Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Minyak Rem Motor yang Bagus

Pengendara motor yang baik adalah pengendara yang selalu mengingat kondisi sepeda motornya. Rem adalah salah satu bagian yang perlu diperhatikan demi keselamatan berkendara. 

Memastikan menggunakan minyak rem motor yang bagus adalah salah satu upaya untuk peduli pada keselamatan diri sendiri.

Ada banyak jenis minyak rem yang beredar di pasaran. Tapi tak jarang minyak rem yang ditemukan justru minyak rem yang berkualitas buruk dan membahayakan keselamatan. Artikel kali ini dibuat untuk merangkum apa saja minyak rem yang bagus dan juga berkualitas.

1. Megacools Oil

Pertama ada Megacools oil. Minyak rem ini dapat dipakai pada sistem rem ABS, cakram, dan tromol. Kandungannya terdiri dari Glycol Ether dan Polyalkylene Glycol. Megacools oil memiliki sifat antioksidan dan anti karat yang tentunya sangat baik untuk pemeliharaan rem.

Harga Megacools oil sangat murah, yaitu di sekitar enam ribu rupiah. Tentu saja ini adalah harga yang sangat ramah di kantong untuk sebuah pelumas berkualitas. Pelumas ini dapat dengan mudah ditemui. Tersedia di beberapa marketplace seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.


2. Bosch

Rekomendasi kedua minyak rem motor yang bagus ada pada Bosch. Minyak rem ini dikatakan baik karena kemampuannya mengontrol tingkat kelembapan udara. Sifat higroskopisnya mampu menyerap kelembapan dan dapat mencegah terjadinya “Vaspor Lock” akibat uap air yang terperangkap.

Bosch cocok untuk jenis rem hidrolik, tetapi tidak cocok dengan sistem rem yang menggunakan oli mineral. Maka dari itu sebelum membeli pelumas ini, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu jenis rem yang digunakan. Bosch dapat dibeli dengan harga sekitar 57.000 rupiah.


3. Prestone

Sama seperti pada point pertama, Prestone dapat digunakan pada rem dengan sistem ABS, cakram, dan tromol. Memiliki tingkat titik didih yang tinggi, sehingga dapat bekerja maksimal pada pengereman dengan tingkat suhu yang tinggi. Mampu mencegah terjadinya penguapan dan pembentukan karat.

Untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, ada baiknya untuk menguras dan mengganti minyak setiap 5000 km atau sekitar satu tahun sekali. Kurangilah terkena paparan sinar matahari langsung untuk mempertahankan kualitas. Prestone memiliki isi sekitar 300ml dengan harga sekitar 21 ribu rupiah.


4. Fuso

Minyak rem ini tidak hanya dapat dipakai pada motor tetapi pada mobil juga. Fuso dapat dipakai pada sistem rem cakram dan tromol. Minyak rem Fuso memiliki titik didih yang tinggi melebihi standar minyak rem pada umumnya. Mampu mencegah penguapan dan karat.

Fuso memiliki harga sekitar enam puluh ribuan, dengan volume isi 964ml. Tentu saja harga yang cukup setimpal dengan volume isi yang berlimpah. Fuso juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai marketplace online seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain.


5. STP

Rekomendasi terakhir pada artikel kali ini adalah minyak rem STP. Minyak rem ini memiliki teknologi Activgard yang dapat membantu pengereman menjadi lebih pakem dan aman. Titik didih dapat mencapai 265° sehingga dapat tahan panas akibat gesekan dari sistem rem.

STP memiliki formula khusus yang dapat menjaga dan memperpanjang umur dari sistem rem. Untuk menjaga performa dari rem, disarankan untuk selalu memeriksa dan mengganti minyak rem setiap 2000 km atau satu tahun. STP memiliki harga pasaran berkisar 10 ribu rupiah.


Demikianlah beberapa rekomendasi dari minyak rem motor yang bagus. Semoga rekomendasi ini dapat menjadi inspirasi bagi pecinta motor untuk menentukan minyak rem yang akan digunakan. 

Jagalah selalu kondisi rem dan perhatikan keselamatan. Berkendaralah dengan baik demi lindungi diri sendiri dan orang lain.