Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilihan dan Perpaduan Warna Cat Motor Yang Serasi

Warna motor umumnya dipilih berdasarkan warna favorit penggunanya. Namun menurut riset, setiap warna memberi dampak psikologis tersendiri loh. 

Pemilihan warna yang tepat akan menghasilkan perpaduan warna cat motor yang serasi dan sesuai dengan karakter penunggangnya. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan terkait perpaduan warna motor :


Pemilihan Warna Dasar Motor

Pertama, pikirkan warna yang diharapkan mendominasi tampilan motor. Warna dasar ini akan menentukan karakteristik utama motor. Pilih warna menurut karakter yang ingin ditampilkan. 

Pastikan pula warna tersebut sesuai dengan selera tentunya. Berikut 3 warna dasar yang umum ditemui pada motor dan karakteristiknya:

1. Hitam

Banyak motor yang menggunakan warna hitam sebagai warna dasar pada motor. Bisa dibilang, warna ini mendominasi. Hitam memancarkan aura kontradiktif. 

Sebab disatu sisi warna hitam merupakan simbol glamor, sedang dilain sisi hitam mempresentasikan kesederhanaan juga misteri. Pengaplikasian warna hitam pada motor memberikan karakter canggih, kokoh, namun simple.

2. Merah

Seperti sudah umum diketahui, warna merah melambangkan keberanian. Merah juga mempresentasikan agresivitas, kegembiraan, serta kekuatan. Merah termasuk warna hangat, mampu membangkitkan emosi tapi juga dapat memunculkan ketenangan. 

Perpaduan warna cat motor yang serasi menggunakan warna dasar merah berpotensi menjadikan motor sebagai pusat perhatian.

3. Biru

Warna biru identik dengan laut atau langit. Secara psikologis, warna ini mampu meredam emosi dan menenangkan pikiran kalut. Warna biru dianggap melambangkan loyalitas, kesetiaan, kepercayaan juga ketulusan. Pengaplikasian warna biru menimbulkan karakter nyaman serta tenang pada motor.  


Pemilihan Warna Padanan

Jika warna dasar telah ditentukan, selanjutnya tentukan warna lainnya sebagai padanan agar motor tampak lebih hidup dan menarik. Pengguna dapat memadukan 2 warna atau lebih untuk dikombinasikan pada motor. 

Namun perlu diperhatikan padanan warnanya agar menghasilkan perpaduan warna cat motor yang serasi. Berikut beberapa contoh pandanan warna yang pas :

1. Padanan Warna Dasar Hitam

Hitam adalah warna primer yang bersifat netral sehingga cocok dipadankan dengan bermacam warna. Padanan warna yang paling sering ditemui yaitu hitam putih. Warna gelap yang dikombinasikan dengan warna terang seperti ini akan membuat motor tampak menarik tapi juga terasa nyaman.

Warna hitam juga akan tampak serasi ketika dipadankan dengan merah, coklat, hijau, juga biru. Paduan warna hitam dan merah pada motor akan menampilkan kesan berani. Sedangkan jika dikombinasikan dengan biru akan menampilkan kesan tenang.

2. Padanan Warna Dasar Merah

Ketika warna dasar merah dipadankan dengan pink, akan menampilkan kesan berani dan feminim. Pilihan perpaduan warna ini sangat pas untuk rider wanita yang ingin memunculkan sisi feminis pada motornya. 

Untuk mendapatkan kesan ceria, kombinasikan warna merah dengan biru. Untuk motor outdoor, padanan warna merah dengan kuning akan tampak pas.

Selain cocok dipadankan dengan ketiga warna diatas, merah juga sangat pas ketika dipadankan dengan warna hitam atau putih. Pilihan lain, merah tampak serasi jika dipadankan dengan warna coklat, silver, abu, hijau, hingga ungu dan orange.


3. Padanan Warna Dasar Biru

Warna biru yang dingin akan aman jika dikombinasikan dengan hitam atau putih yang bersifat netral. Jika ingin menambahkan kesan hangat pada tampilan motor, padukan dengan warna terang. Misalnya dengan warna berani seperti merah, warna kuning yang ngejreng, atau bahkan warna orange dan pink.


Warna memiliki kombinasi yang tak terbatas. Namun untuk mendapatkan perpaduan warna cat motor yang serasi sebaiknya perhatikan karakteristik serta harmoni warnanya. Yuk segera berkreasi dengan motor masing-masing.