Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kebiasaan Mudah untuk Menjadikan Kamu Semakin Cerdas

10 Kebiasaan Mudah untuk Menjadikan Kamu Semakin Cerdas





Setiap orang sangat membutuhkan kecerdasan. Seperti apa pun yang dianggap bernilai, kami menginginkannya. Dari semua ciri kepribadian kita, kecerdasan adalah alat yang paling dikagumi dan berguna. Kebanyakan dari kita ingin tahu bagaimana menjadi lebih pintar.

Masyarakat merayakan orang pintar, dan memang demikian: kelangsungan hidup kita bergantung pada keputusan yang baik. Saat-saat cemerlang mengubah jalannya sejarah. Orang pintar yang membuka pintu ke pemahaman baru menerima pujian terbesar yang bisa dibayangkan. Kita semua ingin berdiri dan berkata, "Saya punya jawabannya."

Di luar mimpi mengangkat manusia ke zaman keemasan - dan mendapatkan semua pujian - kecerdasan membuat hidup lebih mudah. Segalanya tampak lebih mudah bagi orang pintar. Intelijen memungkinkan Anda menyelesaikan masalah lebih cepat, menghasilkan lebih banyak uang, dan lebih sedikit bekerja.

Bagaimana Anda bisa menjadi lebih cerdas? Pertama, lupakan orang yang baru saja dilahirkan pintar. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa neuroplastisitas itu ada: Anda dapat menumbuhkan sel-sel otak dan menjadi lebih pintar. Ini hanya masalah bagaimana caranya.

hidup lebih mudah. Segalanya tampak lebih mudah bagi orang pintar. Intelijen memungkinkan Anda menyelesaikan masalah lebih cepat, menghasilkan lebih banyak uang, dan lebih sedikit bekerja.

Bagaimana Anda bisa menjadi lebih cerdas? Pertama, lupakan orang yang baru saja dilahirkan pintar. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa neuroplastisitas itu ada: Anda dapat menumbuhkan sel-sel otak dan menjadi lebih pintar. Ini hanya masalah bagaimana caranya.

10 kebiasaan harian mudah teratas ini akan membuat Anda lebih pintar dan memberi Anda kecerdasan yang pantas Anda dapatkan. Berikut cara menjadi lebih pintar:

1. Lakukan Berbagai Hal Yang Membuat Anda Lebih Cerdas

Inti dari daftar ini melibatkan diversifikasi hari Anda. Luangkan waktu untuk berbagai tugas. Luangkan waktu 30 menit untuk satu tugas dan lanjutkan ke tugas lainnya. Anda tidak hanya mencegah kebosanan, Anda juga mengaktifkan masa istirahat kritis untuk memulihkan otak Anda.

Otak Anda menyukai istirahat. Cara utama untuk meningkatkan kecerdasan Anda adalah dengan meregangkan area berbeda di otak Anda. Di gym, Anda beralih ke mesin yang berbeda untuk melatih tubuh Anda sepenuhnya. Kelompok otot yang terlalu banyak bekerja hanya membuat Anda tegang dan lelah. Otot meningkatkan massanya saat istirahat, dan otak Anda bekerja dengan cara yang sama.

Saat tampaknya sedang istirahat, otak Anda terus memecahkan masalah. Ini menjelaskan "eureka!" momen, yang tiba-tiba membutakan Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan istirahat, kemungkinan Anda mencapai terobosan meningkat secara drastis. Inilah mengapa penting untuk rileks atau mengubah apa yang Anda lakukan. Jangan membebani diri sendiri, dan ingatlah otak Anda.

2. Kelola Waktu Anda dengan Bijak


Di era online, perhatian mudah teralihkan. Anda hanya ingin memeriksa email Anda dan tiba-tiba Anda berada empat halaman dalam forum "Breaking Bad" - lalu Anda menonton kembali musim terakhir. Waktu dihabiskan dengan baik.

Jangan biarkan pengembaraan online Anda menguasai Anda. Buat daftar prioritas Anda. Tangani mereka dalam urutan kepentingan. Luangkan waktu untuk proyek Anda tetapi ketika Anda menabrak dinding bata, jangan keluarkan palu. Sebaliknya, santai dan istirahatlah.

