Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk

Shock breaker adalah salah satu komponen motor yang dapat menjaga kenyamanan saat berkendara. Menjaganya tetap nyaman adalah sangat penting, karena menyangkut keamanan dalam berkendara. Sebenarnya ada cara membuat shock depan motor empuk demi menjaga keselamatan pengendara.

Sebagaimana yang diketahui bahwa shock breaker berfungsi meredam kejut akibat getaran yang disebabkan oleh benturan antara ban dan jalanan yang tidak rata. Cara kerjanya adalah menyerap dan meneruskan getaran serta menahan beban. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk membuat shock depan tetap nyaman, antara lain:

1. Mengatur Jumlah Oli

Standard banyaknya oli pada shock breaker sebaiknya ada pada kisaran 5cc. Jika melebihi kisaran itu, maka ruang kosong pada tabung shock breaker akan menyempit. Jika terjadi desakan maka cairan yang seharusnya dapat pindah semuanya keruangan lainnya menjadi bersisa dan menyebabkan shock braker akan terasa mati.

Jumlah oli seharusnya berada pada kisaran yang pas, yaitu tidak lebih atau kurang. Jika terlalu banyak, shock breaker akan menjadi bantet. Sedangkan jika terlalu sedikit, shock breaker akan menjadi lembek.


2. Mengatur Kekentalan Oli

Kekentalan oli juga patut diperhatikan. Beberapa pabrikan motor melarang penggantian oli karakteristik SAE-10 dengan oli lainnya. Kondisi kekentalan yang berbeda ditakutkan akan mempengaruhi kinerja shock breaker karena sulitnya oli untuk melalui lubang suling.

Banyaknya oli yang dipakai akan memperberat kinerja dari shock breaker. Hal ini akan mempengaruhi kinerja Shock breaker. Shock breaker menjadi tidak nyaman saat digunakan, karena akan terasa lebih keras dan berat.


3. Melakukan Garpu Suspensi Bengkok

Faktor kerasnya shock breaker mungkin ada pada garpu suspensinya. Kebanyakan sepeda motor menggabungkan garpu suspensi dengan as ban, suspensi, dan rem depan. Garpu suspensi dapat menetapkan parameter geometrik kritis dari garukan dan jejak roda. Hal ini bisa mempengaruhi handle dan tukikan saat pengereman.

Garpu suspensi yang bengkok akan mempengaruhi kinerja dari shock breaker. Terutama jika melalui jalanan berlubang. Garpu suspensi yang bengkok dapat menyebabkan bantingan keras dan berpotensi untuk patah. Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan. Solusi yang terbaik adalah dengan memeriksanya ke bengkel yang terpercaya.


4. Menyesuaikan Suling Shock

Cara membuat shock depan motor empuk berikutnya adalah bisa dengan menyesuaikan suling shock. Suling shock merupakan komponen yang berada di dalam garpu suspensi depan. Komponen ini bertugas untuk menahan laju oli yang terlalu deras sehingga getaran dapat diredam secara baik.

Kerasnya shock breaker mungkin saja disebabkan oleh aliran oli yang terlalu deras. Derasnya aliran oli mungkin saja dipengaruhi oleh suling shock yang terlalu besar. Memperkecil ukuran suling shock merupakan solusi terhadap cepatnya aliran oli. Semakin kecil suling shock, semakin lambat shock absorber bekerja.


5. Mengganti Per

Permasalahan shock breaker tidak empuk berikutnya dapat juga berasal dari jenis per yang digunakan. Jenis per setiap motor biasanya berbeda-beda tergantung pada merk. Tetapi per dengan uliran yang banyak dan rapat biasanya akan membuat shock breaker menjadi terasa lebih keras.

Penggantian per alternatif tidaklah boleh sembarangan. Pergantian per harus disesuaikan dengan panjangnya. Per alternatif haruslah sesuai panjangnya dengan per yang sebelumnya dipakai agar tepat dan tidak menekuk. Selain itu cobalah cari per dengan uliran agak renggang agar shock breaker terasa lebih empuk dan nyaman.


Demikian beberapa cara membuat shock depan motor empuk. Jangan mencoba cara diatas dengan sembarangan. Pastikanlah untuk mencobanya dengan didampingi orang yang lebih terlatih atau setidaknya lakukan di bengkel terpercaya. Perhatikan selalu faktor keselamatan. Kesalahan sedikit saja akan sangat berbahaya di jalanan.