Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaku Penghinaan Terhadap Lagu Kebangsaan Indonesia Babak Belur Dihajar Orang Tidak Dikenal?


waktukecil.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengemukakan, telah terjadi penghinaan terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh youtuber asal Malaysia. Kini, pihaknya sudah melaporkan kepada polisi setempat dan masuk dalam investigasi.

"Berdasarkan laporan KBRI KL, pihak kepolisian Malaysia sedang melakukan investigasi hal ini. (Investigasi) kemarin," ujar Teuku, Minggu (27/12/2020).

Kasus tersebut mengemuka saat terdapat video Lagu Indonesia Raya dilecehkan dengan menghina Presiden Jokowi dan Soekarno, yang diduga dibuat di Malaysia. Konten tersebut berisikan pkesetan lagu dengan kalimat yang kotor, serta gambar animasi yang tak pantas.

"Kita tunggu hasil investigasi ya," ucapnya.

Video penghinaan Indonesia Raya itu diunggah dalam akun Youtube. Salah satu warganet yang mengunggah video penghinaan terhadap lagu Indonesia Raya ialah saluran YouTube Sultan Alvator dengan judul ‘Indonesia Raya with Instrumental & Lyrics Reupload dari channel Asean channel MY’.

Dia juga menuliskan sebuah caption “Indonesia Raya with Instrumental & Lyrics.mp4 Reupload dari channel Asean channel MY”.

Selain itu, akun jejaring media sosial Twitter @Aryprasetyo85 juga mengunggah video yang sama. Melalui kicauannya, dia menjelaskan bahwa video tersebut merupakan unggahan ulang dari saluran YouTube Asean Channel My yang diduga sekaligus si pembuat video.

Terlihat dalam video berdurasi satu menit lebih ini, selain menghina lagu kebangsaan Indonesia Raya, dia juga melecehkan bendera merah putih dan lambang burung garuda pancasila.

Sayap gagah burung garuda yang menjadi lambang dasar negara kita diberi sebuah simbol penghinaan yakni kepala hewan babi. Kemudian semboyan Bhineka Tunggal Ika juga diubah menjadi ‘Indognesial Raya’.

Di bagian sebelah kiri kanan burung garuda terdapat seorang wanita sedang membuang air kecil yang mengenai bendera merah putih.

Bahkan si pembuat video juga tak segan-segan mengganti lirik lagu Indonesia Raya dengan hinaan terhadap rakyat Indonesia, Presiden Joko Widodo, dan Bapak Pendiri Bangsa Indonesia, Soekarno.

Berikut bunyi lirik penghinaan Lagu Indonesia Raya:

Indognesial Kesialanku

Bangsat dan kemunduranDi sanalah neraka duniaJadi pandu rakyatnya

Indognesial kesialanmuBangsat dan kecuranganmuMarilah kita semua ucapkan Indognesial

Matilah Jokoko, mampuslah SoekapornoAmanlah di nerakaBangsatlah rakyatmuHinalah negerimu

Untuk Indognesial jahanamIndognesial cairMelacur pelacurMundurlah kamu selamanya

Indognesial sialJahanam JahanamMajulah tuju ke neraka