Luangkan waktu untuk memutuskan hubungan kerja. Dengan ponsel terkunci di pinggul sepanjang waktu, rekan kerja dan atasan Anda akan mencoba menghubungi Anda. Bertahanlah dan matikan telepon Anda selama malam hari dan akhir pekan.

Jika Anda mendapat serangan balik, buat argumen yang sama dengan Volkswagen. Raksasa otomotif Jerman itu menerapkan kebijakan tegas untuk tidak pernah menghubungi karyawan yang sedang tidak bekerja. Alasannya mengutip pentingnya memisahkan pekerjaan dan kehidupan rumah - ini sebenarnya meningkatkan produktivitas dan moral pekerja.

Matikan telepon Anda, jangan tersesat saat online, buat daftar dan istirahatlah. Anda akan mengatur waktu Anda dengan lebih baik dan menjadi lebih cerdas dengan lebih cepat.

3. Membaca Sedikit Setiap Hari

Apakah membaca membuat Anda lebih pintar? Ya, apapun isinya, membaca meningkatkan kecerdasan Anda. Sebuah makalah oleh Anne E. Cunningham mengklaim bahwa anak-anak yang membaca berubah menjadi orang dewasa yang cerdas. Menariknya, Cunningham menyarankan bahwa bahan bacaan yang sebenarnya memainkan peran kecil dalam hasilnya. Sebaliknya, tindakan membaca menghasilkan peningkatan kecerdasan.

Membaca menciptakan suasana refleksi dan pemikiran analitis. Anda berhenti sejenak dan mempertimbangkan apa yang Anda baca. Praktik membaca menuntut perhatian. Cukup dengan berkonsentrasi, Anda merangsang pikiran Anda dan meningkatkan kekuatan otak Anda.

Tentu saja, sebagai orang dewasa, Anda lebih diuntungkan dengan menyerap materi yang menarik atau menantang. Mendorong diri sendiri untuk mencerna teks yang lebih sulit membuat pikiran Anda tegang. Buku-buku yang membahas topik-topik yang relevan secara topik atau sosial memaksa Anda untuk berpikir kritis.

Sementara itu, fiksi meningkatkan kapasitas Anda untuk memahami kondisi manusia dan meningkatkan kecerdasan emosional Anda. Membaca juga mengemas otak Anda dengan banyak pengetahuan dan kosakata.

Cobalah untuk mengambil buku yang bagus dan membaca setiap hari. Menyenangkan, santai, informatif, dan melatih otak Anda.

4. Tinjau Informasi yang Dipelajari

Setelah Anda mempelajari suatu informasi, tinjau kembali. Anda tidak bisa belajar jika Anda tidak ingat. Fungsi memori melalui pengulangan. Saat Anda mengulangi sebuah fakta, Anda menggerakkan roda memori kembali.


Proses peninjauan informasi secara kumulatif membantu pengetahuan Anda melekat. Pengalaman berlama-lama di korteks luar otak sebelum berubah menjadi ingatan yang disimpan di hipokampus.

Sayangnya, mereka sering keluar dari arus informasi yang masuk. Seperti menjatuhkan kunci Anda di klub malam yang ramai, kenangan menghilang dalam kekacauan pikiran.

Semua orang lupa. Antisipasi keniscayaan ini dengan merencanakan untuk meninjau kembali apa pun yang ingin Anda ingat. Pembelajaran berulang meningkatkan retensi pengetahuan.

5. Pelajari Bahasa Kedua

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi mempelajari bahasa merupakan salah satu hal teratas yang membuat Anda lebih pintar. Mempelajari bahasa terbukti menantang bagi kebanyakan orang. Perlu waktu bertahun-tahun untuk bisa fasih berbahasa asing. Beruntung bagi Anda, menguasai bahasa bukanlah intinya. Seperti siswa kung-fu yang membawa ember berisi air ke atas tangga yang curam, Anda mendapatkan kekuatan melalui tugas tersebut.

Penguasaan bahasa meluncurkan otak Anda ke dalam latihan penuh. Saat Anda membaca, mendengar, dan bercakap-cakap dalam suatu bahasa, indra Anda meluncur ke hyperdrive. Ledakan multisensori ini memicu proses yang melenturkan area penting otak Anda. Semakin otak Anda berjuang untuk menangani dan menanggapi informasi, semakin kuat jadinya.

