Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Kunci Motor Macet Termudah

Pernah mengalami kejadian kunci motor seret saat diputar atau ditancapkan pada lubang kontaknya? Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi pengguna motor. 

Apalagi jika sedang tergesa ingin ke suatu tempat. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Pada tulisan ini akan membahas cara mengatasi kunci motor macet atau seret yang perlu diketahui.

Sebenarnya apa saja yang menyebabkan kunci motor susah diputar? Pertama, motor sudah lama tidak dipakai atau kelamaan di dealer dan jarang dipanasi. 

Selain itu, saat hujan air masuk ke lubang kontak sehingga debu-debu dalamnya akan terkena air dan lama-lama akan mengering dll.  Berikut adalah cara untuk mengatasi kunci motor yang seret:

1. Gunakan Cairan Khusus

Menggunakan cairan khusus atau penetran menjadi cara mengatasi kunci motor macet yang pertama. Salah satu sebab dari kunci susah digerakkan di lubang kontak adalah banyaknya debu kering yang menempel. 

Debu itu lama kelamaan akan semakin banyak jika tidak dibersihkan. Gunakan cairan penetran seperti WD40 untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Caranya yaitu semprotkan secukupnya cairan tersebut ke dalam lubang kontak. Tunggu sampai kotoran atau debu keluar. Selain itu, semprotkan juga ke lubang jok untuk membersihkan debu di sana. 

Setelah itu, coba masukkan kunci ke lubang kontak tersebut dan lihat hasilnya. Jika dilakukan secara berkala tetapi rutin maka akan lebih bagus.


2. Memakai Cairan Oli

Tidak memiliki cairan penetran? Jangan risau karena cairan penetran bukan satu-satunya pembersih untuk mengurangi debu atau kotoran. Cairan yang direkomendasikan kedua adalah oli. 

Namun sebaiknya menggunakan oli yang baru agar lubang kontak tidak semakin kotor. Lalu, bagaimana cara membersihkan menggunakan oli agar kunci tidak tidak macet atau seret lagi?

Pertama, lumati kontak motor dengan oli yang baru secara merata kemudian masukkan ke lubang kontak. Jika sudah digerak-gerakkan tetapi masih agak terasa seretnya maka tuang oli baru tersebut ke lubang kontak. 

Lalu coba lagi memasukkan kunci dan putar-putar. Ulang beberapa kali jika kunci masih sedikit sulit digerakkan.


3. Memakai Minyak Goreng

Ada cara lain nih selain menggunakan cairan penetran atau oli baru, yaitu menggunakan minyak goreng. Namun harus menggunakan minyak goreng yang baru, ya. 

Sebab jika menggunakan minyak goreng bekas justru akan semakin membuat lubang kontak kotor sehingga kunci semakin seret saat diputar. Cara menggunakannya sama seperti memakai oli baru.


4. Menggunakan Air Bersih

Cara mengatasi kunci motor macet keempat menggunakan air bersih biasa. Step ini merupakan cara paling mudah dan murah. 

Cukup menyemprotkan air ke lubang kontak maka lubang akan menjadi bersih dan kunci motor tidak macet lagi. Namun perlu dingat bahwa cara ini hanya berlaku jika lubang kontak kotor hanya karena debu.


5. Membawa ke Tempat Servis

Jika cara nomor satu sampai lima tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya dibawa ke tempat orang yang lebih paham. Jangan memaksakan mengatasi sendiri karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Bawa ke tempat bengkel atau tempat servis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Itulah lima cara mengatasi kunci motor macet yang bisa digunakan referensi. Cara di atas bisa digunakan untuk jenis motor apapun. 

Sebaiknya setelah membeli motor, kunci dan lubang kontak selalu dibersihkan dan dipelihara agar lancar saat digunakan. Setiap kali servis, pengguna bisa meminta kepada petugas agar lubang untuk kontak dibersihkan.