Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri dan Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Agar Tahan Lama

Bagi pengguna mobil, istilah fuel pump sudah tidak asing lagi. Fuel pump yaitu salah satu unsur sistem pada mobil dan biasanya sebagai saluran bahan bakar menuju injektor. 

Lalu, bagaimana jika fuel mobil rusak? Berikut akan mengulas tanda-tanda fuel pump rusak dan cara memperbaiki fuel pump mobil yang harus diketahui.

Apa saja penyebab fuel pump rusak? Mobil yang sering dipakai menjadi salah satu penyebabnya. Mesin kotor yang jarang dibersihkan, jenis bahan bakar kurang baik, mesin yang sudah tua dan lain-lain juga jadi sebab masalah tersebut. Berikut ini adalah indikator fuel pump melemah dan cara memperbaikinya:


Indikator Fuel Pump Mobil Mulai Lemah

Indikator pertama fuel pump rusak yaitu mobil sulit distarter atau dinyalakan. Ini terjadi karena fuel pump yang berguna membawa bahan bakar menuju injektor tidak berfungsi lagi. 

Alhasil bahan bakar tidak sampai ke injektor. Fuel pump ini tersumbat oleh kotoran-kotoran, bisa dari endapan bahan bakar maupun yang lainnya.

Ciri yang kedua yaitu suara pompa semakin lemah. Saat menstater mobil, coba perhatikan dan dengarkan baik-baik. Jika bunyi tangki melemah maka itu menandakan bahwa fuel mobil sedang tidak baik. 

Selain itu, di beberapa jenis mobil memiliki indikator berupa nyala lampu. Lampu itu akan akan menyala jika ada unsur mesin yang mengalami masalah.

Tanda selanjutnya adalah sekring fuel pump gosong bahkan putus. Dimana letak sekring tersebut? Sekring tersebut terletak di bagian samping aki. 

Jika ada bekas terbakar, gosong, bahkan putus berarti dapat dipastikan ada problem di fuel pump. Oleh karena itu, pemilik mobil harus sering mengecek sekring untuk memastikan.


Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Agar Tahan Lama

Dari beberapa ciri kerusakan di atas, ada baiknya jika fuel pump segera dibenahi. Setelah membeli, sebaiknya fuel sering diperhatikan dan dirawat guna meminimalisir adanya kerusakan. 

Namun, jika sudah terjadi kerusakan maka ada baiknya dibawa ke bengkel atau tempat servis untuk mendapatkan penanganan yang terbaik. Berikut cara memperbaikinya:

1. Cek Semua Komponen Fuel Pump

Pemeriksaan ini meliputi relay fuel, wiring harness, dan ketahanan fuel. Relay fuel menjadi saklar yang berguna untuk menyalurkan aliran listrik. 

Jika tidak terjadi problem pada relay fuel, cek di bagian wiring harness. Sebab, di bagian ini mudah terjadi sebuah korsleting listrik. Untuk ketahanan, bisa dicek di terminal fuel.

2. Jangan Sampai Tangki Bahan Bakar Kosong

Untuk pengguna mobil, sebaiknya segera melakukan pengisian sebelum tangki benar-benar kosong. Supaya fuel pump tidak cepat rusak, sebaiknya tidak membiarkan bahan bakar di bawah seperempat tangki. 

Jika bahan bakar kosong, kotoran akan tersedot dan tentunya dapat menyebabkan fuel pump rusak. Hal itu harus dihindari.

3. Kuras Secara Teratur Tangki Bahan Bakar

Membersihkan atau menguras tangki adalah salah satu step membersihkan fuel. Mengapa demikian? 

Menguras atau membersihkan tangki ini bertujuan agar kotoran yang mengendap tidak ikut tersedot ke fuel pump sehingga fuel pump tidak terlalu berat dalam bekerja. Membersihkan tangki ini akan lebih baik jika dilakukan enam bulan sekali.


Itulah tanda-tanda dan cara memperbaiki fuel pump mobil yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik sebaiknya mobil diserviskan. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat mobil agar semua unsur mesin seperti fuel pump tidak mengalami kerusakan. Semoga artikel ini bisa berguna.