Rantai kejadian bekerja seperti ini:

  • Saat ucapan masuk ke telinga Anda, itu diubah menjadi informasi pendengaran menggunakan korteks auditori Anda.
  • Data melesat ke area Wernicke, yang mengekstrak kata dan frasa.
  • Selanjutnya, area Broca merangsang perencanaan motorik Anda, membuat Anda siap untuk merespons.
  • Ucapan yang Anda siapkan kemudian masuk ke korteks Motorik, yang mengoperasikan mulut Anda.

Pidato tidak hanya mengisi bagian-bagian penting otak Anda ini, pembelajaran bahasa juga menggunakan penalaran dan memori analitis. Semua faktor ini mungkin berkontribusi pada mengapa penutur dwibahasa menguasai multi-tugas lebih baik daripada orang satu bahasa.

Cobalah luangkan 30 menit setiap hari untuk bahasa baru. Temukan strategi yang Anda suka.

Sedangkan untuk materi bahasa, belanjakan uang dengan bijak. Perangkat lunak mahal yang menjanjikan solusi mudah akan menguras dompet Anda dan membuat Anda frustrasi. Beli panduan belajar mandiri yang murah dan lakukan latihannya. Cari teman yang mau berlatih dialog dengan Anda dan datang ke pertemuan dengan persiapan.

Jika Anda menemukan diri Anda tertekuk di bawah tuntutan intelektual - bagus. Ini memberi tekanan pada pikiran Anda untuk berkembang. Terus lakukan minimal 30 menit sehari dan rasakan kecerdasan Anda tumbuh.

6. Mainkan Game Otak

Mereka mungkin tidak mengalahkan konsol game Anda, tetapi game otak mengklaim dapat mempertajam kemampuan kognitif Anda. Banyak aplikasi yang menjanjikan untuk meningkatkan IQ Anda melalui permainan yang menyenangkan dan sederhana. Perusahaan-perusahaan ini menyarankan bahwa dengan memainkan permainan yang dikembangkan oleh ahli saraf, Anda akan mendapatkan keuntungan dari penelitian mereka.

Orang-orang menyukai permainan otak. Entah berfungsi atau tidak, program-program ini mendapat banyak perhatian. Situs web Lumosity menawarkan serangkaian  permainan otak yang digunakan oleh 50 juta pelatih otak . Tentunya mereka tidak bisa semua membuang waktu mereka.

Game otak memasarkan dirinya sendiri sebagai cara untuk meningkatkan kecerdasan cairan. Ini berlaku untuk keterampilan pemecahan masalah yang diperluas dari permainan ke situasi kehidupan nyata, yang mewakili inti dari permainan. Tentu saja, Anda akan menjadi lebih baik dalam permainan jika Anda terus memainkannya, tetapi bakat yang Anda kembangkan harus diperluas untuk mencakup area lain.

Satu studi yang dilakukan pada tahun 2008 membuktikan bahwa permainan bernama Duel N-Back menunjukkan bahwa kecerdasan cairan berkembang pada peserta. Duel N-Back menerima pujian yang luar biasa dari para penggunanya. Pada dasarnya, ini berfungsi sebagai permainan retensi memori.

Sayangnya, para ilmuwan tidak dapat meniru hasil tes 2008 tersebut. Hal ini menimbulkan keraguan pada kontrol eksperimen yang digunakan dalam studi asli. Terlepas dari skeptisisme, penelitian tentang keuntungan permainan otak tetap menjadi bidang yang menarik bagi ilmu saraf.

Jika Anda menyukai permainan otak, mainkan! Tetap berpikiran terbuka - mereka mungkin membuat Anda lebih pintar.

7. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Pria yang mendengus di gym biasanya tidak terlihat seperti Einstein, tetapi olahraga harian sebenarnya membuat Anda lebih pintar. Memasukkan 30 menit latihan kardiovaskular dalam rutinitas harian Anda akan meningkatkan kejernihan mental dan kecerdasan Anda.

Sebuah pepatah Romawi kuno berbunyi "pikiran yang sehat, tubuh yang sehat." Pepatah ini secara mengejutkan memiliki dukungan ilmiah. Penelitian dari Universitas Concordia mengklaim bahwa mendapatkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak Anda memberikan keajaiban bagi kesehatan kognitif. Tidak hanya aspek biologis yang berperan, tetapi multitasking saat berolahraga juga merangsang berbagai area otak.

