Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuota Internet Gratis

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melanjutkan bantuan kuota internet yang diperuntukkan bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen guna menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tahun 2021.




Bantuan kuota belajar gratis dari Kemendikbud akan disalurkan setiap tanggal 11 sampai 15 mulai bulan Maret sampai Mei 2021 mendatang, yang mana kuota tersebut berlaku selama 30 hari setelah subsidi kuota tersebut diterima.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa bantuan kuota internet gratis kali ini berbeda dari bantuan yang sebelumnya. Hal ini dilakukan demi memaksimalkan penggunaan subsidi kuota tersebut.

Jika subsidi sebelumnya pembagian kuota terbagi menjadi kuota belajar dan kuota umum, untuk subsidi kuota kali ini hanya terdiri dari kuota umum saja.

Jadi di tahun 2021, kita akan memberikan kuota namun dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi, kuota ini adalah kuota umum, jadinya dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi. -Nadiem Makarim

Artinya, bantuan kuota internet 2021 dapat digunakan untuk seluruh sumber informasi di internet yang relevan untuk pembelajaran. – Nadiem Makarim

Walaupun pemerintah telah membuat subsidi kuota internet lebih fleksibel, namun tetap ada pengecualian untuk beberapa website dan aplikasi. Selain itu, Nadiem menjelaskan website yang tidak berkaitan dengan pembelajaran seperti Facebook, TikTok, Twitter, hingga Instagram masih tetap diblokir.

Daftar website dan aplikasi yang diblokir di atas, bisa saja bertambah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Lebih lanjut, Nadiem menyampaikan banyak masyarakat yang ingin supaya YouTube bisa diakses dengan menggunakan subsidi kuota dari pemerintah. Alasannya dikarenakan banyak orang yang menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran. 

Tetapi, karena sekarang Kuota Umum, YouTube sudah termasuk dan bisa digunakan, karena kami mendengar dari banyak guru dan murid bahwa materi pembelajaran ada di YouTube juga. Ini jadi kabar gembira, walaupun volume GB tidak sebesar sebelumnya, tetapi penggunaannya jadi lebih fleksibel. – Nadiem Makarim

Rincian Kuota Internet

Berikut perbedaan subsidi kuota internet dari Kemendikbud sebelumnya dan yang akan disalurkan saat ini :

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Jika sebelumnya siswa PAUD mendapatkan subsidi kuota internet dengan total 20GB, yang terdiri dari 5GB kuota umum dan 15GB kuota belajar. Sedangkan untuk subsidi kuota internet saat ini menjadi 7GB per bulannya.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Jika sebelumnya siswa pendidikan dasar dan menengah mendapatkan subsidi kuota internet dengan total 35GB, yang terdiri dari 5GB kuota umum dan 30GB kuota belajar. Sedangkan untuk subsidi kuota internet saat ini menjadi 10GB per bulannya.

3. Pendidik Jenjang PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah

Jika semua guru untuk jenjang mulai dari PAUD, SD, SMP, dan SMA sebelumnya mendapatkan subsidi kuota internet dengan total 42GB, yang terdiri dari 5GB kuota umum dan 37GB kuota belajar. Nah, untuk subsidi kuota saat ini menjadi 12GB per bulannya yang bisa dikantongi oleh para guru.

4. Mahasiswa dan Dosen

Terakhir, sebelumnya mahasiswa dan dosen mendapatkan subsidi kuota internet dengan total 50GB dengan rincian 5GB kuota umum dan 45GB kuota belajar. Untuk pembagian subsidi kuota kali ini keduanya mendapatkan kuota sebanyak 15GB per bulannya.

Syarat untuk Menerima Subsidi Kuota Internet

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi penerima subsidi kuota data internet ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi, antara lain sebagai berikut :
  • Peserta Didik PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: terdaftar di aplikasi Dapodik; dan memiliki nomor ponsel yang aktif atas nama peserta didik/ orang tua/ anggota keluarga/ wali.
  • Pendidik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan memiliki nomor ponsel aktif.
  • Mahasiswa: terdaftar di PPDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree); memiliki nomor ponsel aktif.
  • Dosen: terdaftar di PPDikti dan berstatus aktif; memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan memiliki nomor ponsel aktif.

Cara Cek Kuota Internet

Bagaimana sih cara mengecek sisa subsidi kuota internet agar bisa dipakai secara maksimal? Nah, berikut ini cara mengecek sisa kuota internet dari berbagai provider atau operator :

Tri (3)

Bagi pengguna operator Tri (3) ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa kuota internet.
  • Pertama : Buka menu “Call atau Panggilan” kemudian ketik *123*10*3#. Nantinya kamu akan mendapatkan SMS mengenai berapa sisa kuota internet kamu.
  • Kedua : Melalui aplikasi Bima+, nantinya kamu akan melihat berapa sisa kuota internet kamu pada halaman utama.
  • Ketiga : Kirim SMS dengan format “INFO KUOTA” lalu kirim ke 234.

XL Axiata dan Axis

Bagi pengguna XL Axiata dan Axis ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa kuota internet. Cara pertama dengan menggunakan layanan USSD. Adapun langkahnya sebagai berikut :
  • Buka menu “Call atau Panggilan”.
  • Ketik *123*7*1#.
  • Pilih “Cek Kuota”.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan informasi mengenai sisa kuota internet kamu melalui SMS.
Cara lain yang juga bisa kamu lakukan dengan mengeceknya melalui aplikasi myXL bagi pengguna XL atau AxisNet bagi pengguna operator Axis.

Smartfren

Bagi pengguna Smartfren ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa kuota internet.
  • Pertama : Melalui aplikasi MySmartfren, lalu buka menu “Paket Saya”.
  • Kedua : Buka menu “Call atau Panggilan”, kemudian ketik *995#. Nantinya kamu akan mendapatkan SMS yang berisi sisa kuota internet kamu.
  • Ketiga : Kirim SMS dengan format “CEK” lalu kirim ke 995.

Telkomsel

Untuk pengguna Telkomsel ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa kuota internet. Cara yang pertama melalui aplikasi MyTelkomsel lalu pilih menu “Internet”. Nantinya kamu akan melihat daftar kuota yang kamu miliki saat itu.

Cara kedua dengan menggunakan layanan USSD, adapun langkahnya sebagai berikut :

  • Buka menu “Call atau Panggilan”.
  • Kemudian ketik *888#.
  • Pilih “Status dan Cek Kuota”.
  • Pilih lagi “Cek Kuota”.
  • Nantinya kamu akan menerima informasi sisa kuota internet melalui SMS.

Indosat Ooredoo

Terakhir, bagi pengguna Indosat Ooredoo ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek berapa sisa kuota internet yang kamu miliki. Cara pertama bisa melalui aplikasi myIM3, kemudian masuk ke beranda aplikasi, pilih menu “Data”.

Cara kedua bisa menggunakan layanan USSD, adapun caranya sebagai berikut :
  • Buka menu “Call atau Panggilan”.
  • Lalu ketik *123*075#.
  • Pilih “Status dan Cek Kuota”.
  • Nantinya kamu akan menerima informasi sisa kuota internet melalui SMS.