Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Perbedaan Antara Glaukoma dan Katarak?

Apa Perbedaan Antara Glaukoma dan Katarak?



Glaukoma dan katarak adalah gangguan mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan memengaruhi kesehatan mata Anda. Meskipun mereka memiliki beberapa gejala yang mirip dan memiliki beberapa faktor risiko, mereka memiliki penyebab, perawatan, dan hasil yang berbeda.


Mari kita lihat lebih dekat kedua kelainan mata ini, serta faktor risiko, gejala, dan pilihan pengobatan untuk keduanya.


Apa itu glaukoma? 


Glaukoma disebabkan oleh terlalu banyak tekanan cairan di dalam mata Anda.


Matamu dipenuhi cairan yang disebut aqueous humor. Setiap hari, tubuh Anda menyegarkan cairan itu. Cairan yang lebih tua meninggalkan mata Anda melalui bidang drainase meshwork dan lubang kecil. Cairan baru menggantikan cairan lama, mempertahankan gradien tekanan yang stabil di dalam bola mata.


Jika sesuatu menghalangi salah satu mekanisme drainase, tekanan dapat menumpuk di dalam mata Anda. Jika tekanan cairan tidak berkurang, serat di saraf optik bisa rusak secara permanen, menyebabkan hilangnya penglihatan.


Ada dua jenis glaukoma: sudut terbuka dan sudut tertutup .


Sebagian besar kasus glaukoma terjadi pada sudut terbuka. Tekanan meningkat perlahan dan hilangnya penglihatan secara bertahap.


Sekitar 10 persenSumber Tepercayakasus adalah sudut tertutup, di mana penyumbatan terjadi secara tiba-tiba. Gejalanya cepat dan parah. Glaukoma sudut tertutup adalah kondisi kesehatan berbahaya yang membutuhkan perhatian medis segera.


Gejala


Glaukoma mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya, terutama jika berkembang perlahan. Gejala pertama yang mungkin Anda perhatikan adalah hilangnya penglihatan tepi Anda. Ini berarti Anda mungkin tidak melihat hal-hal dengan baik di luar bidang penglihatan Anda.


Glaukoma sudut tertutup lebih mungkin menunjukkan gejala mendadak, termasuk nyeri mata yang hebat. Mata Anda mungkin terasa kencang saat disentuh, dan mungkin tampak merah. Anda mungkin juga merasa mual.


Dengan glaukoma sudut tertutup, penglihatan Anda mungkin kabur, dan Anda mungkin melihat lingkaran cahaya bersinar di sekitar segalanya. Penting untuk mendapatkan perawatan medis sesegera mungkin jika Anda mengalami gejala glaukoma sudut tertutup.


Faktor risiko glaukoma


Secara umum, orang yang berusia di atas 60 tahun berisiko lebih tinggi terkena glaukoma.Orang dengan keturunan Afrika-Amerika atau Latin lebih cenderung menderita glaukoma sudut terbuka.Wanita dan orang-orang dari keturunan Pribumi Asia Tenggara atau Alaska berisiko lebih tinggi terkena glaukoma sudut tertutup.Orang yang memiliki anggota keluarga dekat dengan glaukoma lebih mungkin mengembangkan kondisi tersebut.


Diagnosis dan pengobatan


Glaukoma dapat didiagnosis selama pemeriksaan mata rutin. Untuk mendiagnosis glaukoma, dokter Anda kemungkinan akan memberi Anda obat tetes mata yang melebarkan (membuka) pupil Anda. Dokter Anda juga akan menguji tekanan di mata Anda. Ini adalah prosedur tanpa rasa sakit.


Jika perlu, dokter mata Anda mungkin memindai mata Anda untuk memeriksa indikator glaukoma.


Pilihan pengobatan pertama untuk glaukoma seringkali obat tetes mata yang dapat membantu mengurangi tekanan pada mata Anda. Jika obat tetes mata bukan pengobatan terbaik untuk Anda atau jika tidak bekerja secara efektif, dokter mata Anda mungkin melakukan operasi laser untuk membantu cairan mata Anda mengalir dengan baik.


Dalam beberapa kasus, pembedahan atau teknik bedah mikro mungkin diperlukan untuk membuat lubang kecil yang memungkinkan drainase. Atau, tabung kecil atau stent dapat dimasukkan ke mata Anda untuk memungkinkan cairan mengalir keluar. Anda akan bangun tetapi mati rasa dan dibius untuk membuat Anda tetap tenang selama prosedur.


Apa katarak itu?


Di dalam mata Anda, lensa bening memungkinkan cahaya masuk, memungkinkan gambar diproyeksikan ke retina di bagian belakang mata Anda.


Seiring waktu, protein di dalam mata Anda rusak. Mereka dapat saling menempel, membentuk gumpalan keputihan, kuning, atau coklat yang mengaburkan, menghalangi, atau merusak penglihatan Anda. Gumpalan seperti awan ini disebut katarak .


Katarak adalah penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan di dunia. Menurut National Eye Institute , lebih dari separuh orang di Amerika Serikat yang berusia di atas 80 tahun saat ini menderita katarak atau telah diangkat melalui pembedahan di masa lalu.


Gejala


Katarak membutuhkan waktu untuk berkembang. Anda mungkin tidak melihat gejala apa pun saat pertama kali muncul, tetapi pada akhirnya Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut:


penglihatan kaburpenglihatan gandapenglihatan malam yang burukkepekaan ekstra terhadap cahayawarna pucat atau pudarsering mengubah resep kacamata Anda


Jenis gejala yang Anda alami dapat bergantung pada lokasi katarak pada lensa Anda.