Pasang podcast sains yang membingungkan dan mulai kerjakan elips itu. Jangan ragu untuk mendengus.

8. Belajar Memainkan Alat Musik

Memilih alat musik tidak hanya akan membuat teman Anda terkesan, tetapi juga membuat Anda lebih pintar. Saat Anda memainkan alat musik, Anda menggunakan area yang luas di otak Anda sekaligus.

Pertimbangkan indra. Anda menggunakan kemampuan visual, pendengaran, dan fisik Anda semua saat memainkan alat musik. Pengalaman Anda bermain musik menggunakan banyak proses kognitif secara bersamaan, misalnya:

  • kemampuan analitik untuk membaca musik
  • isyarat visual dari mengawasi tangan Anda
  • menjaga ritme dan nada
  • kesadaran ruang fisik
  • memanfaatkan korteks motorik Anda
  • membangun memori otot
  • terlibat dalam isyarat sosial kinerja

Para ilmuwan sering menggunakan teknologi magnetic resonance imaging (MRI) untuk mempelajari otak selama tes. Ketika peserta dalam satu penelitian memainkan instrumen, banyak bagian otak yang berbeda menyala pada pemindaian MRI.

Membiasakan berlatih alat musik setiap hari, bahkan untuk waktu yang singkat, akan meningkatkan fungsi dan kecerdasan otak Anda.

9. Makanan Orang Cerdas

Anda perlu makan, jadi mengapa tidak memperkuat kecerdasan Anda dengan makanan super penambah otak? Makanan tertentu mengandung kualitas yang terbukti meningkatkan kekuatan otak. Tidak perlu memesan makanan iseng secara online - makanan terbaik berjejer di rak-rak toko bahan makanan lokal Anda.

Makanan terbaik untuk fungsi otak semuanya mengandung lemak tingkat tinggi. Secara historis, gemuk memiliki reputasi yang buruk. Orang umumnya percaya bahwa makan lemak membuat Anda gemuk. Beberapa lemak memang berdampak negatif pada tubuh Anda, tetapi tidak semua.

Makanan yang harus dihindari mengandung lemak trans. Sering diberi label pada kemasan sebagai minyak terhidrogenasi parsial, lemak trans berkontribusi terhadap kolesterol tinggi, peradangan, diabetes, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Alih-alih makanan kaya lemak trans seperti keripik kentang, pilih makanan yang tinggi lemak tak jenuh tunggal, seperti ikan atau kacang-kacangan. Otak Anda akan berterima kasih.

Bagaimanapun,  otak manusia terdiri dari 60 persen lemak . Jangan merasa malu dengan otak gemuk Anda. Ilmuwan TV terkenal Bill Nye pada tahun 1990-an menyarankan bahwa saat seseorang menyebut Anda orang bodoh, Anda harus menganggapnya sebagai pujian.

Otak membutuhkan lemak untuk bekerja dengan baik. Meski ukurannya kecil, sekitar 2 persen dari berat tubuh kita, otak menyedot  20 persen energi kita . Jangan kelaparan babi bahan bakar ini.

Untuk menjaga pikiran Anda dalam kondisi puncak, kemas lemari es Anda dengan makanan ajaib yang sangat bertenaga dan mempercepat otak ini:

  • Alpukat. Penuh dengan lemak premium, alpukat merupakan camilan otak beroktan tinggi. Alpukat menawarkan lemak dalam dosis tinggi -  77 persen kalorinya berasal dari lemak . Alpukat menyediakan sumber asam oleat yang sangat baik, asam lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.
  • Ikan salmon. Ikan yang lezat ini menawarkan jenis lemak pencinta otak yang berbeda - asam lemak omega-3. Lemak vital ini memberikan arsitektur fisik pada  66 persen otak Anda . Omega-3 menyediakan komponen struktural utama dari membran sel neuron otak Anda. Ini memfasilitasi transmisi saraf cepat yang terjadi antara neuron yang menciptakan pikiran. Selain itu, tubuh kita tidak memproduksi omega-3, jadi Anda perlu mengkonsumsinya. Siapkan salmon di piring Anda, dan biarkan omega-3 melumasi pikiran Anda.
  • Gila. Camilan lezat yang sarat dengan kebaikan cerdas, biji-bijian dan kacang-kacangan menawarkan berbagai jenis aset berharga. Dengan lebih banyak omega-3 daripada salmon, biji rami, minyak biji rami, dan kacang kenari, mereka sangat cocok.

