Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indikator Rusaknya Regulator dan Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual

Sebagian pengguna mobil pasti pernah mengalami kesulitan dalam menaikkan atau menurunkan jendela mobil. Tentu sangat menyebalkan bukan? 

Jangan terburu-buru untuk membawa ke bengkel, siapa tau itu hanya kerusakan ringan. Namun, bagaimana jika yang rusak regulatornya? Pada tulisan ini akan membahas penyebab dan cara memperbaiki regulator kaca mobil manual.

Apa saja indikator yang menjadi penyebab regulator rusak? Indikator pertama yaitu kaca sulit naik turun saat dioperasikan. Ada bunyi keras saat menurunkan maupun menaikkan kaca jendela juga merupakan indikator regulator sudah tidak baik. 

Jika sudah ada tanda-tanda seperti itu, segera cek apa yang terjadi pada regulator. Berikut penyebab dan step memperbaiki regulator?


Penyebab Regulator Mulai Melemah

Sebenarnya apa regulator itu? Regulator yakni salah satu alat pada mobil yang berguna untuk menggerakkan kaca mobil agar dapat turun maupun naik. 

Jika regulator mulai melemah maka kaca mobil juga tidak bisa digerakkan. Hal ini akan sangat mengganggu saat melakukan sesuatu, misalnya saat membayar parkir, pembayaran saat isi bahan bakar dll.

Lantas, apa saja faktor penyebab melemahnya fungsi regulator. Pertama, mobil yang sering digunakan. Jika sering digunakan otomatis sering juga membuka maupun menutup jendela. Hal itu akan memperberat kerja regulator karena sering melakukan kerja. 

Penyebab kedua yakni jendela bagian bingkai ada karatnya. Tidak menutup kemungkinan ini dapat terjadi karena kurang perawatan.

Penyebab selanjutnya yakni kotoran dan debu menumpuk. Hal ini biasa terjadi jika mobil jarang dicuci. Apalagi setelah hujan tidak dilap, sudah dapat dipastikan debu yang menumpuk akan menjadi kering sehingga menempel pada bingkai maupun kaca. 

Jika sudah seperti itu, regulator akan cepat rusak karena lebih keras dalam melakukan aktifitas.


Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual

Sebenarnya satu-satunya cara memperbaiki regulator pada kaca adalah dibawa ke bengkel dan diganti baru. Namun, jika hanya sekedar merawat maka bisa dilakukan secara mandiri. 

Sebaiknya sejak membeli mobil, perawatan-perawatan dari hal kecil dilakukan agar dapat meminimalisir kerusakan yang bisa terjadi pada regulator. Berikut adalah cara merawat atau memperbaiki kaca mobil :

1. Membersihkan Kaca

Step ini merupakan cara paling mudah dilakukan oleh semua pengguna mobil. Mudah dan tentunya tidak membutuhkan biaya. Saat membersihkan kaca mobil sebaiknya menggunakan sabun khusus untuk kaca. 

Lap dengan kain bersih dan lembut seperti kanebo. Dengan rutin membersihkan kaca maka akan memperingan kerja regulator sehingga kerusakan bisa diminimalisir.

2. Rutin Mengecek Motor Power Window

Sebenarnya, apa itu motor power window? Alat ini merupakan penggerak regulator yang nantinya untuk menggerakkan jendela mobil. Cara mudah untuk mengecek motor power ini yakni mendengarkan dengan seksama suara motor. 

Jika tidak ada suara apapun, bisa dipastikan motor penggerak tersebut rusak. Dengan begitu secara otomatis regulator juga tidak berfungsi.

3. Cek Regulator

Mengecek regulator adalah cara terakhir yang harus dilakukan sebelum mobil di bawa ke bengkel. Ada dua jenis regulator ini, yaitu regulator kabel dan regulator gerigi. Indikator regulator gerigi rusak yakni gigi gerigi mulai tumpul dan aus. Untuk regulator kabel biasanya akan putus.


Itulah faktor penyebab dan cara memperbaiki regulator kaca mobil manual yang fungsinya mulai melemah. Perlu diingat kembali satu-satunya cara terbaik memperbaiki alat tersebut yakni dengan mengganti yang baru. 

Karena semakin tua umur regulator, semakin jelek juga fisik dan fungsinya. Oleh karena itu sebelum rusak sebaiknya pengguna melakukan perawatan yang terbaik.