Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuka Kunci Mobil Avanza yang Tertinggal di Dalam Tanpa Merusak

Seringkali dianggap sepele, namun kunci yang tertinggal di mobil dapat menimbulkan masalah besar jika tidak ditangani dengan baik. 

Meski tak disengaja, pemilik pastinya akan merasa kesal sebab kendaraan harus dibobol secara paksa. Adapun banyak alternatif cara membuka kunci mobil avanza yang tertinggal di dalam tanpa merusak bagian penting lainnya.

Penyelesaian persoalan ini memang membutuhkan trik khusus dan ketelitian supaya tidak terjadi kerusakan pada bagian pintu seperti kabel. Dimohon pembaca selalu memperhatikan segala permasalahan baru yang timbul apabila terjadi kesalahan saat mencobanya. 

Berikut lima cara mudah dengan barang-barang sederhana supaya mobil dengan kondisi terkunci dapat dibobol :

1. Bola Tennis

Pertama, siapkan bola tenis yang dilubangi berukuran kecil kurang lebih berdiameter 0,5 cm menggunakan obeng yang telah dipanasi. Bola diposisikan persis di depan lubang kuncinya, lalu tangan menekan dengan cepat hingga bola kempes. 

Jika gagal, langkah sebelumnya bisa diulangi dan pastikan bahwa udara mendorong tepat pada lubang kunci pintu mobil.

Namun, cara ini tergolong tidak biasa sebab hanya diterapkan pada model mobil yang tipe lubang kunci konvensional. Bola tenis tersebut difungsikan untuk pompa pendorong udara pada lubang kunci tersebut. 

Bermodalkan sebuah lubang saja, kunci dapat terbobol berkat udara yang masuk mendorong pengait sehingga pintu terbuka.


2. Congkel Pengait Pada Pintu

Buka terlebih dulu pintu dari bagian tengahnya, namun harus diingat trik ini dapat diakali juga dengan diaplikasikan pada pintu lain. Cara membuka kunci mobil avanza yang tertinggal di dalam kali ini dapat dilakukan pada Avanza maupun Xenia. 

Selanjutnya, buka karet yang ada di sekat pintu, pastikan tidak terlipat sebab rentan terjadi kerusakan.

Lalu, pemilik bisa mengintip sela-sela antara kaca pintu mobil, dimana terletak plastik yang terkait dengan besi ke kunci pintu. Bengkokkan ujung kawat kecil untuk mengaitkan pembatas pintu dan karet yang melapisinya.  

Geser perlahan kawat sampai tuas tersentuh, rasakan pergerakannya, lalu ditarik ke atas hingga bersuara klek.


3. Memakai Penggaris Logam 

Pakai penggaris tipis berbahan logam untuk membobol pintu mobil dalam keadan kunci didalamnya dengan mudah dan praktis. Langkah awalnya ialah melepas karet bawah di samping kaca agar memudahkan proses masuk besi penggaris ke pengaitnya. 

Pemilik setidaknya harus memasukkan sekitar 60 hingga 80 cm lalu geser penggaris hingga panelnya tersentuh.

Sembari menekan pegangan pintu, temukan penghubung yang apabila ditekan dengan penggaris akan naik terus seperti pegas.  

Saat ketemu maka tekan langsung secara kuat sembari pegangannya ditarik, ulangi jika terjadi kegagalan. Memang perlu kesabaran ekstra untuk melakukannya, langkah ini juga bisa diterapkan mobil tipe keyless.


4. Memakai Bantal Berpompa

Gunakan bantal berpompa dengan bantuan stik khusus yakni didorong secara paksa ke sela-sela pintunya agar bisa dibuka.  Langkah tersebut bisa juga diaplikasikan semua mobil dengan model kunci keyless atau konvensional. 

Cukup mudah bukan? Hanya bermodalkan peralatan sederhana namun berhasil membuat banyak orang kagum.


5. Menggunakan Seutas Tali

Sediakan seutas tali yang dibuat simpul, lalu tali tersebut dimasukkan perlahan lewat sudut kecil pintu bagian atas. 

Tarik tali hingga kunci pintu terbuka dan handle bisa ditarik dengan baik, jika sudah masuk ke dalam tombol kunci. Meski trik lawas namun cara tersebut sering berhasil pada mobil bermodel kunci konvensional tepatnya yang berada diatas trim.


Itulah lima pilihan cara membuka kunci mobil avanza yang tertinggal di dalam sehingga tak usah khawatir lagi saat pintunya terkunci. 

Memang permasalahan ini seringkali membuat kesal pemiliknya mobil sebab menghambat kegiatan. Meski demikian pemilik haruslah tenang dan memilih salah satu trik yang sesuai dengan model kunci pada mobilnya.