Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaikin RAM yang Bermasalah

 RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting untuk pengoperasian laptop maupun komputer. Tetapi, jika sudah cukup lama digunakan, biasanya muncul beberapa masalah.

Seperti, perangkat sering mati mendadak saat digunakan atau kadang-kadang kamu mengalami blue screen. Dari kedua masalah tadi, bisa disebabkan karena kondisi RAM.

Pengguna komputer atau laptop juga seringkali menemukan perangkat mereka mengeluarkan suara ‘beep‘ saat dinyalakan. Hal ini juga pertanda kondisi RAM kamu sedang ada kendala.

Untuk mengatasi masalah RAM pada komputer atau laptop kamu secara mandiri, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini :

Atur Posisi RAM

Bagi pengguna komputer atau laptop yang kartu RAM-nya bisa dibongkar-pasang, salah satu solusinya adalah mengatur kembali posisi RAM. Biasanya, kamu akan menemukan soket khusus yang ada di motherboard CPU komputer atau laptop.

Kamu bisa melepasnya sementara lalu memasangkannya kembali ke soket yang tersedia. Kamu juga wajib memastikan kartu RAM sudah terpasang sempurna dan tidak goyang sama sekali.

Kemudian, kamu sudah bisa nyalakan kembali komputer atau laptop seperti biasa.

Bersihkan Kartu RAM

Jika cara yang pertama masih belum berhasil, mungkin alternatifnya kamu bisa membersihkan kartu RAM dari debu dan kotoran yang menempel. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu membersihkannya menggunakan kuas kecil atau magic gel.

Selain dua alat tersebut, kamu juga bisa menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi alkohol atau tiner agar sela-sela kartu RAM lebih bersih.

Sebagai catatan, kamu perlu membersihkan kartu RAM sampai ke bagian kuningannya, karena biasanya di bagian tersebut banyak debu dan kotoran yang menempel sehingga mempengaruhi performa kinerjanya.