Almond dan hazelnut adalah juara vitamin E. Penting untuk fungsi kognitif, vitamin E meningkatkan memori dan fungsi verbal. Kemas beberapa kacang dalam granola bar, salad, atau campuran jejak Anda: Kacang mengandung banyak protein, yang juga berharga untuk kesehatan otak dan stamina sepanjang hari.

Makanan lain seperti minyak zaitun, telur, sedikit anggur merah, cokelat hitam, blueberry, dan kopi juga membantu aktivitas otak.

Untuk saat ini, titik awal terbaik Anda melibatkan kelas berat: alpukat, salmon, dan kacang-kacangan. Gabungkan makanan ini ke dalam makanan harian Anda dan rasakan kecerdasan Anda meningkat.

10. Renungkan

Melakukan latihan meditasi harian yang singkat dapat meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, kreativitas, dan kecerdasan Anda. Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan langsung antara meditasi dan peningkatan aktivitas otak. Banyak peneliti universitas terkemuka mengklaim meditasi bermanfaat bagi otak:

  • UCLA menghasilkan studi yang menghubungkan meditasi jangka panjang dengan materi abu-abu yang lebih terawetkan, yang menghasilkan otak yang lebih sehat untuk peserta yang lebih tua.
  • Universitas Yale mendemonstrasikan bahwa meditasi mengurangi lamunan.
  • Johns Hopkins menemukan bahwa meditasi mengekang depresi, rasa sakit, dan kecemasan.
  • Penelitian Harvard menghubungkan meditasi dengan pertumbuhan otak di hipokampus dan peningkatan memori dan pembelajaran.

Penyelidikan panjang tentang efek mediasi pada otak telah membuahkan hasil yang sangat positif. Begini caranya:

  • Temukan ruangan dengan sedikit kebisingan atau gangguan.
  • Duduklah dengan nyaman dengan postur tegak. Kursi dengan punggung tegak bisa digunakan. Tidak perlu duduk seperti Buddha bersila.
  • Atur timer di ponsel Anda. Jangka waktu apa pun akan berhasil.
  • Rilekskan pandangan Anda. Mata terbuka atau tertutup - terserah Anda.
  • Bernapaslah dengan normal, tetapi fokuslah pada pernapasan Anda.
  • Sekarang Anda sudah siap.

Pada titik ini, beberapa opsi muncul dengan sendirinya. Kebanyakan orang berpikir meditasi melibatkan penjernihan pikiran, tetapi itu tidak selalu terjadi. Untuk pemula, ketiadaan pikiran total tidak akan datang secara alami. Jangan ragu untuk mencoba, tetapi jangan kecewa ketika sebuah pikiran yang keras dan menjengkelkan muncul di benak Anda - itu akan terjadi.

Metode mediasi yang paling efektif untuk pemula melibatkan mantra. Idealnya, mantra adalah kata atau frasa yang tidak masuk akal yang Anda ulangi, diam-diam, untuk diri Anda sendiri. Mantra bisa terdengar seperti apa saja. Anda bisa mengarangnya, atau menggunakan mantra klasik seperti "aum shanti". Kekuatan melibatkan ketidakberartian frasa - satu hal yang kurang untuk mengalihkan Anda dari kata-kata. Jika pikiran menjengkelkan menyelinap ke dalam mantra Anda, jangan tinggalkan mantra itu. Sebaliknya, akui pikiran itu, bimbing pergi, dan kembali fokus pada mantra.

Tentu saja, hasilnya mungkin berbeda. Cobalah teknik dan metode konsentrasi yang berbeda. Lihat apa yang berhasil untuk Anda. Terbukti dari penelitian yang tak terhitung jumlahnya, meditasi akan meningkatkan kecerdasan, memori, dan fungsi otak Anda. Mulailah dengan meditasi mantra lima menit sehari dan rasakan perbedaannya.

Mulailah dan Menjadi Lebih Cerdas

Gabungkan 10 kebiasaan harian ini ke dalam gaya hidup Anda dan Anda akan melihat adanya perubahan. Kecerdasan mewakili perubahan bertahap. Otak Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi, tetapi jika berhasil, Anda akan memiliki keterampilan untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan lebih cerdas.