Faktor risiko katarak


Beberapa orang terlahir dengan katarak karena infeksi di rahim, dan beberapa orang mengalami katarak saat mereka masih anak-anak, meskipun hal ini jarang terjadi. Katarak juga bisa terbentuk setelah mata Anda terluka atau akibat operasi mata.


Tetapi penyebab katarak yang paling umum adalah perubahan alami pada mata Anda seiring bertambahnya usia. Pada usia sekitar 40 tahun, jumlah penderita katarak sekitar 2,5 persen , namun pada usia 75 tahun, angka tersebut melonjak menjadi sekitar 49 persen.


Beberapa faktor lain juga dapat meningkatkan risiko terkena katarak, termasuk:


diabeteskegemukanmerokoktekanan darah tinggipenggunaan steroid jangka panjangpenggunaan alkohol yang berlebihanpaparan sinar matahari yang berlebihan


Diagnosis dan pengobatan


Katarak dapat dideteksi dengan tes dilatasi sederhana selama pemeriksaan mata rutin. Dokter Anda akan menempatkan obat tetes mata ke mata Anda untuk memperlebar (melebarkan) pupil Anda sementara waktu. Ini memudahkan dokter Anda untuk melihat katarak pada lensa Anda.


Jika katarak Anda kecil, Anda mungkin dapat mengubah resep Anda untuk mengatasi perubahan pada penglihatan Anda. Jika katarak Anda sudah parah, Anda mungkin perlu dioperasi. Operasi katarak adalah prosedur umum yang biasanya memberikan hasil yang baik.


Mencegah katarak


Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi risiko terkena katarak. Misalnya, Anda dapat:


lindungi mata Anda dari sinar matahari dengan memakai kacamata hitamberhenti merokok jika saat ini Anda perokokmakan makanan yang mengandung antioksidan yang dibutuhkan mata Andakurangi konsumsi alkoholjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur dan mengikuti rencana perawatan Anda jika Anda memiliki kondisi seperti diabetes


Apa perbedaan utama antara glaukoma dan katarak?


Perbedaan utama antara kedua kondisi mata ini adalah penyebabnya berbeda.


Glaukoma disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam mata Anda.Katarak disebabkan oleh penumpukan protein yang rusak di mata Anda.


Hasil dari kedua kondisi ini juga berbeda. Operasi katarak seringkali dapat mengembalikan penglihatan yang baik. Tetapi jika Anda kehilangan sebagian penglihatan karena glaukoma, kehilangan penglihatan Anda kemungkinan besar permanen.


Apakah mereka terhubung dengan cara apa pun? 


Anda bisa menderita glaukoma dan katarak pada saat bersamaan. Nyatanya, terkadang yang satu bisa mengarah ke yang lain.


Terkadang katarak menjadi sangat besar sehingga menghalangi sistem drainase alami mata Anda. Dokter mungkin dapat mengangkat katarak melalui operasi, membuka kembali saluran yang tersumbat dan mengurangi tekanan pada saraf optik.


Katarak juga sangat umum terbentuk setelah operasi glaukoma. BeberapapenelitiSumber Tepercayamenganjurkan agar Anda menunggu 1 hingga 2 tahun setelah operasi glaukoma tertentu untuk menjalani operasi katarak. Penundaan ini dapat membantu memastikan bahwa mata Anda sehat dan stabil sebelum katarak diangkat.


Apakah yang satu lebih serius dari yang lain? 


Kedua kondisinya serius. Deteksi dini adalah kunci untuk menjaga penglihatan Anda dan menjaga kesehatan mata Anda.


Operasi katarak adalah prosedur umum, dan biasanya memberikan hasil yang memuaskan bagi kebanyakan orang. Karena penglihatan Anda seringkali dapat dipulihkan setelah operasi, katarak biasanya tidak menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.


Perawatan glaukoma berfokus pada pengurangan penumpukan cairan di mata Anda. Sejauh ini, para peneliti belum menemukan cara untuk meregenerasi serabut saraf optik yang mungkin telah dirusak oleh glaukoma. Jika Anda kehilangan sebagian dari penglihatan Anda karena glaukoma, kemungkinan besar itu permanen.


Kapan harus menemui dokter mata Anda 


Sebaiknya Anda menemui dokter mata setiap tahun untuk pemeriksaan rutin dan pemeriksaan glaukoma dan katarak.


Temui penyedia layanan kesehatan Anda segera jika Anda melihat perubahan dalam penglihatan Anda. Jangan merasa bahwa Anda harus menunggu sampai pemeriksaan berikutnya.


Glaukoma yang tiba-tiba merupakan masalah kesehatan yang serius. Jika Anda melihat salah satu dari gejala ini, penting untuk segera mencari pertolongan medis:


sakit mata yang parahmual atau muntahmata merahpenglihatan kabur


Garis bawah


Glaukoma dan katarak dapat menyebabkan kehilangan penglihatan jika tidak didiagnosis dan ditangani secara dini. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan penglihatan kabur serta gejala lainnya.


Glaukoma adalah hasil dari penumpukan cairan di dalam mata Anda. Ketika cairan mata tidak dapat mengalir dengan baik, itu memberi tekanan pada saraf optik. Ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Perawatan difokuskan untuk mengurangi tekanan cairan di mata Anda.


Katarak disebabkan oleh penumpukan protein di lensa mata Anda. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan mendung, penglihatan ganda, dan penglihatan malam yang buruk. Seiring bertambahnya usia, Anda semakin mungkin terkena katarak. Untungnya, operasi katarak dapat membantu memulihkan penglihatan bagi kebanyakan orang.


Penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur untuk memastikan bahwa glaukoma atau katarak terdeteksi cukup dini untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan Anda, terutama seiring bertambahnya usia.