Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 6 Kelemahan Motor Gesits Sebelum Membeli

Pada tahun 2018, salah satu perusahaan di Indonesia merilis motor Gesits. Motor Gesits merupakan sepeda motor listrik dengan model skuter matic pertama di Indonesia. 

Tapi sebelum membeli motor Gesits, ketahui dulu 6 kelemahan motor Gesits agar tidak menyesal setelah pembelian :

1. Ada Batasan Jarak Tempuh

Layaknya motor biasa, motor Gesits juga memiliki batasan jarak tempuh karena energi yang dibutuhkan untuk motor ini sendiri adalah listrik. 

Untuk sekali pengisian, motor ini dapat mengisi baterai hingga 72 volt dan 20 Ah. Dan dalam sekali pengisian baterai, motor bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 50 km.

Jadi saat menggunakan motor untuk jarak tempuh yang jauh tentu akan ada keresahan sendiri karena takut baterai motor habis ditengah jalan. Jadi jika ingin menggunakan motor Gesits harus memperhitungkan jarak tempuh yang akan dilalui. 

Kapasitas baterai pada motor Gesits bisa diperbesar, jadi dalam sekali tempuh bisa sampai 100 km. Tapi biaya penambahan baterai ini juga cukup besar, yaitu sekitar 7 juta rupiah.


2. Sulit Menemukan Fasilitas Pengisian Baterai

Meskipun Motor Gesits sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2019, tapi fasilitas pengisian baterai motor listrik ini sendiri masih jarang ditemukan. 

Tidak seperti fasilitas pengisian bahan bakar minyak yang bertebaran di pinggir jalan di Indonesia. Masih sulit menemukan tempat pemberhentian untuk mengisi baterai motor.

Jika sedang menempuh jarak jauh dengan motor Gesits sendiri, akan sulit untuk mengisi baterai jika baterai sudah mulai habis. Ditambah lagi pengisian baterai motor listrik ini juga cukup memakan waktu. 

Untuk sekali pengisian baterai hingga penuh perlu menghabiskan sekitar 3-4 jam. Dan jika sedang dalam perjalanan jauh tentu hal ini akan memakan waktu yang cukup banyak.


3. Sulit Menemukan Bengkel Resmi

Selain sedikitnya fasilitas pengisian baterai, bengkel resmi dan toko sparepart untuk motor listrik di Indonesia juga masih sulit ditemukan. Terutama bengkel resmi untuk perbaikan baterai yang menjadi kunci utama dalam pemakaian motor Gesits ini. 

Hingga saat ini baru terdapat 14 cabang bengkel motor Gesits yang ada di Indonesia. Hal ini masih terbilang sedikit mengingat negara Indonesia sangatlah luas.


4. Ada Batasan Beban pada Motor

Selain adanya batasan jarak tempuh, kelemahan motor Gesits yang lainnya adalah adanya batasan beban pada motor. Motor ini hanya dapat menampung beban sebesar 120 kg. Jadi sebelum menggunakan motor ini perlu diperhatikan penumpang motor tidak boleh melebihi berat 120 kg. 

Selain itu kapasitas penyimpanan pada motor ini juga kecil. Pada bagasi motor hanya bisa menyimpan satu buah jas, mengingat motor ini membutuhkan tempat yang lebih untuk menampung baterai.  


5. Berbahaya jika Terkena Banjir

Perusahaan kendaraan listrik tentu sudah mempertimbangkan permasalahan ini. Tentunya motor Gesits sendiri aman digunakan jika dalam kondisi hujan ataupun basah. Tapi perlu diingat juga kondisi banjir di Indonesia biasanya sangat parah. 

Bahkan di beberapa kesempatan badan motor hampir tenggelam jika kondisi banjir sangat parah, hal ini bisa merusak komponen listrik pada motor. Jadi sebelum membeli juga perlu mempertimbangkan kondisi banjir di sekitar.


6. Harga Tergolong Mahal

Jika dibandingkan dengan motor yang banyak diperjualkan pada umumnya, motor Gesits yang merupakan motor listrik bisa dibilang memiliki harga yang mahal. Untuk 1 motor Gesits bisa dibandrol dengan harga kurang lebih 27 juta. 

Jika dibandingkan dengan motor biasa, motor Gesits lebih mahal 3 kali lipat. Jadi perlu pertimbangan yang banyak sebelum membeli motor yang satu ini.


Meskipun motor Gesits dikenal lebih ramah lingkungan karena menggunakan daya listrik yang bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, tapi motor Gesits juga memiliki beberapa kekurangan. 

Jadi sebelum membeli motor Gesits, pertimbangkan terlebih dahulu 6 kelemahan motor Gesits diatas. Tentunya agar tidak salah pilih saat pembelian nanti.