Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Untuk Membuat Poster di PC Mudah, Hasil Memuaskan!

Poster ada di banyak tempat dengan berbagai ukuran. Tujuan adanya poster ialah untuk media informasi dan promosi kegiatan atau isu terkini. Haruslah menarik dan jelas adalah salah dua kriteria poster. 

Dibutuhkannya media ini di hampir semua bidang menjadikan beragamnya pilihan aplikasi untuk membuat poster di PC. Mulai dari membuat poster yang detail hingga praktis. Kira-kira apa saja aplikasi tersebut? Simak poin-poin berikut:


1. Coreldraw

Sobat perfeksionis boleh merapat! Coreldraw membantu merancang untuk membuat poster dari awal; menentukan ukuran poster, memberi garis, menginsert gambar, menggunakan font pilihan sendiri, hingga mengeksportnya ke kualitas yang berbeda. Nilai lebih menggunakan Coreldraw adalah poster yang dihasilkan unik, karena tak banyak yang menyamai. Kesulitannya adalah perlunya tutorial bagi pemula untuk memaksimalkan tools yang tersedia.


2. Adobe Photoshop

Fitur membuat poster di aplikasi ini tak seluwes di Coreldraw dan dikenal sebagai aplikasi edit foto, namun poster yang sederhana dapat dibuat di Photoshop lho. Perancang poster dapat memanfaatkan menu Open untuk mengunggah gambar, pastikan formatnya JPG ya, serta Type Tool untuk menambahkan teks. Gunakan fitur Color dan Swatches untuk mewarnai teks agar poster tak polosan.


3. Canva

Pengguna aplikasi berbasis online atau web ini terus meningkat, karena desainer poster pemula pun bisa menghasilkan poster yang profesional. Perancang perlu login untuk bebas mengakses fitur yang disediakan aplikasi asal Australia ini. Terdapat 8 fitur utama, pilih Template agar tak susah lagi memikirkan bentuk poster yang diinginkan. Istimewanya ada menu Audio dan Video, jadi poster tak lagi statis atau dicetak, tapi bisa juga berbentuk digital. Selesai mendesain, pilih menu Unduh untuk menyimpan desain poster.


4. Blockposter

Aplikasi untuk membuat poster di PC yang satu ini khusus gambar saja yang nantinya dicetak. Berguna untuk fans yang ingin mencetak gambar idolanya, cukup unggah gambar dan tentukan ukuran poster. Jangan lupa download poster yang sudah dibuat, cetak, dan tempel di dinding kamar. Betul, memang sesimple itu. Ditambah lagi, pengguna tak perlu membuat akun apapun di web aplikasi ini. Menariknya adalah pengguna bisa mengirimkan hasil jepretan terbaik mereka untuk nampang di menu Gallery web Blockposter.


5. Venngage

Ada 200 lebih pilihan template poster yang nantinya pengguna bisa mengubah suai gambar dan tulisan yang ada. Terdapat 4 tema poster yakni event, holiday, research, dan scientific. Selain poster, Venngage juga menyajikan templates untuk kartu nama, sertifikat, dan lainnya. Perancang poster diwajibkan memiliki akun di aplikasi web ini, dapat pula memilih akun gratis atau berbayar. Venngage digunakan sederet merk ternama seperti Forbes, airbnb, hingga Google.


6. Genially

Aplikasi ini sudah memiliki 7juta lebih pengguna di 190 negara. Hasil poster yang dibuat di Genially berupa digital, sehingga bisa hemat kertas cetak, deh. Kelebihan lainnya, aplikasi ini punya fitur animasi untuk tiap media grafis yang akan dihasilkan oleh perancang. Tak tanggung-tanggung, Genially bisa untuk membuat video game, pastinya diperuntukkan bagi pengguna yang mahir di bidang desain.


7. Picmonkey

Bukanlah aplikasi gratis, namun pengguna diberi waktu seminggu untuk mencoba aplikasi ini secara bebas. Tak ada ruginya juga punya akun berlangganan di Picmonkey, karena ia punya lebih dari 50 pilihan media, baik untuk bisnis maupun perkontenan. Khusus untuk poster, templates yang disajikan sangat elegan dan customizable alias dapat diedit lagi sesuai keinginan.


8. Pixteller

Sudah ada 2juta lebih desain yang dibuat di aplikasi online ini, wah! Tak masalah jika desainer tidak punya gambar sendiri untuk dipasang di posternya, karena Pixteller menyediakan sejuta gambar ilustrasi. Pengguna diminta untuk mendaftar akun di aplikasi tersebut, serta merupakan aplikasi berbayar yang lebih ramah di kantong dibanding aplikasi online berbayar lainnya.

Poster cetak maupun digital, sama-sama perlu perhatian extra dalam mendesainnya. Selain akan dilihat banyak orang, poster yang apik tentunya memberi kesan baik pula bagi tempat kerja desainernya. 8 aplikasi untuk membuat poster di PC tersebut memudahkan desainer di banyak bidang. Pekerja yang tak punya latar belakang keahlian desain pun dapat terbantu. Selamat berkreasi!