Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Arti Tune Up Motor Terlengkap

Kini, motor menjadi kendaraan yang hampir dimiliki setiap orang untuk menemani berbagai aktivitas sehari-hari. Namun, jika berbicara perawatan, mungkin hampir sebagian pemilik belum memberikan perawatan yang maksimal. 

Salah satunya melakukan tune up motor. Apa arti tune up motor? bagaimana melakukannya? Untuk menjawab rasa penasaran itu, mari simak informasi berikut ini!


Apa yang Dimaksud Tune Up?

Untuk yang belum memahami arti tune up motor, ada baiknya pahami terlebih dahulu istilah tersebut. Salah satu bentuk perawatan untuk motor yang sangat penting dilakukan. 

Motor yang digunakan secara terus-menerus tentunya akan memicu berbagai perubahan pada kendaraan motor. Perubahan inilah yang bisa memberikan dampak buruk pada motor.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan melakukan tune up motor yang bisa menjadikan performa motor sesuai standar. Setiap perubahan yang terjadi pada motor hendaknya bisa kembali pada performa awal. Perubahan bisa saja terjadi pada beberapa sektor, seperti mesin ataupun filter udara.

Pada dasarnya proses tune up sangatlah penting dilakukan. Performa motor yang sering digunakan sehari-hari akan mengalami perubahan. Untuk bisa kembali pada performa awal dibutuhkan tune up secara berkala. Maka dari itu untuk merawat motor dengan baik, proses ini penting untuk diperhatikan. 


Bagian Apa Saja yang Harus di-Tune Up?

Setelah mengetahui arti tune up motor, ada baiknya untuk mengetahui bagian apa saja yang harus di-tune up. Setiap kendaraan motor harus dilakukan pengecekan pada beberapa komponen, untuk selanjutnya dilakukan tune up. Lalu, bagian apa saja yang harus dicek?

  • Sektor mesin. Lakukan pengecekan pada kualitas oli, busi, filter udara, karburator, dan filter bensin.
  • Sektor chasis. Cek bagian kemudi motor, rantai roda, ban, velg, kampas rem, minyak rem, roller dan oli garden pada jenis matic.
  • Sektor transmisi. Lakukan pemeriksaan pada tingkat ketegangan aki, pengisian motor, pengapian motor, klakson dan lampu. 


Kapan Waktu yang Tepat untuk Tune Up?

Selanjutnya, harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan tune up. Pemahaman terhadap arti tune up harus menyeluruh dengan informasi terkait, sehingga akan mudah dilakukan. Untuk melakukannya pun tidak boleh sembarangan, ada waktu yang tepat untuk melakukannya. 

Waktu yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal. Adapun waktu yang tepat yaitu motor yang intervalnya mencapai 2.000 kilometer. Umumnya, interval tersebut dicapai dalam waktu sekitar 3 bulan. Jadi, waktu yang tepat untuk melakukan tune up yakni sekali dalam 3 bulan. 

Selain itu, waktu yang tepat melakukan tune up ketika terdapat beberapa kondisi yang tidak baik pada komponen motor. Hal ini mencakup masalah mesin motor, tenaga yang berkurang, motor yang susah dihidupkan, dan semacamnya. 


Manfaat Tune Up untuk Motor

Melakukan tune up motor tentunya memberikan manfaat yang baik untuk motor. Manfaat utamanya yaitu mengembalikan performa standar motor. Selain itu, mesin motor akan memiliki kondisi yang baik serta terjaga keawetannya. 

Tune up juga akan membantu menjaga kondisi mesin tetap baik. Jika perawatan ini dilakukan secara rutin, maka kendaraan motor pun akan terhindar dari rusak yang parah. Hal ini tentunya akan meningkatkan kenyamanan setiap penggunanya. 


Demikianlah ulasan singkat terkait arti tune up motor serta informasi terkait. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan. Hal tersebut akan menjadi bekal untuk bisa menjaga kendaraan motor tetap terjaga dengan perawatan yang tepat dan rutin.