Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghubungkan HP ke Head Unit Mobil, Bisa Dicoba Semua! 

Saat ini fitur dalam mobil telah dikembangkan oleh para seperti halnya kemudahan Hp terkoneksi dengan head unit mobil. Tentunya menjadi kabar baik bagi pengguna mobil saat melakukan perjalan jauh. Terlebih juga saat terjebak macet bisa sambil mendengarkan playlist lagu kesukaan atau menonton film. Berikut ini akan dipaparkan 5 cara menghubungkan Hp ke head unit mobil, antara lain:

1. Menghubungkan dengan Kabel Aux-In

Cara ini memang tergolong cara paling jadul. Pasalnya banyak orang telah menghubungkan data dari Hp melalui kabel Aux-In misalnya data berisi lagu. Kabel dengan ukuran kecil sekitar 35 mm. Untuk cara penggunaannya juga sangat simpel dan mudah ditiru. 

Caranya pengguna tinggal menghubungkan ujung kabel ini ke lubang Aux-In yang berada di head unit mobil. Lalu ujung yang lain ditancapkan pada Hp pengguna. Setelah itu pengguna bisa memilih lagu mana yang hendak diputar dari Hp.


2. Menggunakan Bluetooth

Menggunakan bluetooth sebagai cara menghubungkan Hp ke head unit mobil. Tentunya menjadi pilihan yang simpel dan tidak ribet. Hal ini karena tidak perlu lagi menghubungkan dengan kabel. Hanya dengan pemancar bluetooth. 

Cara koneksi ini tentunya juga sudah tidak asing lagi untuk Hp android di jaman sekarang ini. Selain tidak butuh kabel, menggunakan koneksi bluetooth juga bisa dilakukan untuk transfer data dengan kecepatan yang tidak mengecewakan. Kecepatannya kurang lebih 25 Mbps, jadi mendengarkan musik tidak lagi terganggu.


3. Melakukan Mirroring atau Miracast

Saat mudik atau perjalanan jauh lainnya, apa lagi saat membawa anak dalam mobil, anak-anak akan cepat bosan. Salah satu solusi mengatasi kebosanan tersebut yaitu menayangkan film kartun favorit. Jika harus membawa laptop atau Hp pasti tidak efektif karena jauh dari pengawasan orang tua.

Oleh karena itu pengguna bisa membagikan film dari Hp ke head unit mobil. Jadi, para orang tua juga lebih tenang karena bisa mengontrol tontonan apa saja yang diberikan kepada sang buah hati. Selain itu dengan menggunakan Mirroring, bentuk pengoperasiannya langsung menggunakan layar pada head unit mobil itu.


4. Menggunakan Kabel HDMI

Selanjutnya Hp dan head unit mobil bisa dihubungkan melalui kabel HDMI. Penggunaan fitur ini jauh lebih menarik dari fitur yang sebelumnya. Pasalnya dengan fitur ini mampu mentransfer baik audio atau video yang tidak terkompresi sebelumnya. Selain itu juga untuk transfer video sekaligus bisa ditampilkan pada layar mirroring.

Tips untuk pengguna yang hendak mencoba cara transfer data menggunakan kabel ini yaitu saat membeli pastikan ukuran konektor sesuai tipe port pada HDMI. Jika tidak, maka  kabel tersebut secara jelas tidak akan berfungsi dan tidak bisa untuk menyambungkan data.


5. Menghubungkan Pada Kabel USB

Cara menghubungkan Hp ke head unit mobil selanjutnya adalah melalui kabel USB. Cara ini juga lebih familiar. Selain itu juga paling mudah dan praktis. Pengguna tinggal menghubungkan Hp melalui kabel USB yang tersedia, mentransfer data juga akan lebih cepat. 

Port USB semacam ini memang cocok digunakan bagi pengguna yang suka menyimpan data baik lagu bahkan film di Hp. Namun, sayangnya tidak semua data bisa terbaca oleh port USB pada mobil. Sehingga hal ini tidak jarang membuat pengguna kabel USB menjadi leluasa.


Demikian itu cara menghubungkan Hp ke head unit mobil. Menghubungkan Hp ke head mobil ternyata ada banyak cara. Jadi, pengguna tidak usah panik jika salah satu tidak bisa dilakukan karena masih ada cara lain yang bisa digunakan. Perjalanan tidak akan menjenuhkan jika disertai mendengarkan podcast atau playlist favorit di mobil.