Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Memotong Rantai Motor Mudah Dipraktekkan

Motor memang menjadi kendaraan yang sampai saat ini masih digunakan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. 

Namun, masih sedikit orang yang paham bagaimana perawatan dan motor misalnya saat rantai mulai kendor. Berikut ini akan dipaparkan cara memotong rantai motor mudah dipraktekkan oleh semua kalangan :

1. Melepaskan Rantai Terlebih Dahulu

Tentunya sebagai cara memotong rantai motor yang pertama adalah melepaskan rantai dari motor. Langkah ini akan mempermudah proses selanjutnya. Selain itu juga bagian rantai lebih jelas terlihat. Setelah melepasnya pemilik motor bisa menentukan seberapa panjang rantai yang hendak dipotong.


2. Menentukan Berapa Jumlah Mata Rantai yang Dipotong

Dilakukan sebelum melakukan pemotongan rantai. Tentunya harus mengetahui berapa banyak mata rantai atau panjang rantai yang hendak dipotong. Lebih mudahnya, untuk menentukan hal ini pengguna mengukur pada bagian gear motor. 

Kemudian pemilik bisa menempatkan baut as roda belakang pada posisi yang paling depan. Lalu pasang rantai, maka dengan itu akan diketahui berapakah banyak mata rantai yang harus dilepas. Jangan lupa memberi tanda agar tidak salah potong.


3. Menyiapkan Alat Gerinda untuk Cara Manual

Rantai motor adalah salah satu bagian yang penting pada sebuah motor. Oleh karena itu, saat bagian ini bermasalah tentunya akan berdampak ketidakstabilan kinerja motor. Tips ini cocok dipraktekkan bagi yang low budget untuk pergi ke bengkel. 

Cara manual ini dilakukan dengan alat berupa gerinda. Pastikan alat tajam karena akan dipergunakan dalam memotong pin mata rantai. Hal ini dilakukan supaya rantai lebih cepat terlepas setelah bagian mata rantainya terpotong.


4. Menyiapkan Besi dan Palu 

Setelah dirasa sudah tepat dan pas, saatnya eksekusi agar rantai terpotong. Sebelumnya siapkan juga alat tambahan berupa palu dan besi. Alat ini dipergunakan sebagai cara paling manual jika hendak memotong rantai. 

Caranya letakkan gerinda tadi di bidang datar. Lalu mata rantai yang sudah diberi tanda tadi diletakkan tepat pada lubang baut. Tidak lupa untuk meletakkan juga besi diatas mata rantai. Selanjutnya gunakan palu untuk memukul besi tersebut. Layaknya sedang mencongkel mata rantai tersebut. 

Setelah beberapa saat dengan pukulan, palu tersebut pasti akan terlepas bagian rantainya. Kemudian langkah selanjutnya adalah menahan bagian bawahnya. Tentunya menggunakan mur yang ukurannya 12 mm atau 14 mm. 


5. Boleh Juga Menggunakan Chain Breaker 

Jika pengguna kesulitan menggunakan gerinda, bisa menggunakan alat bernama Chain Breaker. Penggunaan alat ini dirasa lebih mudah saat membantu memasang atau melepaskan mata rantai. Alat ini juga mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan motor.

Untuk cara menggunakan alat ini sendiri, pengguna bisa langsung meletakkan alat ini pada bagian pin rantai motor. Usahakan letaknya yang sesuai agar tidak salah potong. 

Jika sudah, putar bagian ujung alat sehingga akan menimbulkan tekanan dari sisi yang lain. Setelah itu pasti bagian yang dikehendaki akan langsung terpotong.


6. Menyambung Kembali Rantai

Jika proses pemotongan sudah selesai maka pemilik bisa menyambungkan kembali rantai tersebut. Pada proses ini baik jika dilakukan secara manual maupun dengan alat. Jangan lupa untuk memberikan semacam pelumas rantai untuk perawatan dan agar rantai lebih awet.


Demikian itu cara memotong rantai motor mudah dipraktekkan oleh semua kalangan. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika belum bisa ke bengkel atau berada di perjalanan yang jauh dengan bengkel. Pasalnya dengan skill dasar tersebut masalah memotong rantai motor bisa lebih cepat teratasi.