Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Cara Memperbaiki Body Motor yang Lecet Parah

Salah satu momok yang paling menakutkan bagi pecinta roda dua yakni baret atau lecet pada kendaraan kesayangan. Mengetahui cara memperbaiki body motor yang lecet parah penting agar para pengguna tidak bingung apabila kendala semacam ini terjadi.

Ada banyak faktor penyebab, mengapa motor bisa mengalami lecet parah. Seperti diantaranya, karena jatuh, bersenggolan dengan pemotor lain, baret saat parkir dan lain sebagainya. 

Beruntungnya, cara memperbaiki motor lecet ternyata cukup mudah, bahkan bisa dicoba sendiri di rumah. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa dipraktekkan :

1. Mengatasi Baret Menggunakan Pasta Gigi

Mungkin terdengar sepele dan sedikit aneh, namun nyatanya pasta gigi mampu menjadi salah satu alat untuk menyamarkan baret pada kendaraan bermotor. Hal pertama yakni bersihkan dahulu bagian motor yang lecet lalu gunakan pasta gigi secukupnya.

Fungsi pasta gigi disini juga sebagai media amplas. Jika sudah, gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas pakai. Apabila telah selesai, bilas bagian tersebut dengan air bersih beberapa kali. Pengguna bisa mengulangi proses yang sama 3-4 kali hingga lecet tidak terlihat lagi.


2. Menggunakan Nano Ultra N2

Selanjutnya, cara memperbaiki body motor yang lecet parah juga bisa dicoba yakni dengan menggunakan cairan bernama Nano Ultra N2. Hal pertama yang perlu dilakukan yakni membersihkan bagian lecet dari segala kotoran ataupun debu yang menempel, kemudian aplikasikan cairan ini.

Nano Ultra N2 mampu melindungi dan menyamarkan baret hingga 70%. Tidak hanya itu, cairan ini juga berfungsi untuk melindungi permukaan body dari sinar matahari serta melindungi lapisan cat sehingga terlihat lebih mengkilap. 

Tidak hanya itu, cairan ini juga dapat menekan adanya jamur pada kendaraan.


3. Memperbaiki Baret Menggunakan Compound

Penggunaan compound cukup membantu apabila lecet pada permukaan body yang terlihat dalam. Pertama yakni tentu saja dengan membersihkan bagian yang terlihat lecet. Lalu amplas bagian tersebut dengan perlahan.

Amplas dapat digunakan apabila baret tergolong ringan, namun jika lecet cukup parah kombinasikan dengan compound. Caranya, setelah diamplas berikan compound di bagian tersebut. 

Kemudian gosok perlahan dengan bantuan kain halus sampai bekas amplas hilang. Lakukan secara berulang hingga bekas compound juga tidak kelihatan.


4. Samarkan Goresan dengan Scratch Remover

Pecinta motor patut mencoba cara memperbaiki body motor lecet parah dengan mencoba menghilangkannya dengan scratch remover. Pengguna bisa membeli dan menemukan scratch remover di toko online atau beberapa e-commerce ternama.

Penggunaannya sangat mudah, yakni dengan hanya mengoleskan cairan ini pada permukaan yang baret secara merata. Kemudian gosok bagian tersebut dengan bantuan kain microfiber. Silahkan ulangi proses yang sama untuk memperoleh hasil terbaik.


5. Menggunakan Fix It Pro

Mengapa harus risau jika ada teknik gampang guna menghilangkan lecet untuk kendaraan bermotor hanya menggunakan sebuah alat bernama Fix It Pro. Alat ini mampu menyamarkan baret di body kendaraan bermotor bahkan sampai lecet tidak terlihat sama sekali.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, sebab alat ini berbentuk seperti spidol dan tinggal mengaplikasikan pada bagian yang lecet. Fix it pro dapat diaplikasikan pada baret di atas permukaan cat pada bahan besi maupun plastik. Sifatnya permanen serta dapat dipakai untuk segala jenis warna cat.


Kendaraan seperti halnya motor menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Adanya baret atau lecet pada kendaraan tentu akan mengganggu penampilan kendaraan itu sendiri. 

Itulah sebabnya mengapa sebagai pecinta motor harus mengetahui cara memperbaiki body motor yang lecet parah. Hal ini bertujuan agar di kemudian hari apabila memiliki kendala sama tidak lagi risau.