal mulai dari 15 ribu sampai 30 ribu. Selain pada toko untuk motor, flasher LED standar sudah tersedia di penjualan online seperti toko pedia dan lain sebagainya. Ada berbagai jenis merk yang bisa dipilih, jadi pemilik motor bisa menyesuaikan flasher dengan motor.


3. Flasher M2

Jenis flasher ketiga adalah flasher M2. Jenis flasher ini juga banyak sekali peminatnya karena bisa diubah-ubah mode kedipannya. Flasher ini bisa menanggung beban sampai 20 watt. Karena jenis flasher ini bagus, harganya pun juga lumayan tinggi yaitu sekitar 100 ribu. Namun ada juga yang lebih murah, tergantung merknya.


4. Flasher Bawaan Motor

Flasher ini sudah tersedia semenjak pengguna membeli motor. Lampu flasher ada yang LED dan ada juga yang bohlam. Kalau dari pabrik biasanya sudah tersedia kumparan, saklar dan lain sebagainya. Di casing flasher biasanya juga sudah tersedia kecepatan kedipan tiap menit. Jika dirasa flasher bawaan ini sudah baik, maka tidak perlu dimodifikasi.


5. Flasher 3 Kaki

Kenapa disebut flasher 3 kaki? Seperti namanya, flasher ini mempunyai 3 kaki. Jenis flasher ini bagus digunakan untuk memodifikasi lampu sein karena flasher ini akan berkedip berapapun daya lampu yang menangungnya. Flasher ini sudah banyak diperjualbelikan, baik di toko offline maupun secara online.


Itulah lima jenis flasher sein motor LED yang cocok untuk memodifikasi motor. Saat akan memodifikasi lampu sein, sebaiknya perlu hati-hati dan mempertimbangkan resiko yang akan terjadi. Jangan sampai lampu sein tersebut justru akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Terlebih pengguna bisa diberi peringatan polisi karena telah mengganggu kenyamanan pengguna jalan.