Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[No title]

Originalitas atau keaslian suatu barang yang dibeli merupakan prioritas bagi semua konsumen. Apalagi jika suatu barang dibeli secara online yang sebelumnya hanya melihat gambarnya saja. Saat ini banyak pembeli yang kecewa lantaran barang tidak sesuai atau ternyata barang yang dibeli kw. Berikut 5 aplikasi cek barang original yang sedang viral. Dijamin akan membantu cek keaslian dan originalitas barang yang akan dibeli.


1. (Q) Scanner – Barcode Scanner

Aplikasi cek barang original yang pertama adalah QR Scanner. Biasanya pada barang yang dijual dipasaran pasti terdapat yang namanya barcode. Terletak di bagian bawah wadah barang atau produk. Barcode tersebut bisa di scan  menggunakan aplikasi QR Scanner. Maka akan muncul detail produksi dari barang tersebut.

Mulai dari nama perusahan, tahun produksi, tipe produksi, warna, hingga harga. Detail keterangan yang dikeluarkan bisa membantu pembeli mengetahui bahwa barang tersebut original atau asli. QR Scanner bisa diinstal melalui Hp sehingga lebih mudah dan praktis untuk digunakan oleh semua pembeli.


2. Authentic Guards ­– Cek Produk Dengan Teknologi

Aplikasi mobile  yang dibuat oleh anak bangsa ini saat ini sedang banyak diminati. Pasalnya aplikasi ini mampu menilai keaslian suatu produk dengan tingkat akurasi yang tinggi. Saat ini sudah banyak data perusahaan dan produk yang telah dijadikan bahan pembanding terhadap produk yang akan diuji.

Aplikasi Authentic Guards juga menggunakan stiker hologram khusus untuk menguji keaslian suatu produk. Motivasi dari anak pembuat aplikasi ini karena banyaknya konsumen saat ini yang kecewa karena produk yang diterima tidak asli. Authentic Guards juga memberikan detail informasi guna membantu konsumen yang ingin melakukan complaint dan product knowledge.


3. Entrupy – For Your Bag

Bagi para pecinta tas kali ini ada aplikasi Entrupy. Aplikasi yang akan membantu mengecek tingkat originalitas sebuah tas yang dibeli. Sudah banyak perusahaan tas branded  yang bekerja sama dengan aplikasi ini. Tujuannya agar data produk perusahaan dapat dicocokkan dengan barang konsumen. Membantu mengurangi adanya kecurangan pasar tas dalam menjual tas yang original.

Aplikasi Entrupy dapat diinstal melalui smartphone dan dapat diunduh di Play Store. Aplikasi ini sangat menarik tentunya melihat banyaknya tas tas kw atau tiruan yang beredar di pasaran. Melalui aplikasi ini, para pecinta tas branded tidak perlu khawatir akan ditipu ketika membeli tas.


4. CertiEye

Selain barang kebutuhan sehari hari, ada aplikasi untuk cek keaslian emas. Aplikasi itu adalah CertiEye milik Antam. CertiEye bertujuan untuk mengecek keaslian dan keamanan emas batangan Antam. Dikarenakan emas batangan sedang naik peminatnya,perusahaan Antam membuat aplikasi ini untuk mengecek keaslian produknya. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini melalui smartphone. Selanjutnya tinggal menscan kode barcode  yang ada di emas batangan. Maka akan muncul detail apakah emas tersebut asli atau tidak.


5. ShopSavvy

Sama seperti aplikasi QR Scanner, aplikasi ShopSavvy berguna untuk mengecek keaslian barang menggunakan kode barcode. Aplikasi Shopsavvy diinstal di Hp, kemudian tinggal di scan melalui kamera aplikasi. Maka akan muncul detail keterangan bahwa produk yang discan tersebut asli atau tidak muncul juga detail produksinya. Seperti nama perusahaan produksi, nama barang, kode barang, tahun produksi, hingga harga pasaran.

Demikian 5 rekomendasi aplikasi cek barang original versi penulis. Tentunya masih banyak aplikasi dan cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian barang yang dibeli. Saran penulis lebih baik beli di toko asli atau Official Store agar produk yang kita beli terjamin keasliannya.