Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor Paling Ampuh

Speedometer menjadi salah satu aspek yang penting pada motor, dengan speedometer digital bisa mempermudah pengguna motor untuk melihat angka kecepatan motor dalam bentuk angka. 

Terkadang speedometer juga bisa rusak, jika angka tidak muncul pada speedometer, perlu dicurigai bahwa speedometer sudah rusak. Perhatikan 5 cara memperbaiki speedometer digital motor yang paling ampuh di bawah ini:


1. Memeriksa Kabel Speedometer

Rusaknya salah satu komponen speedometer bisa menyebabkan speedometer tidak bisa digunakan dengan baik, salah satunya kabel pada speedometer. Jika terlihat bahwa kabel speedometer putus, maka bisa menyebabkan speedometer tidak menyala. Terputusnya kabel bisa disebabkan karena ketidaksengajaan seperti tertarik saat mencuci motor.

Perbaiki kabel dengan cara periksa terlebih dahulu kabel speedometer, coba tarik kabel dan perhatikan apa kabel langsung putus atau masih kuat, jika terputus maka kabel harus segera diperbaiki. Pertama coba sambungkan kabel dengan lem kabel, jika sudah mencoba perbaiki menggunakan lem kabel tapi speedometer tetap tidak menyala, maka kabel speedometer wajib diganti.


2. Ganti Velg Baru

Velg motor atau disebut juga pelek roda berfungsi untuk menahan beban di ban motor. Berkat adanya velg motor ini motor bisa bergerak maju dan mundur. Meskipun berada pada posisi roda, kinerja velg motor ini juga bisa mempengaruhi kinerja dari speedometer. Jika Velg motor mengalami kerusakan bisa menyebabkan speedometer tidak bisa digunakan dengan baik. 

Hal ini dikarenakan velg yang tidak berfungsi seperti biasa, menyebabkan gear pada speedometer juga tidak bisa berputar seperti biasa, bahkan putaran gear bisa macet dan mengalami hambatan. Oleh sebab itu jika velg mengalami kerusakan, segera ganti velg yang baru untuk mencegah terjadinya kerusakan speedometer lebih lanjut.


3. Periksa Soket Speedometer

Jika sudah melakukan 2 cara diatas tapi speedometer masih tidak berfungsi, coba periksa terlebih dahulu soket speedometer. Soket juga salah satu komponen di speedometer. Jika kabel soket speedometer mengalami kerusakan, maka bisa mempengaruhi kinerja speedometer.

Segera periksa soket speedometer, saat memeriksa kabel soket, gunakan multitester sehingga pemeriksaan jadi lebih akurat. Jika kabel soket speedometer terputus, maka bisa membuat putaran kabel pada speedometer tidak bekerja secara maksimal, oleh sebab itu speedometer jadi kurang berfungsi dengan baik. Solusinya segera ganti soket pada speedometer.


4. Memeriksa Sekring Speedometer

Cara berikutnya dilakukan dengan memeriksa sekring speedometer. Cara memeriksa sekring speedometer ialah dengan buka cover sisi samping di bagian baterai motor, jika sudah dibuka periksa apakah ada kawat yang terputus atau tidak. 

Kawat yang terputus bisa menyebabkan tidak berfungsinya speedometer. Jika ada kawat yang terputus, kawat tersebut bisa disambungkan lagi agar speedometer bisa berfungsi normal lagi.


5. Bersihkan Gear Speedometer

Pada cara memperbaiki speedometer digital motor selanjutnya adalah segera bersihkan gear speedometer. Jika gear speedometer kotor dan berdebu bisa menyebabkan speedometer motor tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan putaran pada speedometer tidak bisa bekerja dengan maksimal karena kotornya gigi-gigi pada gear speedometer. Jadi segera bersihkan gear speedometer jika setelah diperiksa kotor.

Selain karena gear speedometer kotor, jika gear speedometer pada as roda sudah aus. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya perawatan ada gear speedometer, seperti jarang dibersihkan. Jika gear speedometer sudah aus, maka speedometer tidak bisa berfungsi dengan baik lagi, solusinya bisa mengganti gear speedometer yang baru.


Kelalaian dan kurangnya perawatan motor bisa mempengaruhi kinerja speedometer, buruknya juga bisa menyebabkan rusaknya speedometer. Motor jadi tidak bisa digunakan dengan baik jika speedometer mengalami kerusakan. Untuk itu selalu periksa kondisi motor, dan lakukan 5 cara memperbaiki speedometer digital motor diatas jika speedometer tidak bisa digunakan dengan baik.